10 Tips Hidup Hemat Tanpa Ribet, Mudah Dilakukan

Hidup hemat dan mengurangi pengeluaran kita setiap bulannya seringkali menjadi hal yang kita anggap sulit dan mengharuskan kita untuk berpikir ekstra mengakali pengeluaran kita. Padahal, ada banyak cara mudah untuk berhemat yang bisa kita lakukan sehari-hari. Penasaran? Berikut 10 tips hidup hemat tanpa ribet dari Cashbac.

Kurangi pengeluaran untuk jajanan kekinian

Kecuali Anda memiliki uang ekstra yang tersimpan di dalam tabungan Anda, sebaiknya hindari membeli jajanan atau minuman yang sedang tren hanya untuk terlihat gaul. Begitu juga dengan kopi yang dibeli dari kafe. Percayalah, seberapapun gaulnya Anda di media sosial atau teman-teman karena ikut mengkonsumsi jajanan tersebut tidak sebanding dengan penyesalan ketika melihat pengeluaran yang terlalu banyak.

Jangan belanja saat lapar

Tahukah Anda kalau beberapa penelitian psikologi sudah membuktikan bahwa berbelanja saat lapar cenderung membuat Anda ingin menambah lebih banyak barang pada troli belanja Anda, termasuk barang-barang yang sebenarnya tidak Anda butuhkan? Kondisi ini umumnya terjadi saat kita berbelanja kebutuhan memasak dan bahan makanan di mana perut yang lapar akan membuat kita mengambil lebih banyak bahan dari pada yang dibutuhkan. Jadi, pastikan perut Anda kenyang sebelum berbelanja.

Gunakan kendaraan umum atau berjalan kaki ke mana-mana

Ketika bepergian ke tempat yang tidak terlalu jauh, lebih baik Anda menggunakan kendaraan umum seperti bus atau angkot daripada kendaraan pribadi. Lebih baik lagi kalau Anda berjalan kaki sehingga tidak perlu mengeluarkan uang sedikitpun untuk transportasi. Selain mengurangi pengeluaran untuk bensin dan perawatan kendaraan bermotor, menggunakan kendaraan umum atau berjalan kaki juga lebih baik untuk lingkungan karena mengurangi asap kendaraan bermotor dan lebih sehat untuk tubuh Anda juga.

Banyak belanja barang pre-loved

Biasanya, berbagai barang bekas atau pre-loved seperti baju atau buku yang hanya digunakan sekali atau belum digunakan sama sekali dijual dengan harga yang lebih murah daripada barang yang sama dalam kondisi baru. Anda pun tidak perlu takut barang tersebut kotor atau jijik karena Anda bisa memilah-milah dan mengecek kondisi barang sebelum membeli. Saat ini, berbelanja barang pre-loved juga semakin mudah dilakukan baik di toko online maupun bazar barang bekas saat berbagai acara. Jadi, saatnya mulai belanja barang pre-loved.

Makan tengah ketika makan di luar

Daripada makan satu piring dan satu menu untuk diri sendiri, lebih baik Anda mengajak teman-teman atau keluarga Anda untuk makan bersama dan berbagi lauk. Jadi Anda cukup memesan nasi dan minum khusus untuk diri sendiri, sedangkan untuk lauk Anda bisa patungan untuk melakukan pembayaran. Selain lebih hemat, Anda juga bisa lebih dekat dengan teman-teman dan keluarga Anda.

Batasi pengambilan uang kas

Tetapkan batas maksimal pengambilan uang Anda ketika ke ATM supaya Anda bisa lebih disiplin dengan uang kas tersebut. Ketika Anda hanya memiliki sedikit uang di dompet, biasanya Anda cenderung lebih berhati-hati dalam membeli barang atau menggunakan jasa karena Anda merasa uang Anda lebih terbatas. Jadi, sebaiknya jangan mengambil uang terlalu banyak di ATM.

Bawa air minum sendiri saat beraktivitas

Dalam aktivitas sehari-hari, kebutuhan yang pasti harus kita miliki adalah air minum. Nah, seringkali kita tidak sadar berapa botol air minum atau minuman lain yang kita beli dalam sehari. Walaupun mungkin pengeluaran untuk minum cukup kecil, tapi ketika ditotal pengeluaran ini bisa menjadi lumayan besar. Lebih baik Anda membeli satu botol minum yang bisa digunakan berkali-kali dan membawa botol air minum sendiri saat beraktivitas sehingga Anda cukup mengisi botol dengan galon di tempat Anda beraktivitas. Selain lebih hemat uang, membawa botol minum sendiri juga lebih hemat plastik sekali pakai.

Matikan listrik dan air yang tidak terpakai

Cara ini adalah cara paling mudah, tapi mungkin seringkali tidak kita lakukan. Agar tagihan listrik dan air Anda tidak membengkak di akhir bulan, Anda bisa melakukan penghematan dengan langkah-langkah kecil. Cukup cabut colokan yang tidak terpakai, matikan TV yang menyala tapi tidak Anda gunakan, matikan air keran ketika menyikat gigi dan mencuci tangan, matikan AC dan buka jendela, serta matikan lampu di ruangan yang kosong atau ketika meninggalkan ruangan. Anda tidak perlu banyak mengeluarkan tenaga dan tidak perlu khawatir lagi soal tagihan listrik dan air Anda.

Catat pengeluaran setelah setiap transaksi

Ketika akhir bulan, kita sering kali sudah lupa dengan apa saja dan berapa pengeluaran kita. Jadi, supaya semua pengeluaran benar-benar tercatat, lakukan pencatatan ini setelah setiap transaksi. Anda bisa menyimpan catatan di aplikasi notes di smartphone atau menyimpan bon dari transaksi untuk dicatat ketika tiba di rumah. Dengan mencatat pengeluaran ini, Anda pun bisa mengetahui pengeluaran Anda paling besar untuk apa saja dan mengurangi pengeluaran tersebut untuk bulan selanjutnya.

Cari promo sebanyak-banyaknya

Saat ini mencari promo sudah menjadi sesuatu yang mudah. Banyak aplikasi yang memberikan promosi untuk Anda sebagai penggunanya. Salah satunya adalah Cashbac – aplikasi yang memberikan anda instant cashback untuk setiap transaksi menggunakan aplikasi tersebut. Cara menggunakannya pun mudah: Anda cukup men-download aplikasi di Google Play Store atau Apple App Store, registrasi dengan kartu kredit/kartu debit Anda, dan dapatkan cashback saat transaksi yang bisa langsung digunakan untuk transaksi selanjutnya. Cashback ini juga tidak akan habis masa berlakunya selama akun Anda aktif, jadi Anda bisa tetap hemat kapanpun.

Banyak cara yang bisa kita lakukan untuk hidup hemat dan berhemat tidak harus menjadi hal yang sulit dilakukan. Cukup menerapkan tips dan trik di atas, Anda bisa mengurangi pengeluaran Anda sehari-hari. Selamat berhemat!

Pesan

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *