4 Cara Mudah Membangun Reputasi Blog

Membangun reputasi blog yang
baik adalah salah satu tugas utama seorang blogger dalam memikat hati pembaca serta mesin pencari. Bila reputasi blog kita baik dimata mesin pencari maupun para pembaca,
tentu menjadikan blog kita semakin ramai pengunjung. Tugas kita tidaklah mudah,
diperlukan kerja keras serta kerja cerdas agar keseluruhan blog di dalam kendali
kita.
Bila blog
kita sering muncul di halaman pertama (page one) mesin pencari, itu artinya
blog kita memiliki kekuatan SEO dan reputasi yang baik, terutama untuk keyword
tertentu. Pekerjaan ini tidaklah mudah, akan tetapi bukan sesuatu yang mustahil
untuk dilakukan.
Berikut
ini merupakan 4 Cara Mudah Membangun
Reputasi Blog
yang sehari-hari saya lakukan, antara lain:

Cara Membangun
Reputasi Blog #1 Blogwalking

Blogwalking
merupakan aktivitas berkunjung pada blog lain kemudian memberikan komentar yang
sesuai topik pembahasan artikel. Yang perlu di ingat dalam blogwalking yaitu
kesesuaian komentar dan topik. Jangan sekali-kali titip link atau hanya sekedar
tulis “artikel yang bagus” atau “kunjungan balik” yang ada nantinya
pemilik blog dan pengunjung lainnya tidak akan merasa simpatik pada Anda.

Komentar
yang sesuai topik dan berkualitas, pasti mengundang rasa penasaran pengunjung
lain sehingga tergerak untuk mengunjungi link Anda. Dengan begini blog kita diuntungkan
dari segi  pageview dan backlink.
Backlink
adalah salah satu elemen terpenting dalam SEO Off Page, semakin banyak backlink
yang relevan dengna niche blog kita maka reputasi blog dimata mesin pencari
akan semakin moncer.

Cara Membangun
Reputasi Blog #2 Sharing Artikel pada Sosial Media

Situs sosial
media merupakan situs yang memiliki reputasi yang baik dimata mesin pencari,
untuk itu bila kita mampu memaksimalkannya tentu blog kita akan mudah dikenal.
Peran serta
sosial media pada reputasi blog tidak bisa kita pandang sebelah mata. Untuk mendapatkan
hasil yang maksimal dalam hal traffic, sosial media seperti facebook, twitter, google
plus menjadi andalan kita. Saat ini cukup banyak grup aktif di facebook yang
mewadahi blogger dalam berkomunikasi dan membangu reputasi blog.
Salah satu
backlink berkualitas adalah dari sosial media, untuk itu perlu bagi kita
mendapatkan backlink dengan cara yang tepat. Caranya adalah melakukan sharing
artikel melalui sosial media.

Cara Membangun
Reputasi Blog #3 Submit Artikel pada Social Bookmark

Aktivitas
rutin yang saya lakukan setelah posting adalah submit artikel pada social boormark
seperti lintas.me, cepatnya.info, dan lainnya. Tujuannya agar artikel lebih
cepat terindeks pada mesin pencari.
Bila
artikel cepat terindeks, maka semakin berpeluang untuk mendapatkan traffic
organik dari mesin pencari. Traffic organik inilah yang selalu di idam-idamkan
oleh semua pemilik website atau blog.
Jangan sekali-kali
melakukan submit artikel yang bukan merupakan tulisan asli Anda (artikel copas)
karena tindakan ini akan sia-sia dan semakin memperburuk citra blog Anda dimata
mesin pencari maupun pembaca.

Cara Membangun
Reputasi Blog #4 Kualitas Konten

Konten adalah
raja dimata mesin pencari, sehingga berpengaruh besar dalam hal indeks blog. Sajikan
konten yang berkualitas (bermanfaat bagi pembaca) untuk pembaca setia Anda agar
mereka semakin betah berlama-lama berkunjung ke blog Anda.
Jika Anda
kesulitan dalam menyajikan konten yang berkualias, Anda bisa mempelajarinya
pada blog-blog lain yang sudha lebih dahulu terkenal. Rajin-rajinlah membaca,
lalu jangan pernah berhenti untuk melatih ketajaman tulisan Anda dengan cara
terus menerus blajar menulis yang baik.
Salah satu kriteria artikel berkualitas dilengkapi dengan gambar atau video yang relevan agar pembaca semakin mudah memahami pesan yang Anda sampaikan.

Kesimpulan

Kuncinya
sering-seringlah berkomunikasi dengan blogger lainnya untuk bertukar
pengalaman. Setelah berkunjung ke website/blog orang lain jangan lupa untuk
memberikan komentar atau hanya sekedar ucapan salam kenal dan terima kasih.
Namun
sebaik apapun kualitas link, sebanyak apapun link yang mengarah ke blog/website
kita tidak akan bermanfaat dan memiliki arti jika konten yang kita sajikan
tidak berkualitas. Semuanya tentu perlu keseimbangan, jika hanya mengandalkan
backlink tapi tidak pernah update blog dan memperbaiki konten pada blog tentu
tidak akan berjalan dengan baik pula.

Bagimana dengan Reputasi Blog Anda, kiat-kiat apa saja yang sudah Anda lakukan untuk membangun reputas blog?

Pesan

50 comments

  1. makasih sharingnya mas.
    semoga setelah menerapkan keempat trik diatas reputasi blog saya bisa bagus

    1. Blog kang yanto si udahbagus….reputasinya….saya tahu krn udah asa yg pasang iklan mandiri….4 cara saya td jg sdh sering di lakukan kok mas…

        1. Iya bener mas suhendri, kang yanto memang suka becanda orgnya

  2. Untuk poin ke 4 masih belum saya diterapkan mas,kontennya masih gitu-gitu aja 🙁
    Terimakasih tipsnya 🙂

    1. Terima kasih kembali mbak. Utuk konten sebaiknya bertahap biar tidak bosan dan jd beban.

  3. Blogwalking dan, share share share kemanapun :D…kalo kita hanya berdiam diri saja pengunjung tidak akan masuk. Maka dari itu, ayo ajak pengunjung masuk ke blog kita ^-^

    1. Betul mas, kota harus pro aktiv dalam memperkenalkan blog kita, kalau blogger besar itu di cari2 tp kita hanya bloggr pemula yg hrs kerja keras utk dapatkan pembaca

      1. kok kota sih mas,bukannya kita.ini kan bahas blog bukan kota,wakakakakaka

        1. Itu akibat ngetiknya pake ponsel layar sentuh mas, jadinya salah ketik dech…hehehehe maklum belum terbiasa

  4. ada beberapa point yang saat ini saya jadi tidak konsen lagi mas, yah karena keterbatasan waktu dan pekerjaan hehe…tapi moga ngga hilang sama sekali

    1. Emang gitu mas, saya juga kalau udah kerja bisa ngga posting artikel…

        1. dan nggak masuk tong sampah. seperti kasusnya url blog mas daniel sebelumnya. untung menggunakan direct link

        2. Ente bs aja…..blog ane kan emang banyak sampahnya….wajar to masuk tong sampah

  5. satu lagi mas, kreatifitas perlu di miliki setiap blogger agar bisa membangun blog dengan baik tidak hanya asal kopi paste,kalau kopi susu enak mas,itu saya suka,wakakakaka

    1. Sangat tepat, kreativitas adalah faktor x kesuksesan blogger mas….kopi susu 1 mas…ga pake lama ya

  6. Khusus bagian konten, hal itu memang harus menjadi perhatian paling serius karena kalau konten masih belum berkualitas menurut pengunjung maka pengunjung tidak akan betah. Tapi intinya rajin buat artikel aja dan terus belajar lama kelamaan konten yang dibuat akan semakin berkualitas. Salam kenal

    1. Salam kenal kembali. Saya setuju, jika terus menerus diasah paka akan tajam juga ya mas…demikian juga dengan artikel yang kita tulis…

  7. saat ini mesin pencari lebih mengutamakan blog yang berkualitas dalam penyajian konten ya mas, makanya saya berupaya untuk itu 😀

    1. Menurut beberapa artikel yang saya baca seperti itu mas, jumlah kata, gambar, video, anchor text, keyword juga ikut mempengaruhi mas. Saya sedang tahap belajar mas, jadi pasti masih ada kekurangan dari apa yang saya sampaikan.

      Trims atas waktunya

  8. Untuk poin 1 dan 2 yang paling saya lakukan mas, sementara poin 3 dan 4 kayaknya blom tuh mas

    1. kalau soal kualitas konten itu memerlukan waktu, tenaga serta pikiran untuk mempersiapkannya mas. Saya juga sedng belajar, jadi mari kita sama2 belajar menulis konten yang baik

  9. secara menyeluruh tipsnya ok punya terutama tentang "kualitas konten". reputasi blog justru akan bagus kalau target sumber lalu lintasnya itu didapat dari kunjungan organik. sebelum melakukan 3 tahapan diatas pastikan terlebih dahulu blog ataupun posting blog terindex oleh search engine mbahnya baru transmisikan ke media-media lain

    1. Betul mas, traffic dr mesin pencari memang penting……tp bukan tidak mustahil sumber lain jg ikut membantu

  10. dari 4 cara tersebut yang paling saya sering gunakan ya cara satu .. blogwalking hehe

    1. Bw emang seru tp kalau komennya hanya pd blog master sulit dpt kunjungan atau komen balik……kita cukup nyedot olmunya aja

  11. Dapat Ilmu yang bermanfaat lagi dari Pak Daniel tentang NgBlog, keempat nya sudah saya coba pak, tapi yg paling males itu kalo pas koneksi jaringan lemot jadi Jarang Blogwalking hehehee….

    1. Ini adalalh cara mudahnya dna pasti udah sering bahkan selalu di terapkan…..saya hanya mengingatkan diri saya dan blogger lain yg lupa…

  12. trims mas caranya, 4 cara itu bisa sangat membantu blog dalam membuat reputasi pada search engine nih mas..ini perlu diterapkan nih..

    1. Iya mas, silahkan di coba cara sederhana dan sudah umum bagi semua blogger bahkan pemula sekalipun……saya juga rutin terapkan 4 cr ini……

  13. saya tambahkan satu poin lagi mas, yaiutu JUDUL Posting, karena sebanyak apapun tulisan isi yang termuat dalam konten artikel , itu tidak akan pernah ditampilkan dimesin pencari, kontent adalah raja, namun judul adalah segalanya, dengan membuat judul yang menarik, maka menulis isi konetnt tersebut akan dengan mudah menghubungkan isi cerita dengan judul yang kita buat.

    judul akan membawa pembaca ke blog kita, jadi tidak selamanya pengunjung mengKLIK judul di posisi pertama google, mereka lebih mencari judul yang menurut mereka relevan dan mudah dimengerti, sehingga akan tertarik untuk melihat isi konten yang termuat dalam ulasan judul itu, sekalipun posisi judul berada pada peringakat ke-6, ke-7 ataupun ke-10. Trik inilah yang dinamakan Optimasi keyword

    1. Baiklah Mbak Devi, tambahannya saya terima dan akan segera saya rilis artikel terbaru tentang Judul Konten. terima kasih atas ide nya semoga Anda mendapat balasan dari Tuhan yang sepadan.

  14. Membangun reputasi blog bisa dilihat dari pemilik blognya ya… kalau Adminnya ramah pasti pengunjungnya pun senang, Kalau di Share lewat sosial media seperti FB dan twitter. memang bisa menaikan pamor websitenya tapi jarang yg respon, tak seperti BW.

    1. sharing di SOSMED memang tidak akan mendapat respon, caranya bisa di tag teman2 akbar kita di fb mas. Setiap update artikel Anda tinggal tandai aja teman, pasti dech di klik tu artikel anda walaupun terpaksa

      1. share di sosmed itu untuk menjaring rating dan trafik juga. sekaligus membangun pagerank dari keuntungan share di sosial media tersebut.

        1. Saya biasanya share ke sosmed untuk menjaring teman2 di fb mbah, siapa tahu mereka berminat membaca apa yang kita tulis…

  15. setuju niel. membangun reputasi blog adalah dengan memperbagus konten sehingga unik, menarik, dan informatif dengan kemasan bergaya sendiri. lambat laun kita akan punya ciri tersendiri dan akan bisa membangun reputasi yang baik dimata blogger lainnya.

    1. Iya benar mbah, citra kita harus kita bangun dan kembangkan sendiri…..harus bersikap proaktiv dalam membangun reputasi. Berikan konten terbaik, selain judul yang menarik tentunya isinya juga harus relevan….

  16. Empat cara menarik untuk membangun reputasi sebuah blog. Namun masalah kualitas konten mungkin hal yang terumit menurut saya, mas Daniel…

    1. Betul mas, kualitas konten menjadi pr…..tp melihat pengalaman uda nulis di koran tentu hal itu bukan jd masalah berarti…..

  17. bro cara merubah blog agar tampilan bisa lebih bagus gimana ya?

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *