Inilah 6 Ide Startup Bisnis dengan Investasi yang Relatif Kecil

Untuk menjadi seorang entrepreneur
dapat dikatakan mudah, namun terdapat pula kesulitan yang ikut menyertai. Terbilang
mudah jika Anda mengikuti passion Anda, sedikit sulit di mana Anda harus
mengatur dana yang akan diinvestasikan pada bisnis tersebut.
Seperti yang kita ketahui bahwa setiap
startup tentu perlu investasi besar. Oleh karenanya sangat penting bagi Anda untuk
memahami kekuatan Anda dalam bisnis. Sesungguhnya Anda dapat fokus pada tujuan bisnis
Anda, terlebih jika Anda memulai dengan startup yang anggaran investasinya
relatif kecil.
Pada akhirnya, Anda memperoleh sebuah
ide bisnis yang lebih menjanjikan meskipun Anda hanya menginvestasikan dana
dalam jumlah yang relatif kecil. Nilai investasi yang kecil tidak selamanya
berkembang lamban, terlebih bila ide tersebut dikembangkan dengan modal kecil dan
dibalut dengan kreativitas.
Ingin tahu lebih lanjut tentang 6
ide startup dengan investasi yang relatif kecil, berikut ulasannya.
Inilah 6 Ide Startup dengan Investasi yang Relatif Kecil
Source: businesshasty.com

 

1. Virtual Resepsionis

Dalam masa resesi ekonomi, ada sebuah
bisnis yang berfokus pada proses outsourcing.
Dengan outsourcing, dapat membantu mereka untuk berkonsentrasi pada bisnis utama
mereka dan menghemat biaya overhead. Ini adalah kesempatan Anda untuk memulai
bisnis ini.
Dukungan administrasi adalah salah
satu fungsi bagi perusahaan outsourcing terutama untuk individu-individu yang berbakat.
Pilihan startup ini memiliki biaya minim, bahkan nyaris tanpa biaya. Anda hanya
perlu jaringan komunikasi seperti telepon, mesin fax, komputer, koneksi
internet dan layanan telepon selular.
Anda dapat mengatur waktu ngantor
Anda di rumah dan membantu klien Anda dari rumah. Anda dapat membantu mereka
melalui email, janji pertemuan, suply logistik, pertemuan dengna klien lain dan
masih banyak lagi.
Perlahan namun pasti, secara
bertahap Anda dapat membangun sebuah website dan memiliki lebih banyak orang/freelancer
untuk bergabung dengan Anda dalam mengembangkan bisnis Anda sehingga dana mulai
mengalir dengan sendirinya jika bisnis ini sudah berkembang.

2. Konsultan:  Bisnis atau Pembimbing Kehidupan Pribadi

Jika Anda memiliki kualitas yang
mumpuni dan juga memiliki pengalaman kerja yang baik dan ingin memulai startup
baru. Anda dapat memanfaatkan keahlian dan pengalaman kerja Anda dengan
menyediakan bimbingan/konsultasi dengan biaya yang relatif ringan kepada klien.
Persoalan yang sebagian besar
melanda orang-orang yang ingin keluar dari pekerjaan adalah soal ketersediaan
waktu yang tidak fleksibel. Sehingga mereka perlu berkonsultasi. Anda juga bisa
menjadi serorang pelatih/penasehat  dibidang kehidupan maupun karir. Jika Anda memang
memiliki latar belakang pendidikan dibidang HRD, bahkan Anda bisa menjadi
seorang konselor karir.
Anda juga dapat membantu orang-orang
yang mengalami masalah dengan bisnis mereka. Satu-satunya sumber daya yang Anda
butuhkan untuk ini adalah jaringan Anda. Baca: Karejo.com
Startup Mesin Penacari Khusus Informasi Lowongan Kerja
.
Jika Anda memiliki kemampuan dan didukung
jaringan yang baik, menjadi konsultas akan memberikan Anda keuntungan yang besar.
Diperlukan sebuah riset dan beberapa peraturan yang berlaku dari bisnis Anda,
serta peraturan yang diperlukan untuk klien Anda.

3. Pariwisata: Menyediakan Penginapan dan Sarapan

Sektor pariwisata menjadi pilihan
yang sangat populer bagi pengusaha baru. Investasi awal dalam bisnis ini adalah
sedikit renovasi dan mempekerjakan beberapa orang untuk membantu. Jika Anda
memiliki rumah yang indah dengan kamar tak terpakai, Anda dapat mengubahnya
menjadi penginapan (kamas kos) dan menyediakan fasilitas sarapan.
Wisatawan kebanyakan mencari
akomodasi yang memberi mereka nuansa sebenarnya dari kota yang dikunjungi dan
juga ramah pada dompet mereka tidak seperti hotel bintang lima. Baca: Tips
Memilih Lokasi Strategis untuk Tempat Usaha
.
Cobalah untuk mencari tahu tarif kamar
kos di daerah tersebut dan mencoba memberikan beberapa fasilitas penyeimbang. Sehingga
Anda berbeda dari pesaing Anda yang lain. Anda juga bisa megnembangkannnya
melalui jalur  online dan
mempromosikannya kepada wisatawan internasional.

4. Penitipan Hewan Peliharaan dan Layanan lainnya

Dewasa ini ketika orang benar-benar
sibuk dengan pekerjaan mereka dan berbagai meeting dengan klien, layanan penitipan
hewan peliharaan yang paling dicari oleh orang-orang yang memiliki hewan
peliharaan. Hewan peliharaan juga bagian dari keluarga dan memberikan dukungan
emosional kepada pemilik.
Semua orang mencari penyedia layanan
yang handal, di mana mereka bisa mendapatkan one stop solusi atas kekhawatiran
hewan peliharaan mereka. Jalur pejalan kaki, tempat istirahat, taman bermain, tempat
mandi dan makan.
Jika semuanya dibuat dalam jadwal perawatan
hewan peliharaan tentu hal itu menjadi berarti dan merupakan bantuan yang amat
penting bagi pemiliknya. Anda juga dapat membuat sebuah tempat penitipan hewan
peliharaan, di mana mereka dapat meninggalkan hewan peliharaan mereka selama
beberapa hari sementara akan berlibur.
Untuk memulai startup ini semua yang
Anda butuhkan adalah sebuah keserasian di sekitar lingkungan Anda. Jika Anda
ingin membatasi diri Anda untuk di rumah perawatan, tentu diperlukan sebuah
rumah penitipan.
Untuk tahap berikutnya Anda perlu
membuat sebuah rumah penitipan hewan peliharaan, peraturan sederhana dan
sertifikasi yang tentunya akan semakin membantu Anda.

5. Seni dan Kursus Kerajinan

Jika Anda seorang yang kreatif dan suka
membuat sesuatu dari apa saja, ini bisa menjadi ide yang cocok untuk startup
Anda. Anda bisa memulai bisnis ini dengan target pasar anak-anak. Baca: 3
Cara Kerja Sukses Dalam Bisnis Online
.
Setiap orang tua ingin anak mereka memiliki
waktunya untuk bermain dan melakukan sesuatu yang kreatif seperti seni dan
kerajinan. Bisnis ini dapat dikatakan tidak memerlukan biaya yang besar untuk memulainya.
Biaya kursus harus mencakup bahan-bahan yang diperlukan untuk kesenian dan
kerajinan.

6. Kuliner dan Kursus Memasak

Kebanyakan ibu rumah tangga yang sehari-hari
beraktivitas di rumah terutama yang hobi dibidang kuliner seperti membuat kue
dan memasak telah mengadopsi ide bisnis ini sebagai usaha sampingan.
Selain menyalurkan hobi, Anda mendapat
hadiah cinta untuk makanan Anda dan selanjutnya Anda bisa mempersiapkan makanan
dengan melatih orang lain tentang memasak. Bisnis dibidang kuliner dan kursus
memasak tidak memerlukan investasi yang signifikan.

 

Sumber Referensi: http://businesshasty.com/small-investment-start-ideas/

28 Replies to “Inilah 6 Ide Startup Bisnis dengan Investasi yang Relatif Kecil”

  1. Indra DP

    sepertinya belum kepikiran untuk terjun di dunia entrepreneurship mas, tapi ide2nya bagus juga tuh,,

      • daniel

        dimana2 modal selalu menjadi kendala utama dalam memulai bisnis, tapi selama kita mau memulai dan action, tanpa modal sekalipun usaha tetap bisa berjalan kok

    • daniel

      Dicoba saja mang buka konsultasi siapa tahu sukses kedepannya

  2. Reky Bongso

    Kalau yang paling potensial sebenarnya dari sektor kuliner karena kita tidak bisa dilepaskan dari yang namanya makanan 😀

    • daniel

      Iya bener mas, manusia selalu membutuhkan makanan……sampai kapanpun

  3. PURNAMA

    saya masih bingung kira-kira bisnis yang cocok buat saya apa ya, masih mencari jati diri nih mas

    • daniel

      Dicoba aja dulu mas, terutama yang berhubungan dengan minat dan hobi….barangkali seputar dunia voly, hahahaha kayak blog mas pur

  4. Wong Ganteng

    kayanya saya masih belum minta kedua investasi mas :D. tapi ilmunya bagus untuk kedepannya, siapa tau selesai kuliah bisa investasi 😀

  5. hendri hendriyana

    intinya kita harus punya kemampuan ya mas, kalo kita hebat memasak mungkin bisa buka kedai kecil-kecilan dulu.tapi saya merasa aneh karna tempat kuliner sekarang rasanya masih ada yang amburawut dan engga enak, saya juga kadang kecewa kalo salah tempat saat kuliner..
    kalo selingkuh bisnis boleh gak sih mas?

    • daniel

      Selama masih ada hubungan dengan bisnis utama tentu bisa menambah penghasilan kan mas, kecuali selingkuh bercinta, itu nggak bener mas

  6. Bahrudin udin

    Saya pernah jualan makanan di depan rumah waktunya habis lebaran, nah disitu kan banyak orang pulang dari Jakarta atau perantauan, jadi laris deh warung makanan saya. tapi sekarang tutup lagi, maklum di desa pendduknya kan ga sebanyak di kota

    • daniel

      Kenapa nggak coba buka lagi mas, kan kecil2an dulu nanti lama2 bisa juga gede usahanya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *