6 Peluang Bisnis Online ala Rumahan yang Penghasilannya Mencapai Karungan

Saat ini lulus sarjana bukan jaminan untuk mendapatkan pekerjaan yang sesuai disiplin ilmu, bahkan semakin banyak sarjana yang menganggur. Ijazah mereka seolah tidak digunakan. Bahkan, ada banyak sarjana yang bekerja tidak sesuai dengan bidang yang di ambil ketika kuliah.

Emang sih untuk mendapatkan pekerjaan, itu bukan perkara gampang.Karena sebagian besar perusahaan tentu memberikan persyaratan khusus seperti memiliki pengalaman kerja dengan waktu tertentu.

Untuk menyiasati hal ini, Anda dapat memulai mempelajari bahkan menjadikan bisnis online berbasis rumahan sebagai alternatif mendapatkan pulus. Dan hebatnya, bisnis online juga tidak membutuhkan modal yang besar. Jika ingin mencoba, cukup siapkan mental, kreativitas & mindset, koneksi internet dan laptop.

Dengan modal keahlian yang Anda miliki, maka Anda bisa mendapatkan uang dengan gampang tanpa harus keluar rumah (kamar). Tentu saja hal ini akan sangat menguntungkan bagi Anda, karena waktu bersama keluarga jadi tidak terpangkas. Dan ketika bekerja, Anda bisa menggunakan celana pendek atau bahkan sarungan.

Berikut ini setidaknya ada 6 peluang bisnis online yang bisa dilakukan di rumah, meskipun memulainya yang harus kerja ektra. Inilah ulasan selengkapnya.

1.Menjadi Pengiklan Situs Web (Penerbit Iklan)

Bisnis online berbasis rumah yang tidak membutuhkan banyak modal adalah menjadi pengiklan situs web. Bisnis ini bisa dilakukan sendiri di rumah, bahkan tidak membutuhkan banyak modal.

Saat ini semakin banyak orang yang menggeluti bisnis penayang iklan di situs web mereka. Karena bisnis ini dianggap sederhana prosesnya dan tentu saja menguntungkan. Anda dapat membuat website dengan konten yang menarik. Namun, jangan lupa untuk menentukan target audiens agar tidak salah arah.

Di situs web tersebut, nantinya Anda dapat menambahkan iklan dari penayang seperti google adsense, infolink atau pemasangan iklan secara mandiri . Tentu saja menayangkan iklan bisa mendapatkan banyak uang. Kuncinya adalah trafik.

Pastikan jika Anda memiliki jumlah pengunjung yang signifikan di situs web Anda, setidaknya 10.000 kunjungan perhari, sehingga nantinya orang-orang yang menginginkan produk mereka diiklankan bisa langsung melihat pada artikel yang Anda posting di situs web Anda. Bisnis inilah yang saat ini masih saya geluti, waktu lebih fleksibel dan hasil memuaskan.

2.Sebagai Pembuat List Pelanggan

Bisnis online kedua adalah membuat daftar email, atau list building. Bisnis ini tidak membutuhkan banyak modal, hanya saja Anda membutuhkan akurasi yang sangat baik. Analisis diperlukan disini dan lagi-lagi, trafik juga yang berbicara disini.

Dalam bisnis ini Anda akan bermain dengan data, dan umumnya orang-orang bisnis ini dicari oleh banyak perusahaan. Dan data yang diambil juga bersifat umum, misalnya, membuat daftar WhatsApp, nomor BBM, list email dan daftar pelanggan tersebut juga bisa dikelompokkan berdasarkan usia, jenis kelamin dan sebagainya.

3.Memasarkan Produk sebagai Marketer Afiliasi

Bisnis dengan modal minimal lainnya adalah menjadi affiliate marketer. Bisnis online ini sebenarnya terkait dengan daftar list pelanggan pada bisnis online nomor 2 dan bisnis ini juga memiliki target pasar.

Anda harus dapat menemukan target pasar yang jelas dan sistem pendapatan dalam bisnis ini adalah sistem komisi baik dari penjualan (pay per sell), rekomendasi (Pay Per Lead). Anda bisa memasarkan dan menjual produk, misalnya harga produk tersebut Rp. 10.000 dan harga jual ke pelanggan Rp. 50.000, artinya Rp. 40.000 akan menjadi komisi penjualan Anda.

Nah, lagi-lagi kata kunci dari bisnis ini adalah target pasar yang jelas, trafik mumpuni dan keahlian dalam mengkonversi trafik menjadi penghasilan.

4.Membangun Toko Online (Online Shop)

Toko online merupakan salah satu jenis bisnis online yang tidak membutuhkan banyak modal. Secara umum, toko adalah bangunan di mana barang-barang tersusun rapi, baik kebutuhan primer maupun sekunder.

Namun, ini berbeda dengan toko online. Toko online tidak membutuhkan toko fisik atau bangunan toko. Anda hanya membutuhkan gadget dan pandai berbicara. Pastikan jika spesifikasi barang yang dijual sesuai dengan aslinya. Mempertahankan nama baik sangat diperlukan dalam membuka bisnis online.

Karena orang hanya tahu nama Anda atau nama toko dan itu juga melalui dunia maya. Jika Anda membuat kesalahan seperti penipuan atau barang tidak memenuhi spesifikasi, ini dapat menyebabkan orang kecewa dan memberikan kesaksian yang buruk sehingga nama toko online Anda akan tercemar buruk.

Pada Toko online ini Anda bisa menjual produk yang Anda hasilkan sendiri seperti camilan, kerupuk, kue, dan lainnya (barang fisik) atau produk digital seperti ebook, software, aplikasi, video atau foto. Kalau barang fisik membutuhkan ongkos kirim sedangkan digital, tidak.

Jadi Anda bebas tentukan sendiri produk apa yang mau Anda jual, namun kami sarankan untuk memulai hal ini dari hobi. Karena Anda tidak akan mudah bosan. Dalam membuat toko online, perhatikan juga hosting yang Anda gunakan, kalau saya pribadi saat ini menggunakan Niagahorter. Dan sejauh ini, hasilnya memuaskan, saran saya sebaiknya pilih paket bisnis untuk hosting toko online.

5.Pay Per Post / Penulis Konten / Penulis Lepas

Peluang bisnis online tanpa modal lain adalah menjadi penulis atau penulis konten. Menjadi seorang penulis tidak membutuhkan banyak modal. Namun, Anda perlu ketelitian, pengetahuan yang luas, dan tentu saja gaya penulisan yang baik.

Menjadi seorang penulis harus memiliki pengetahuan (wawasan) tentang apa yang ada di lingkungan sekitar dan di semua lapisan masyarakat. Dari pekerjaan ini, Anda bisa mendapatkan cukup banyak uang sehingga nantinya Anda dapat memenuhi kebutuhan pribadi Anda.

Sampai saat ini, saya masih menjalani bisnis ini, namun tentu saja harus selektif karena banyak sekali yang menawarkan job namun bayarannya tidak sesuai. Atau ada juga job yang terkait dengan judi online dan lainnya.

6.Menjual Jasa / Menawarkan Keahlian Anda

Peluang bisnis rumah online tanpa modal lain adalah layanan penjualan jasa atau menjual keahlian Anda. Anda dapat menawarkan berbagai keterampilan, seperti pemeliharaan situs web, SEO, dan sebagainya. Ada juga yang menjual jasa training (fasilitator), mentor dan masih banyak keahlian lain yang bisa Anda manfaatkan.

Dalam bisnis ini, Anda tidak perlu waktu lama untuk mendapatkan uang. Waktu kerja, waktu duduk, Anda sendiri yang akan menentukannya. Dalam bisnis online ini, Anda hanya membutuhkan komputer atau laptop dan tentu saja koneksi internet yang lancar. Anda tidak perlu pergi kekantor, cukup dirumah saja mengerjakannya dan ketika pekerjaan selesai Anda akan mendapat bayaran.

Dalam hal ini, Anda bisa bergabung dengan broker (untuk pemula) seperti Sribulancer, Project (lokal). Jika Anda mahir bahasa inggris, Anda bisa menawarkan jasa lewat freelancer.co.id atau yang lainnya.

Nah, itulah setidaknya 6 peluang bisnis online yang bisa Anda jalankan dirumah. Jika Anda fokus dan keahlian Anda mumpuni, bukan tidak mungkin Anda mendapat bayaran yang tinggi. Kunci dari semua peluang diatas adalah trafik dan target market yang jelas, karena dengan begitu Anda bisa menentukan jumlah penghasilan yang ingin Anda raih. Kalau saya pribadi baru bisa mendapat hasil dari peluang nomor 1, 2 dan 5, bagaimana dengan Anda?

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *