7 Cara Menggapai Cita Cita dan Impian Masa Depan, Anda Harus Mencobanya

cara menggapai cita cita

Setiap orang pasti memiliki cita-cita dan impian dalam hidupnya, terlepas hal tersebut besar atau kecil, sesuatu yang spektakuler atau sederhana. Bahkan ada sebuah ungkapan klasik yang tetap membumi: “gantungkan cita-cita mu setinggi langit” hingga kini masih bersenandung merdu di telinga.

Apapun bentuk dan berapapun besarnya cita-cita Anda, satu hal yang pasti bahwa harapan dan cita-cita ibaratkan roda penggerak bagi kemajuan seseorang dalam hidupnya. Hal itu pula yang membuat orang-orang bersemangat dalam menjalani kehidupan.

Segala sesuatu yang kita nikmati sekarang (diberbagai bidang: ekonomi, teknologi, bisnis, kehidupan, hingga politik) dimulai dari impian. Kemudian diwujudnyatakan dalam bentuk dan jenis yang sangat beragam dan tentunya bermanfaat bagi kehidupan manusia dan bisa kita rasakan hingga sekarang.

Tak bisa dipungkiri bahwa cita-cita dan harapan bermula dari sebuah mimpi. Hanya orang-orang yang mau action yang siap mewujudkan impiannya, terlepas dari ideal atau tidak impian tersebut. Satu hal yang pasti, diperlukan kombinasi antara imajinasi dan action dalam meraih cita dan asa.

Impian lahir dari sebuah getaran perasaan yang sangat kuat, dan faktor yang menentukan keberhasilan dalam meraihnya adalah seberapa besar getaran (vibrasi) dalam hati kita. Jika vibrasinya besar dan selaras, tentu akan dengan mudah untuk diraih.

Akan tetapi masalahnya, untuk menyelaraskan antara vibrasi dan cita-cita itu gak gampang. Selain usaha dan ketekunan, juga diperlukan keiklasan dan kesabaran dalam menjalani prosesnya. Terkadang kita membutuhkan kesabaran dan pengorbanan dalam berbagai bentuk (materi, waktu, tenaga) untuk meraih cita-cita.

Ada banyak sekali bentuk cita-cita, mulai dari pebisnis sukses, top manajer di perusahaan bonafit, pemilik usaha, rumah atau mobil baru, hingga hal yang berhubungan dengan kepribadian seperti lebih sabar, atau menjadi suami yang baik.

Semua seolah membaur dalam kalbu yang paling dalam. Dibarengi dengan niat yang kuat, vibrasi (positif) yang selaras dengan keinginan, cita dan asa dengan mudah bisa Anda rengkuh dalam kenikmatan yang tiada tara.

Sekarang mari kita mulai membahas cara menggapai cita-cita yang tentunya sudah lama Anda impikan, pasang mata dan telinga lalu rasakan bahwa Anda benar-benar meraihnya.

1.Bayangkan Kondisi Ideal yang Anda inginkan

Mulai sekarang, rasakan tubuh Anda serta pakaian yang Anda kenakan setiap hari. Rasakan pula ademnya rumah yang Anda idamkan, empuknya kursi mobil baru, dan rasakan nikmatnya makanan yang Anda santap.

Lihat sekeliling Anda, dengarkan suara disekeliling termasuk merdunya suara burung, gemericik air hujan. Bayangkan dengan rinci, rasakan nikmatnya kebahagiaan dan emosi Anda, biarkan pikiran Anda larut dan bahagia dalam membayangkannya.

 

2.Bayangkan Pula Keadaan tidak Anda Inginkan

Selain membayangkan kondisi ideal, anda juga wajib membayangkan keadaan sebaliknya yang tidak ideal bahkan yang tidak Anda inginkan. Bayangkan Anda tinggal disebuah pondok bambu yang reot dan kumuh, bau dan banjir di pinggiran kali, mengayuh sepeda kemanapun Anda bepergian.

Bayangkan pula Anda sedang lapar namun Anda tidak punya apa-apa untuk membeli makanan, bahkan tidak ada beras untuk dimasak. Anda memperoleh belas kasihan dari orang lain untuk dapat bertahan hidup.

Biarkan kepedihan dan kesedihan serta emosi anda membaur disana dan biarkan Anda larut dalam perasaan miris ketika membayangkannya.

 

3.Visualisasikan Cita-cita dengan Spesifik

Setelah anda membayangkan kondisi ideal dan tidak ideal, kini saatnya Anda membuat  visual cita-cita anda secara spesifik. Jangan membuat visual yang kurang jelas seperti “ingin punya rumah”.

Akan tetapi buatlah hingga Anda benar-benar bisa membayangkan berada didalamnya. Misalnya: “Memiliki rumah idaman 1 lantai, warna dinding ruang tamu satin glow, 2 kamar dengan luas 3×4 meter warna dinding ungu dan cokelat keemasan, toilet berukuran 2×3 meter yang dilengkapi shower dan bathup, ada kolam renang dan taman di halaman belakang, dan lingkungan disekeliling yang hijau dan asri”.

Yang perlu dicatat dalam tahapan ini, semakin detil visual impian Anda akan semakin bagus, mudah dirasakan dan yang pasti lebih mudah diwujudkan.

Ya iyalah, belum ada wujudnya aja udah bisa dirasakan atau bahkan bisa disentuh, jadi lebih mudah untuk wujudkan.

 

4.Action Plan (Jangan Cuma Mimpi)

Gak cukup hanya memvisualisasikan, Anda juga harus buat rencana yang SMART. Anda wajib membuat rencana yang sistematis, lengkap dengan tahapan dan langkah yang akan Anda ambil.

Dari action plan ini kemudian Anda akan mengetahui apakah cita-cita “memiliki rumah” bisa Anda capai, jika tidak memungkinkan Anda bisa membuat rencana secara bertahap. Misalnya tahapan untuk visual di bagian 3 tadi, mulai dengan merancang gambar, membuat anggapan biaya, kemudian mencari konsultan dan tukang untuk mengerjakan dan terakhir pindahan.

Yang perlu dicatat dalam tahapan ini adalah membuat rencana secara terperinci, lengkap dengan ada dokumentasinya (cetak dan tempel di kamar jika perlu).

 

5.Tentukan Batas Waktu untuk Mencapainya

Setelah memvisualisikan dan membuat action plan, kini saatnya Anda harus menetapkan batas waktu (deadline). Hal ini untuk memacu kita dalam menggapain impian yang ingin kita buat sebelumnya. Tanpa deadline, mimpi hanya tinggalah mimpi…

Masih ke contoh “rumah idaman” ya, jangan pindah ke yang lain dulu…

Bentuk rumah udah dapat, lokasi dan anggaran juga sudah di buat, kini saatnya Anda menentukan kapan terakhir Anda akan mewujudkannya. Misalnya dalam waktu 3 tahun dari sekarang, tanggal 2 juli 2020, rumah idaman bisa Anda tempati.

Harapan saya, pada tahapan kelima ini, Anda sudah memiliki gambaran yang jelas tentang mimpi Anda memiliki rumah, jika belum ulangi kembali prosesnya dari awal, OK?

 

6.Kesediaan Berkorban dan Menerima Segala Konsekuensinya

Tahapan ini tak kalah pentingnya dari kelima tahap yang telah Anda lewati. Anda harus berani berkorban untuk meraih cita-cita Anda. Seperti berkorban waktu, tenaga, uang dan bahkan korban perasaan.

Tuliskan pengorbanan yang akan Anda lakukan. Misalnya saya berkomitment untuk mengurangi waktu tidur atau bangun lebih pagi, kemudian saya gunakan untuk belajar menulis, membaca dan blogging. Disamping itu saya juga mempelajari jurus baru facebook marketing.

Pengorbanan lain, misalnya mengurangi biaya pulsa dan voucher game online yang kemudian digunakan untuk membeli buku yang berkaitan dengan bisnis yang akan kita jalani untuk menembah penghasilan.

Bagaimana dengan Anda?

 

7.Membuat Kalimat Afirmasi

Agar cita-cita tetap merasuk ke sekujur tubuh hingga ke tulang Anda dan alam semesta juga ikut membantu Anda, buat afirmasi yang berbentuk sebuah kalimat. Kalimat ini nantinya wajib Anda baca setiap kali mau tidur (sambil membayangkannya) dan setelah bangun pagi.

Agar mudah diwujudkan, mimpi harus dibuat dengan sadar dan ditanamkan dialam bawah sadar kita. Jika ingin tahu tentang cara memprogram alam bawah sadar, baca DISINI.

Jika hal ini anda lakukan dengan benar, semua aktivitas dan kegiatan Anda akan membantu Anda menuju Impian dan Cita-Cita secara (hampir) otomatis. Bisa dibilang, segalanya jadi lebih mudah, sayangnya ini bukan kebetulan dan Anda benar-benar sadar melakukannya. Trik untuk membuat afirmasi lebih efektif bisa Anda baca disini.

Terakhir, bangun sikap mental positif dan tangguh (resiliensi) dalam diri Anda.

Kenapa harus tangguh?

Alasannya sederhana…kalau gak tangguh, gimana mau raih mimpi coba? Ya, meskipun sulit namun bukan hal yang mustahil bukan?

 

Tak hanya berhenti disitu, ketika Anda sudah berhasil meraih cita-cita dan impian, Anda perlu membuat mimpi baru yang tentunya realistis. Misalnya menyelesaikan kuliah S1 setelah Anda berhasil menyelesaikan Diploma III, selama 1 tahun.

Harapan saya, setelah Anda membaca tulisan ini, Anda lebih bersemangat dalam meraih cita-cita. Satu hal yang paling penting, cara-cara yang dituliskan diatas bisa membantu Anda dalam mewujudkan semua impian Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *