9 Alasan Pentingnya Investasi Pengembangan Diri dalam Karir & Kehidupan

Tidak ada investasi dalam hal pengembangan diri sendiri yang mengapung disungai besar tanpa dayung, peta atau pengetahuan tentang apa yang ada pada tikungan berikutnya. Keadaan mungkin akan baik untuk sementara, akan tetapi suatu saat, anda akan menyadari bahwa Anda telah melakukan kesalahan yang sangat besar.

Untuk mencegah bencana tak terduga itu terjadi, anda perlu melakukan investasi proaktif dan bijaksana dalam rencana untuk mencapai tujuan-tujuan karir dan tujuan hidup Anda. Semua orang tahu, manfaat pengembangan diri sangat kompleks, dan hal ini sangat penting.

Investasi pengembangan diri memang sesuatu yang serius dan menarik untuk dibicarakan, kalau istilah orang sekarang, topik yang paling seksi.

Berikut 9 alasan pentingnya investasi pengembangan diri dalam karir Anda, simak selengkapnya dalam ulasan yang dikemas secara menarik dan inspiratif.

 

Alasan #1 Keuntungan Paling Besar

Keuntungan investasi dan meningkatkan kapasitas diri sendiri jauh lebih tinggi dibandingkan investasi keuangan apapun yang Anda lakukan.

Mulai dari meningkatkan penghasilan dan peluang yang tak terbayangkan sampai melindungi diri sendiri dari pengangguran dan kepuasan yang berasal dari pertumbuhan diri dan sukses personal.

 

Alasan #2 Jadi Bos untuk Diri Sendiri

Jika anda adalah seorang direktur atau CEO dari sebuah perusahana, tugas Anda adalah unutk memastikan bisnis tetap berjalan. Dengan begitu, Anda wajib memupuk pertumbuhan dan kemakmuran.

Anda bisa melakukannya dengan merencanakannya secara cermat, bekerja secara konsisten, bekerja secara benar sesuai misi anda dan investasi pada perusahaan Anda.

 

Alasan #3 Jadi Lebih Berharga

Buatlah daftar keseimbangan untuk diri sendiri. Pada urutan pertama, tuliskan ases keuangan Anda. Urutan kedua, buat daftar keterampilan, ide-ide, pengetahuan, network pribadi, hasrat dan kemampuan untuk membuat sesuatu terjadi.

Tingkatkan value personal Anda dengan investasi pada urutan atau daftar kedua tadi, dan Anda akan secara otomatis meningkatkan aset pada daftar pertama.

 

Alasan #4 Anda bisa Menjadi Hebat

Anda tentu juga mampu mencapai keberhasilan. Sayangnya kebanyakan dari kita hanya berusaha seadanya, menggunakan hanya sebagian kecil dari kemampuan kita. Sadari kehebatan anda dengan mengenali bakat-bakat dan berinvestasilah pada potensi terbesar Anda.

Lebih lanjut tentang cara mengetahui bakat, Anda bisa membacanya DISINI.

 

Alasan #5 Anda bisa Meraih Tujuan-Tujuan Anda

Tujuan hidup dan karir anda jauh lebih penting dibanding hanya mengharap. Karir yang pengelolaannya tidak tepat bisa membuat tujuan hidup gagal total (gatot). Investasi pada diri sendiri secara bermakna meningkatkan kemungkinan tujuan anda tercapai dan menunjukan komitmen anda yang sebenarnya untuk mencapainya.

 

Alasan #6 Menciptakan Masa Depan Sendiri

Karir anda ada di dalam cetakan anda sendiri. Investasi dalam pengembangan diri memberi kejelasan, kekuatan dan alat untuk menciptakan masa depan sendiri dan mengambil jalan yang belum pernah dilalui.

Terkadang investasi berarti mengambil sebuah resiko, tetapi merupakan harga yang layak untuk sebuah  kesuksesan dan kebahagiaan.

 

Alasan #7 Dunia ini Tempat yang Kompleks

Anda tak bisa tahu semua yang anda ingin tahu, atau mengerjakan segala sesuatu sendiri. Tanpa bantuan dari orang lain, anda tak bisa menjadi yang terbaik.

Cari dan berinvestasilah pada orang-orang yang bisa mengajari (membimbing) Anda, menunjukan cara dan membantu Anda meraih tujuan-tujuan Anda. Contohnya mengikuti kursus singkat secara online seputar bisnis internet, investasi properti dan lainnya.

 

Alasan #8 Hidup ini Terlalu Singkat untuk Mediokritas

Anda tentu tak bisa jadi medioker, titik. Anda harus meningkatkan diri sendiri atau outsource kan bidang kelemahan anda pada seseorang ahli dan bisa mengerjakannya dengan lebih baik. Cari bidang yang anda medioker dan minta bantuan kepada ahlinya.

 

Alasan #9 Lebih Mandiri

Suatu hari anda akan melihat kebelakang, pada masalah-masalah dan sukses anda dan melihatnya sebagai batu sandungan di jalan.

Fokus anda pada gambaran besar: “hidup yang Anda jalani, peluang-peluang yang dikejar, atau ditinggalkan, seberapa bahagia Anda dan warisan yang Anda tinggalkan”.

Berinvestasi dalam hal pengembangan diri memberi Anda keberanian dan kegigihan untuk bahagia dan tidak bergantung pada orang lain, itulah yang dinamakan MANDIRI, ingat ini bukan tentang PerBANKan ya!

Artikel lainnya: 19 Keterampilan yang Harus Dimiliki Wirausaha.

 

Siapa yang Bisa Diandalkan Disini?

Ini merupakan pertanyaan paling menarik dan paling disukai banyak orang. Anggap saja ini sebagai jurus pamungkasnya. Jadi siapa jawaban Anda?

Sadarilah hal ini, anda sendirilah yang bertanggung jawab dalam hal ini. Tidak ada orang lain yang akan membuat investasi yang konsisten dalam pertumbuhan untuk memaksimalkan karir dan hidup Anda selain diri Anda sendiri.

 

Kesimpulan

Investasi dalam hal pengembangan diri jauh lebih penting dari investasi apapun dalam hal keuangan. Selain tak mudah tergerus arus inflasi, investasi ini meliputi berbagai bidang kehidupan. Jika Anda berhasil mewujudkan pertumbuhan diri, maka secara otomatis Anda akan mampu memenuhi segala aspek kehidupan Anda termasuk keuangan pribadi/keluarga.

 

Selamat berkarya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *