9 Cara Ampuh Cari Rumah Dijual dengan Harga Murah

Photo: Shutterstock

Kenaikan harga hunian secara signifikan di daerah perkotaan membuat banyak orang kesulitan untuk cari rumah dijual dengan harga murah.

Tak jarang, sebagian masyarakat akhirnya memilih tinggal di pinggiran kota, yang notabenenya jauh dari area perkotaan dan minim fasilitas umum, untuk mendapatkan harga rumah yang lebih terjangkau.

Selain itu, kurangnya informasi dan sosialisasi terkait penjualan rumah berharga murah dari pemerintah dan pengembang membuat masyarakat akhirnya kebingungan mencari rumah dengan harga murah.

Oleh sebab itu, hari ini saya akan memberikan beberapa cara ampuh cari rumah dijual murah, yang bisa kamu coba ketika mencari sebuah hunian.

Penasaran? Simak penjabarannya di bawah ini, yuk!

1. Cari Rumah Dijual Lewat Situs Jual Beli Rumah

Penggunaan internet tidak hanya difungsikan untuk mencari berita dan informasi terbaru di dunia maya saja. lebih dari itu, internet kini menjadi tempat bagi banyak orang cari rumah dijual dengan harga murah.

Ya, banyaknya situs jual beli rumah yang bermunculan saat ini bisa dimanfaatkan dalam mencari hunian berharga miring. Kendati begitu, pastikan kamu mencarinya lewat situs jual beli yang kredibel ya.

Seperti laman 99.co/id atau bisa disebut 99.co Indonesia, yang memiliki segudang layanan dan fitur menarik yang dapat membantumu dalam menemukan hunian impian.

Dengan fitur pencariannya, kamu bisa cari rumah dijual yang sesuai dengan budget serta kebutuhanmu. Kamu hanya perlu menyesuaikan range harga rumah yang tersedia pada filter pencarian tersebut.

Selain kisaran harga rumah, kamu juga bisa menyesuaikan lokasi, spesifikasi, luas tanah dan bangunan, hingga jumlah kamar tidur dan kamar mandi sesuai dengan apa yang kamu inginkan.

2. Ikuti Media Sosial Akun Properti

(Photo: Pexels)

Berikutnya, coba cari rumah dijual dengan mengikuti akun media sosial milik pengembang, situs jual beli rumah, atau akun-akun lain yang membahas soal properti.

Beberapa situs jual beli rumah biasanya melakukan promosi terkait produk terbarunya melalui akun media sosial, seperti Facebook, Twitter, dan Instagram resmi milik mereka.

Tidak hanya menginfokan produk terbaru saja, akun media sosial ini biasanya digunakan untuk memberitahu para pengikutnya, bilamana ada promo tertentu untuk penjual/pembeli rumah.

Selain itu, melalui bentuk iklan yang interaktif seperti postingan media sosial, kamu juga dapat bertanya mengenai rumah yang sedang diiklankan pada kolom komentar.

3. Datang ke Pameran Properti

Mendatangi pameran properti merupakan cara cari rumah dijual yang tepat untuk kamu coba. Pasalnya, pameran properti adalah ajang bagi para pengembang properti untuk memasarkan produk terbarunya.

Terlebih, pada gelaran tersebut biasanya terdapat berbagai diskon, serta harga khusus yang ditawarkan untuk para pengunjung yang berminat membeli produk yang sedang dipasarkan.

Melalui pameran properti pula, biasanya para pengembang akan membantu kita apabila ingin mengajukan Kredit Kepemilikan Rumah (KPR).

4. Mengikuti Lelang Rumah

(Photo: Freepik)

Pada dasarnya, lelang rumah dilakukan oleh bank pemberi kredit perumahan yang menyita rumah dari pengkredit yang tak mampu melunasi rumah yang ia beli sesuai waktu yang ditentukan.

Membeli rumah hasil sitaan bank bisa dijadikan solusi dalam cari rumah dijual dengan harga yang murah, karenan bank pemberi kredit sudah mendapatkan untun dari bunga yang disetor pengkredit sebelumnya.

Sehingga, apabila kamu membeli rumah lelang, kamu tidak perlu membayar biaya cicilan secara penuh, atau hanya membayar sisa cicilan dari rumah tersebut.

Tertarik untuk membeli rumah lelang? Carilah info sebanyak-banyaknya terkait acara lelang rumah dengan mendatangi kantor bank penyedia layanan KPR terdekat.

5. Cari Rumah Dijual Murah di Koran

Kendati terdengar jadul, namun cari rumah dijual melalui koran agaknya masih cukup efektif.

Pasalnya, meski perkembangan dunia digital telah membawa kita ke era baru dalam melakukan jual beli rumah, namun masih saja ada orang yang mengiklankan rumahnya melalui iklan di koran.

Apalagi jika iklan-iklan di internet yang kamu lihat tidak sesuai dengan apa yang kamu cari. Mungkin, kamu bisa menemukannya pada iklan di koran.

6. Gunakan Jasa Agen Properti

(Photo: Freepik)

Banyak masyarakat yang enggan menggunakan jasa agen properti dalam cari rumah dijual karena adanya biaya yang harus mereka bayarkan atas jasa agen properti tersebut.

Meski begitu, menurut saya pribadi, menyewa agen properti bisa dijadikan solusi dalam mendapatkan rumah secara cepat dengan harga yang murah.

Sebab, biasanya agen properti memiliki database lengkap terkait lokasi rumah yang sedang dijual. Sehingga, kamu tidak perlu repot-repot mencari sendiri rumah tersebut.

Selain itu, agen properti tidak hanya akan membantumu dalam urusan cari rumah dijual berharga murah saja, namun juga dalam melakukan nego harga, serta mengurus segala dokumentasi rumah.

7. Beli secara Indent

Cara cari rumah dijual dengan harga murah berikutnya adalah dengan membeli rumah secara indent.

Biasanya, para pengembang perumahan suka menawarkan harga khusus atau diskon bagi masyarakat yang tertarik membeli rumah ketika perumahan tersebut belum jadi atau masih dalam tahap pre-order.

Lantas, bagaimana kalau rumah yang dibangun ternyata tidak sesuai dengan apa yang kita bayangkan? Nah, itulah kerugian yang mungkin akan kamu derita ketika membeli rumah secara indent.

Namun jangan khawatir, sebab biasanya para pengembang menyediakan contoh rumah bagi para pembeli yang berminat melakukan indent atau pre-order.

8. Beli Rumah Over Kredit

(Photo: Freepik)

Berbeda dengan rumah lelang, over kredit rumah adalah proses pengalihan kredit rumah dari pihak debitur lama ke pihak dibetur baru sebagai pembeli rumah.

Maksudnya seperti ini, jika seseorang membeli sebuah rumah menggunakan KPR dengan jangka waktu selama 20 tahun. Namun, pada tahun ke 10 ia ingin menjual rumah tersebut kepada orang lain.

Maka, pembeli rumah tersebut nantinya dapat membeli ruma itu dengan skema, serta harga yang telah penjual dan sepakati bersama, ditambah dengan sisa biaya kredit rumah.

Akan tetapi, biasanya rumah yang dijual secara over kredit harganya jauh di bawah harga pasaran, sehingga lebih murah dan menguntungkan.

Bingung cari rumah dijual secara over kredit? Kamu dapat kamu dapat menemukannya di situs jual beli rumah, seperti 99.co Indonesia.

9. Beli Rumah dari Orang yang Butuh Uang

Bukannya ingin memanfaatkan kesulitan orang lain, lho. Namun, biasanya rumah yang dijual dari orang yang sedang membutuhkan orang berharga jauh lebih murah.

Beri tahu sanak saudara, keluarga, teman, dan kenalanmu yang lain bahwa kamu sedang cari rumah dijual dengan harga murah.

Jika mereka memiliki info ada orang yang butuh uang dan ingin menjual rumah, maka kamu bisa menawarkan diri sebagai pembeli rumah tersebut.

Informasi seperti ini memang hanya bisa kamu dapatkan dari mulut ke mulut, oleh sebab itu, perluas pergaulanmu dan jangan sungkan bertanya kepada orang lain.

Jika perlu, minta bantuan mereka untuk ikut cari rumah dijual dengan harga murah untukmu.

Setelah membaca ulasan di atas, kamu tentu tidak bingung lagi dong memikirkan cara mencari rumah dengan harga murah. Semoga informasi ini bermanfaat ya.

Selamat mencari rumah!

Pesan

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *