Agar Disukai Banyak Orang, Perhatikan 4 Unsur Penting Berikut

agar disukai banyak orang

Semua orang pasti ingin menjadi lebih baik agar disukai banyak orang dilingkungannya. Akan tetapi kita sering merasa tak ada yang bisa kita lakukan agar orang-orang menyukai kita.

Sebenarnya, apa sih yang membuat seseorang disukai? Dan apakah kita bisa membuat orang lebih suka kepada kita? Jawabannya tentu saja “YA”.

Menurut Tim Sanders dalam buku The Likeability Factor, cara menjadi orang yang disukai ditentukan oleh 4 unsur penting diantaranya: Keramahan, Hubungan Langsung, Empati, Kesungguhan.

Artikel lain: Cara Menjadi Pribadi yang Baik dan Disukai Banyak Orang.

Keempat unsur inilah yang akan kita ulik bersama di pagi yang cerah ini, untuk itu siapkan kopi atau teh hangat untuk Anda seruput biar makin jreng mikirnya bro and sis.

Unsur Penting #1.Keramahan

Yang dimaksud dengan keramahan disini adalah mengungkapkan rasa senang kepada orang lain. Perilaku ini membuat orang lain tenang dan memberi tahu mereka bahwa anda inign bersama mereka. Secara umum, kita suka pada orang-orang yang menyukai kita.

Unsur keramahan ini menyampakan secara verbal dengan kata-kata yang baik. Secara nonverbal dengan energi positif, bersemangat, ekspresi wajah (senyum menatap orang lain), dan tindakan atau sikap lain seperti postur, jabatan tangan, rangkulan dan jarak dekat.

 

Unsur Penting #2.Hubungan Langsung

Yang dimaksud dengan hubungan langsung adalah mengungkapkan kesukaan atau ketertarikan kita kepada minat dan kebutuhan orang lain. Jika Anda menunjukan ketertarikan yang tulus pada hasrat seseorang atau kebutuhan mereka yang terdalam, anda menciptakan hubungan.

Mereka tahu Anda menyukai mereka dengan tulus. Karena itu, bertanya “apa tantangan besar yang sedang Anda hadapi sekarang?” atau “Bagaimana proyek buku Anda?” menunjukan Anda memperhatikan hal-hal penting dalam hidup mereka.

Akan lebih baik lagi jika Anda menunjukan minat yang sama. Misalnya mengumpulkan uang untuk proyek yang Anda sukai bersama. Jenis hubungan ini lebih kuat dalam membentuk persepsi orang lain, bahwa Anda orang yang disukai.

 

Unsur Penting #3. Empati

Empati adalah kemampuan untuk menempatkan diri kita pada keadaan orang lain. Benar-benar memahami mereka seperti mereka memahami diri sendiri. Anda merasakan apa yang mereka rasakan, situasi mereka, dan tujuan-tujuan mereka.

Anda kenal dengan mereka dan mereka merasa kenal Anda. Jika perasaan anda terhadap mereka tidak disertai dengan penilaian, mereka merasa dterima apa adanya. Seperti kata ahli psikologi Carl Rogers, jika kita merasa diterima seperti apa adanya, kita akan berubah.

Menerima orang lain dengan menghargai mereka mendatangkan kebebasan memilih. Pengertian yang mendalam lewat mendengarkan secara cermat dan empatik membuat orang-orang menemukan perasaan-perasaan positif dan arah baru untuk mereka.

 

Unsur Penting #4. Kesungguhan

Menurut Sanders, kesungguhan menunjukan, apa yang Anda lihat itulah yang Anda dapatkan. Sinonim untuk kesungguhan ini adalah ketulusan atau autentisitas. Tidak berpura-pura, tidak ada kepalsuan.

Orang-orang yang riil biasanya lebih tenang karena tidak menutupi sesuatu. Selanjutnya, rasa tenang mereka akan membuat orang lain merasa tenang juga.

Kita mudah dekat dengan orang-orang yang riil karena merasa aman, kita bisa percaya dengan apa yang mereka katakan. Bayangkan seorang salesmen yang meninggalkan gaya bicara mereka yang merayu dan bicara dengan Anda secara informal,dengan fakta benar, dan nilai riil. Anda pasti ingin beli barang yang ditawarkannya.

 

Cara Menciptakan Rasa Suka:

Rasa suka tercipta lewat percakapan. Anda bertemu dan bertemu lagi dengan seseorang. Setiap pertemuan mengungkapkan sifat-sifat tertentu dari keramahan Anda.

Orang-orang atau person terdiri dari semua orang yang dekat dengan Anda seperti pasangan, anak-anak, kerabat keluarga, rekan kerja, dan orang-orang yang sesekali berurusan dengan Anda,contohnya pegawai toko dan bahkan orang asing.

Untuk menciptakan rasa suka, perhatikan beberapa pertanyaan dibawah:

Apakah Anda menyapa ramah customer Anda, tapi menyapa pasangan anda dengan cara berbeda?

Apakah anda menunjukan ketertarikan dan bertanya tentang kehidupan orang lain?

Ketika adik atau kerabat anda tidak mendapatkan pekerjaan yang didambakan, apakah Anda menunjukan perhatian yang tulus?

Jika Anda menjawab ya, berarti Anda telah membuat hubungan langsung.

Artikel lain: Jadilah Diri Sendiri Jangan jadi Orang Lain, Berikut 3 Langkah mudah Untuk Memulainya.

Saat mempersiapkan diri untuk berempati, anda harus hening dan mendengarkan. Orang lain yang bicara lebih banyak dan anda sesekali cek untuk memastikan, anda menangkap apa yang mereka rasakan.

Saat mendengarkan, Anda bersimpati dengan mereka. Anda berbagi pengalaman dengan mereka. Ketika mereka merasakan pengertian ini, mereka lebih menyukai Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *