Memulai Bisnis Jasa Review Hanya Dengan Blog Gratisan?

Bisnis Jasa Review – Selamat pagi sobat blogger semua, baik yang udah master maupun yang masih pemula seperti saya. Melalui posting ini, saya hendak bertanya dan meminta pencerahan kepada sobat blogger semua.
Akhir-akhir ini saya dihadapkan pada kebingungan dan kegalauan, untuk menjawab Pertanyaan  Bisa Atau Tidak Ya! Memulai Bisnis Jasa Review Hanya Dengan Blog Gratisan?
Kalau  untuk mendaftar menjadi publisher seperti Google Adsense, Klik Saya, Adsense Camp ataupun yang lainnya si saya udah tahu, sebab dengan menggunakan blog yang gratisan kita selaku pemilik blog bisa langsung mendaftar menjadi publisher.
Kali ini, saya mencoba tantangan baru (bagi saya akan tetapi belum tentu juga menurut blogger senior) yaitu mengetahui dan belajar tentang Bisnis Jasa Review produk maupun artikel blog.  Setelah menelusuri kata kunci tersebut, saya mendapati bahwa semua blogger yang menulis review (Review Job) telah menggunakan TLD.
Atas dasar kenyataan ini, saya memang telah berencana untuk beralih ke TLD, bukan cuma untuk tujuan Review Job saya melainkan mencoba untuk tantangan yang lain. Bagi saya, beralih ke TLD merupakan planning jangka panjang tada tahun 2014 lalu, dengan blog tersebut saya berencana untuk mengelola blog secara profesional. 
Setelah berkomunikasi dengan teman saya yang berpengalaman bekerja secara online fulltime, dia menyarankan untuk membangun blog terlabih dahulu. Setidaknya pengunjung blog yang stabil minimal 3K setiap harinya akan lebih mudah untuk memikirkan fokus pada blog.

Saya mengundang rekan-rekan dan sobat blogger untuk memberi tanggapan seputar kegalauan saya di atas, apakah bisa memulai Bisnis Jasa Review denga Blog Gratisan? Lalu bagaimana dengan Teknik SEO, apakah perlu untuk di fokuskan sebelum menggelutinya?
Sekian sharing dari saya, sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terima kasih.
Salam Blogger

44 comments

    1. O jadi begitu ya….sampai sekarang saya belum berani untuk mengganti domain, karena masih jauh dari kata cukup mapan blog nya, kalau udah bisa mandiri dan pengunjung stabil barulah akan mencoba beralih. rencana sih tahun 2015 akan lounching, tapi belum pasti kapan waktu yang pas.

      Terima kasih atas apresiasinya

    1. Wah sama dong Mbak, tapi bisa ga ni kalau pake domain gratisan…?

    1. Iya nich, saya memang baru belaja aktiv di dunia blogwalking, makanya blog tidak terurus

  1. pengen sih kang bikin jasa review…tapi kalau standar pengunjung 3k kayaknya susah juga…masalahnya saya sering cek trafik, paling hanya 700an setiap jari…kalau page view mungkin bisa aja 3k kang….namun kalau pengunjung susah….tapi mau juga sih merasakan bikin review…minimal buat belajar menulis….iya gak gan?…lalu mengenai seo…itu penting untuk diterapkan pada review untuk mempermudah indeksi dan menempati posisi yang bagus bagi mesin pencari, tapi kalau menjanjikan untuk menempati posisi teratas, tidak ada yang bisa memastikan, karena tidak sedikit kawan-kawan seo master yang nyambi bikin review beberapa produk gan,…lalu menerbitkan di beberapa link sosmed dan yang terpenting lagi adalah membuat backlink pada review itu sendiri untuk memperkuat indeksi dan dapat bersaing pada SERPs….itu yang pernah di utarakan kawan yang sudah banyak membuat review produk…oleh karena itu untuk membuat jasa review lebih baik membuat blog tersendiri agar mudah dioptimasi….itu penting gan….kalau masalah TLD ama yang gratisan itu tidak terllalu bermasalah…masalahnya cuma gengsi aja sih…dan kebanyak orang memilih admin TLD membuat review jasa, produk, atau layanan mereka…lebih bergengsi aja….itu dari saya. kalau kurang tong kawan-kawan tambahkan.

    1. Terima kasih atas pencerahannya Mbah Dinan. Berarti kesimpulannya kalau mau memulainya mesti pakai Top Level Domain ya.

      Benar mbah, sekalian belajar menulis

    1. Sama kang, ane juga nubi kok….mengenai jasa review si itu sebenarnya hampir sama dengan jasa pengiklan, bedanya review menggunakan tulisan kalai iklan dengan skrip tertentu.

      Yang saya pahami seperti itu

    1. Ach pake nanya gitu, ane jai malu mas…secara saya kan nubi….TLD itu bukan affiliate tapi Top Level Domain (berbayar) dan pelangi blog juga udah pake domain dot com

  2. saya rasa domain tld lebih baik deh mas, apalagi dijasa review, orang akan lebih mempercayai blog yang pro daripada yang gratisan, ntar dikira jasa reviewnya gratis juga hehe kiding (abaikan komentar ini)

    1. Saya rasa ini ada juga benarnya, sebelum ini saya ada ditawarin untuk review tapi jasanya amat kecil mungkin krn blog gratisan.

      Atas dasar inilah saya akan memikirkan langkah selanjutnya.

      Terima kasih atas masukannya Mbak Santika

  3. Kalau udah domain TLD dan domain authority minimal 15 saya bisa merekomendasikan ada dua perusahaan online yang siap direview.

    Alhamdulillah saya juga sekarang sering mereview produk ataupun profil.

    Selalu semangat dan benahi kualitas konten.

    1. Sangat tepat Mas Muhammad, saya akan selalu membenahi konten dalam blog ini, jadi berkat blogwalking dengan sesama blogger lain dan info dari teman akan semakin menambah warna dalam blog saya. Ngomong2 kalau domain authority itu apaan ya?

      kita boleh kok komunikasi via emai di [email protected]

      terima kasih

  4. tidak ada salahnya mencoba mas, dengan pengalaman dan optimasi sendiri pasti bisa, kita tinggal meniru bagaimana cara mereka saja, untuk SEO kayaknya juga dibutuhkan yang penting dalam penulisan artikel sudah memenuhi SEO,

    1. Terima kasih atas masukannya mas Purnama, saya memang mendapat banyak masukan dari sahabat blogger semua.

  5. usaha itu bisa dimana saja kita dapatkan dan sukses, yang terpenting adalah awalnya, karena tidak mudah meraih apa yang kita harapkan semudah yang pernah kita baca atau pikirkan, semuanya ada ketentuan dan target yang mesti dicapai sebelum memulai hal itu, sama seperti blog.

    membuat dan membangun blog itu penngertiannya LUAS, ada yang sekedar iseng, dan ada yang serius ingin membangun usaha melalui media ini, yang terpenting adalah membangunnya terlebih dahulu, jangan pikirkan tentang TDL, tetapi kelola blog terlebih dahulu agar banyak yang mengenal, setelah itu baru kita pikirkan tentang TDL, dengan begitu akan sedikit membantu kinerja kita kedepannya akan diarahkan kemana blog tersebut.

    karena percuma beralih ke [dot]com [dot]info atau lainnya kalau blog tidak ada yang mengenal, siapa yang akan membeli produk yang kita tawarkan di blog karena tidak ada yang melihat. kalau semuanya sudah KLIK baru kita mulai jalankan bisnis di blog.

    ini sih menurut Devy,

    1. Wow, analisannya sangat lengkap, mendalam dan komplit…..sepertinya Mbak Devi udah berpengalaman nih. Sebelumnya saya ucapkan terima kasih Mbak Devi karena udah membrikan pejelsan yang rinci tentang hal yang saya pikirkan.

      Sekali lagi, yang seperti inilah yang saya harapkan ketika berdiskusi dengan sesama blogger..

      Semoga Tuhan Membalas kebaikan Anda

  6. kalo saya sih belum terlalu mengerti masalah kek ginian mas… semoga saja nanti saya bisa ya mas ya… hehehehe

    1. Saya juga sebenarnya baru belajar mas wiky, tapi ketertarikan saya akn tantangn baru dalam dunia tulis menulis semakin tinggi manakala saya aktiv blogging dan blogwalking. Saya sadar semua itu tidaklah mudah, memang perlu perjuangan keras untuk membangunnya.

      Trims atas partisipasinya

  7. Saran saya mending pakai Domain TLD aja mas, Selain bisa lebih dominan di mesin pencarian, jadi meriview barang bisa langsung masuk ke pejwan alias page nomer teratas.
    ya resikonya pengunjung akan sedikit berkurang, tapi cuma beberapa hari saja kok. nanti bisa normal kembali.. Saya juga gak terlalu jago dengan yang namanya seo,…

    1. Baik, terima kasih atas masukannya Mas Achmad, masukan dari Anda akan menjadi bahan pertimbangan bagi saya

  8. kalau sudah niat dan mantap jangan pake yang gratisan mas
    kalau yang gratisan itu bisanya buat yang coba-coba

    1. Oke, terima kasih atas masukannya. Saya memang benar-benar serius dan kalau bisa di kelola secara profesional.

      Terima kasih atas partisipasinya

  9. Pepatah mengatakan pengalaman adalah guru terbaik buat kita Mas Daniel, jadi tidak ada salahnya untuk mencoba bisnis jasa review menggunakan blog gratisan. Dengan begitu kita bisa mengetahui apakah dengan menggunakan blog gratisan bisa efektif atau tidak dalam mereview sebuah situs.

    Terlepas dari kesan profesional atau tidak (menggunakan blog gratisan), saya yakin yang paling utama dilihat oleh pemakai jasa adalah traffic sebuah blog. Jadi hilangkan kegalauan Mas Daniel tentang blog gratisan atau berbayar. Lakukan dan evaluasi hehehe, tetap semangat Mas Daniel Nagata. 😀

    1. Terima kasih atas partisipasinya Mas Dory, sangat membantu dalam mengumpulkan referensi tentang memulai bisnis ini.

      dua jempol untuk Anda

  10. Blog gratisan juga bisa kok, saya beberapa kali nemuin review di blog gratisan, tapi blognya bener bener bagus, unik dan udah dapat banyak pengunjung dan follower

    1. Terima kasih atas partisipasinya Mas Atah, saran Anda akan saya pertimbangkan.

  11. untuk mendapatkan 3k rasanya berat sekali yah ( khusus buat saya ) tapi mungkin buat para master itu bukan masalah,yang jelas kita harus banyak belajar dulu dari para master agar bisa mencapai apa yang kita harapkan

    1. Saya rasa juga peserti itu Kang Dede, tapi ada yang menasihati "Tidak ada sesuatu yang Mustahil JIka Mau Berusaha"

      Mungkin itu juga bisa dijadikan pegangan, dan belejar kepada para master juga lebih baik

  12. waw, sebuah cita-cita dan semangat yang patut dijadiin contoh dengan TLD tentu pergerakannya juga akan lebih mekjleb, ditambah dengan 3K setiap hari….semoga semua berjalan lancar dan selalu diberikan kesehatan dan keceriaan

    1. Terima kasih atas partisipasi ANda Mang Lembu, semoga blog ANda semakin maju juga.

  13. Kalau saya sih pak lebih baik menulis di blog sendiri, tapi kalau hasil bayarannya setimpal dengan kerja keras untuk membayar pikiran kita, hmmm mungkin bisa dicoba

    1. Iya Pak Ibrahim, itu merupakan pilihan bijak. Sekarang ini ada banyak jalan untuk mencapai tujuan, yang penting mau berusaha, bukan begitu pak?

      terima kasih atas partisipasi ANda

  14. saya kira kalau menggunakan blog review, blog harus kuat dulu posisinya.
    logikanya…siapa yang mau direview oleh blog yang sepi pengunjung dan tidak terkenal?

    menurut saya tidak masalah menggunakan blog gratisan, saya tahu ada beberapa blog yang kadang-kadang melakukan review. misalnya blog keren milik mas khoirul azmi (buka-rahasia.blogspot.com–)

    1. Iya, untuk itu membangun pondasi yang kuat juga lebih baik ya Mbak Nove….

      Terima kasih atas partisipasinya

  15. haha kalo soal ginian saya juga baru belajar mas jadi maaf belom bisa bantu soalnya ilmu seo saya juga masih cetek mas :v

    1. Tidak masalah, mari kita sama2 belajar dan berbagi disini.

      Terima kasih atas partisipasi Anda

    1. ini pertanyaan menarik gan, biasanya si harus banyak jaringan gan…terutama blogger yang udah pernah melakukan review job. Kalau saya sendiri sekarang sedang proses belajar, jadi mari kita sama2 belajar disini

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *