Cara Ampuh Mendapatkan Uang dari Internet untuk Pemula

cara mendapatkan uang dari internet untuk pemula

Melanjutkan sharing sebelumnya tentang tips mengkonversi hobi menjadi peluang bisnis, kali ini kita akan ngomongin soal cara mendapatkan uang dari internet untuk pemula. Emang sih udah ada jutaan orang yang sharing tentang renyahnya hasil dari era digitalisasi ini, dan saya bermaksud untuk melengkapinya (mungkin).

Perlu digaris bawahi bahwa proses untuk memperoleh penghasilan rutin secara online itu gak gampang, gak praktis dan gak bisa main-main. Dibutuhkan lebih dari sekedar ketekunan, fokus, dan memiliki rencana plus modal. Untungnya itu semua bisa dipelajari dan gak mustahil untuk kita peroleh dengan mudah, jika mengetahui rahasianya.

 

Jadi jika anda berpikir bahwa hal itu mudah, kesampingkan dulu perasaan Anda, jangan sampai Anda menyerah dan berhenti di tengah jalan atau malah meninggalkan hutang, bisa habis hidup lo…

Satu lagi, jika Anda ingin segera keluar dari pekerjaan utama trus menggeluti internet marketer yang baru saja Anda rintis, nanti dulu, tahan obsesi Anda. Lebih baik rintis dulu hingga sistemnya jalan baru resign.

Apa yang kita kerjakan hari ini mustahil besok akan langsung ada hasilnya (menghasilkan), paling cepat dalam hitungan bulan, bisa 1 bulan, 3 bulan atau bahkan lebih.

 

Sebelum nyemplung, lihat dulu yang satu ini…

Internet Sebagai Kebutuhan Pokok

Emang sih, Internet saat ini udah jadi kebutuhan pokok selain SEMBAKO, mungkin ada orang yang lebih memilih gak makan ketimbang gak punya kuota.

Atau bahkan ada yang paling ekstrim dari itu, lebih memilih kuota ketimbang kencan sama pacar, … itu hanya analisa saya melihat membabi butanya pengguna internet di dunia khususnya di Indonesia.

Kabar baiknya, selain menghabiskan uang, internet bagi sebagian kalangan juga sebagai ladang atau lahan basah untuk mendulang rejeki. Rejeki langsung bagi penjual kuota/pulsa, penyedia jasa atau provider dan juga si pebisnis online (internet marketer/blogger) baik menjual jasa maupun produk fisik/digital, nah lo…

 

Mengapa harus INTERNET?

Ini bukan gosip lo ya…

Internet memang sudah membuka jalan seluas-luasnya bagi masyarakat (yang melek internet tentunya) untuk mendulang rejeki secara online.
Apakah hanya mereka yang memiliki bisnis konvensional saja yang bisa menikmati bisnis lewat internet? Menurut saya sih gak, karena orang awam seperti saya juga bisa…

Selain itu, mereka yang berbasis kerja secara individu (freelancer) pun tetap memiliki peluang yang sama untuk memperoleh potensi penghasilan secara online. Contohnya para blogger dan pebisnis online yang sekarang makin menjamur….

Atau contoh lainnya, seseorang yang bisa menghasilkan berbagai produk fisik maupun digital. Entah itu produk yang tangible (berwujud) dan intangible (tak berwujud).

Contoh produk tangible: cup cake, buku, craft, dan lainnya. Untuk contoh produk Intangible: biasanya lebih mengarah ke produk kreatif seperti design website, script website, design logo, desain grafis, lagu, video, kursus online dan lainnya.

 

Mahalnya Sebuah Kreatifitas

segala produk yang bersifat kreatif memang dikenal mahal harganya dan tentunya dengan meledaknya pengguna internet menjadi modal dasar untuk mendulang rejeki.

Dari bisnis informasi, ada Linda Ikeji yang berhasil mendulang penghasilan hingga ratusan juga bermodalkan blog dan penghasilan dri google adsense. Ada Eka Lesmana yang mewakili anak muda Indonesia di kancah dunia perbloggeran, dan sederet anak muda lainnya yang tidak perlu saya sebutkan satu persatu disini.

Mau jadi blogger, youtuber, atau freelancer, itu semua tergolong penghasilan secara online. Internet marketer atau apapun namanya, gak perlu kita ributkan disini karena uangnya halal.

Sayangnya dibalik itu semua, tidak sedikit pula internet marketer yang merana lantaran tergiur oleh penghasilan para mastah. Mereka tidak sadar bahwa untuk mendulang rejeki secara online itu gak semudah membalikan telapak tangan, prosesnya panjang, melelahkan, berdarah-darah dan bahkan sekarang pesaing makin banyak.

Kuncinya, siapa yang paling kreatif dan memiliki daya juang yang tinggi plus sedikit tambahan modal, pasti bisa meraih penghasilan secara online. Ingat, bukan cara cepat atau mudah/gampang yang paling penting, yang terpenting adalah membangun mindset.

 

Traffik Generation (Tempat Promosi)

Sekarang saatnya kita nyemplung ke kolam yang mungkin banyak ikannya, agar kita bisa segera memancing ikan atau mungkin menjala ikan..

Hasil Sangat Tergantung pada Trafik (Pengunjung) dan Konversi

Potensi penghasilan dari internet tergantung pada trafik (pengunjung dan pelanggan) dan konversi. Potensi trafik tergantung dari pemilihan niche dan kata kunci (keyword). Karena potensinya akan sangat berbeda-beda. Misalnya niche properti akan berbeda dengan niche blog atau bisnis online.
Kira-kira seperti ini urutan atau skema potensi trafik dan penghasilan yang akan kita peroleh:

Pemilihan Niche>>Keyword>>Sumber Trafik>>Sumber Penghasilan

Secara tidak langsung, potensi penghasilan sangat bergantung pada niche, trafik dan sumber penghasilan yang kita pilih.

Contoh Niche dan Keyword sengaja gak saya bahas dengan harapan agar Anda mencarinya sendiri di Internet.

Sumber trafik (tempat promosi) terdiri dari yang Gratis dan Berbayar. Contoh trafik gratis: Search Engine Optimizer/SEO (Mesin Pencari), Sosial Media Marketing dan lainnya. SEO termasuk sumber trafik organik yang benar-benar gratis jika optimasinya dilakukan sendiri.

Kelemahannya: membutuhkan waktu lama dan sangat melelahkan, bisa-bisa berhenti sebelum menghasilkan. Ada SEO berbayar dari penyedia jasa SEO seperti jasa backlink dan blog commenting.

Jika salah atau berlebihan, resiko terburuk bisa kena penalty google, yang sulit untuk di atasi jika sudah terlanjut masuk atau terkena penalty.
Kelebihannya: Gratis, tis tis…

Sedangkan trafik berbayar bisa diperolah dari FB Ads, Google Adwords dan ada juga Email Marketing dengan AutoResponder.

Mengenai cara memperoleh trafik anda bisa belajar dari Mbah Google, atau lewat PanduanIM.com atau Maxmanroe.com.

 

Source Of Income (Sumber Penghasilan)

Penghasilan terdiri dari dua bagian yaitu Penghasilan yang sudah/sering dan masih di terima dan Penghasilan yang masih DIRENCANAKAN untuk diterima.

Penghasilan Online yang Pernah (Masih) Saya Peroleh

Sampai saat ini, saya merintis lahan penghasilan online saya melalui blog. Trafik dari blog tersebut kebanyakan berasal dari SEO yang saya kerjakan sendiri bahkan nyaris tanpa biaya promosi sedikitpun. Hanya bermodalkan Hosting, Domain, Koneksi Internet dan Laptop.

Jadi, jika ada yang bilang bahwa ada cara menghasilkan uang dari internet tanpa modal sesungguhnya itu sedikit mengada-ngada. Faktanya tidak ada yang gratis atau benar-benar gratis. Kalau gak ada laptop dan koneksi internet, gak mungkin kan? Gak mungkin juga setiap hari nongkrong di warkop tanpa pesan minum?

Penghasilan online yang pernah saya terima (nilainya memang hanya recehan namun tetap saya syukuri)dan masih digeluti hingga saat ini terdiri dari:

1.Pay Per Click

Dari jenisnya, penghasilan ini dihitung berdasarkan jumlah klik yang dilakukan pengunjung pada iklan yang tayang pada website/blog. Semakin tinggi trafik, peluang klik juga besar dan potensi penghasilan semakin besar.

Jenis penghasilan PPC sangat di gandrungi para blogger khususnya di Indonesia, termasuk saya. Sayangnya meskipun sumber penghasilan PPC praktis dan mudah, namun konversinya tergolong rendah, rata-rata penghasilan perklik Rp 250 – Rp 1000 tergantung pengiklan.

Jika anda memiliki minimal trafik 1000/perhari, maka potensi penghasilan berkisar antara Rp 450.000 hingga Rp 600.000 untuk blog Indo, sedangkan blog Bule konversi jauh lebih tinggi 30%.

Beberapa diantara jenis PPC yang sudah pernah dirasakan adalah (1) Google Adsense; (2) KlikSaya (lokal); (3) RevenueHits.

Tips, jika Anda sulit mendaftar di Google Adsense, sebaiknya ikut program bagi hasil (Joint Venture) dengan pembagian hasil 80% Pemilik Blog /20% Pemilik Akun GA.

Minimal trafik yang disyaratkan antara 1000 atau 1500/hari, bukan blog wallpaper dan gak copas. Saya sendiri udah hampir 1 tahun ikut program JV Adsense, anda bisa mencari info lengkap di FORUM ADS.ID.

 

2.Pay Per Post

Penghasilan jenis ini tergolong renyah, dibutuhkan keahlian dalam menulis mereview produk atau website dari klien. Biasanya penghasilan berkisar antara Rp 150.000 – Rp 250.000 per review.

Selain review, ada juga jenis blogpost atau content replacement, dimana klien mengirim artikel yang berisi backlik untuk diposting di blog kita. Kita cukup mereview isi artikel dan setelah itu mempostingnya, selesai dan dapat bayaran.

Untuk mendapatkan job review atau blogpost atau placement, anda bisa ikut agency digital atau secara mandiri. Kelebihan mengikuti agency, penghasilan termasuk rutin, namun bayarannya sudah di potong 30% hingga 50%.

Sedangkan klien yang didapat secara mandiri, penghasilan kita bersih tanpa potongan, namun sangat bergantung dari kepiawaian kita dan tergantung hasil review kita juga.

Syaratnya lainnya, blog harus memiliki Alexa Rank dibawah 500ribu dan DA/PA diatas 15, makin tinggi DA/PA makin tinggi juga bayaran per posting. Niche blog yang paling populer: Entertainment, Bisnis, Traveling, Gadget dan Teknologi.

 

3.Pemasangan Iklan Mandiri

Untuk bisa mendapatkan klien atau pemasang iklan, blog kita udah harus memiliki pengunjung tetap, reputasi di SERP bagus, tampilan blog lebih profesional, loading cepat dan bukan blog spaming.

Anda bisa memasang banner untuk menarik perhatian klien, menawarkan melalui email door to door atau bisa juga promosi lewat sosial media.
Potensi penghasilan dari jalur ini terbilang renyah, untuk blog yang memiliki trafik 2000/hari, klien berani membayar hingga Rp 500.000 per slot iklan per bulan.

Namun anda harus cermat dalam memilih klien, karena jika salah memilih klien maka akan mengurangi reputasi blog di SERP, contohnya konten J*d* atau P*rN*.

 

4.Menjual Produk Sendiri (Produk FISIK/DIGITAL)

Banyak jenis produk yang bisa kita jual secara online, entah itu produk fisik maupun digital. Intinya produk yang kita hasilkan/dibuat sendiri sesuai keahlian kita tentunya.

Produk paling laris di seputar Fashion (pakaian), Buku, Aksesoris, Kuliner, Properti dan Kendaraan. Sedangkan produk digital berupa ebook, plugin, aplikasi, design logo, design web dan lainnya.

Potensi penghasilan tergantung pemilihan jenis produk yang kita jual, trafik yang kita punya dan tempat promosi. Semakin anda dikenal (punya otoritas), semakin laris produk yang Anda jual.

Jika anda tidak memiliki produk sendiri, jangan khawatir karena anda bisa menjual produk orang lain, caranya bisa sebagai Reseller, Dropshiper, dan Perantara (Makelar Online).

Sebenarnya potensi penghasilan dari jalur ini tidak terbatas dan bisa dikombinasikan antara Online dan OFFLINE.

 

5.Pay per SALE

Penghasilan dari Affiliate Marketing paling populer di kalangan internet marketer baik luar maupun dalam negeri. Anda akan mendapatkan penghasilan dari setiap penjualan barang/produk (fisik/digital).

Jika anda mahir dalam berbahasa inggris, anda bisa ikut program AMAZON atau CLICKBANK. Sedangkan untuk produk LOKAL, anda bisa mengikuti LAZADA dan RATAKAN.

Diluar negeri, AMAZON dan CLICKBANK paling populer, bahkan internet marketer atau blogger dari Indonesia banyak yang mendulang rejeki dari keduanya pemain besar dunia tersebut.

Untuk saat ini, penulis lebih fokus pada produk Lokal di RATAKAN dan pernah menjual 1 tool spinner kepada 1 pembeli dengan komisi Rp 100.000 per penjualan.

 

Penghasilan yang Masih saya rencanakan Kedepannya:

1.Kombinasi antara OFFLINE dan ONLINE

Saya mulai merintis dan menapaki potensi penghasilan dari penjualan properti dan kendaraan.

Mengingat kedepan orang akan lebih sering melihat hasil review secara online sebelum membeli produk, maka saya berencana membuat semacam panduan untuk membeli properti dan informasi harga properti khususnya di Pontianak, tempat saya tinggal sekarang.

Menjaring calon pembeli secara online, kemudian jika ada yang nyangkut kita janjian ketemuan, jika cocok kita langsung adakan transaksi.

2.Menulis/Menerbitkan Buku dan Menjualnya secara Online

Dunia tulis menulis tak akan pernah lepas dari internet marketing. Konten untuk menarik perhatian pengunjung bisa berupa tulisan, gambar, video atau infografis.

Kedepan saya akan fokus pada penerbitan buku yang mudah-mudahan gak gagal total seperti buku pertama “Bergumul dengan Sikap Positif” yang diterbitkan di Guepedia.

Rencana kedepan saya akan menulis buku dengan gaya sedikit kocak (gak terlalu serius) dan sekarang sedang dalam tahap penelitian judul.

3.Design Kaos Unik dan Menjualnya secara Online

Saya orang yang suka dengan design kaos unik, meskipun saya bukan seorang designer kaos namun kecintaan saya terhadap kaos tidak pernah surut. Kaos merupakan pakaian yang paling umum dikenakan, dan banyak peminat sekaligus pesaingnya.

Mungkin semacam distro kali ya, atau lebih tepatnya souvenir berupa kaos unik. Jika Anda merasa memiliki kecintaan terhadap kaos, punya sedikit keahlian mendesign kaos, Anda bisa menghubungi saya untuk bekerja sama.

 

Kesimpulan

Untuk memperoleh penghasilan secara online, langkah awal yang harus kita lakukan adalah membangun mindset seorang pebisnis (gak bermental gratisan alias kudu berani keluar modal). Ingat tidak ada yang instant disini, segalanya butuh proses.

Berikutnya adalah membangun personal branding, entah itu lewat blog atau dikombinasikan dengan sosial media. Dari blog ini kemudian kita akan memperoleh trafik yang kemudian kita konversi menjadi penghasilan (uang).

Jadi semua sangat bergantung pada FOKUS kita, pemilihan NICHE>>KEYWORD>>TRAFFIC GENERATION>>SOURCE INCOME. Dalam internet marketing, memilih 1 keyword berarti 1 produk, potensi trafik dan penghasilan berbeda-beda.

Semakin menjual dan populer keyword yang kita menangkan, makin besar potensi trafik dan makin besar pula potensi penghasilan kita.

Saran penulis, sebaiknya jika Anda ingin terjun ke dunia Internet Marketing dan masih awam, berhati-hatilah dalam memilih informasi karena akan banyak sekali pengalihan fokus perhatian yang bisa membuat Anda terlena.

Selamat BerJUANG!

 

Sumber Gambar: Pixabay.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *