5 Cara Memotivasi Diri Sendiri Dalam Bekerja agar Selalu Optimis Menatap Masa Depan

Profesi atau pekerjaan apapun butuh yang namanya motivasi agar kita lebih optimis dan antusias dalam meraih tujuan yang kita cita-citakan. Pembahasan berikut ini akan mengupas 5 cara memotivasi diri sendiri dalam bekerja agar selalu optimis dan antusias sehingga hasilnya juga mengikuti usaha yang kita lakukan.Saya akui bahwa saya memang bukan motivator, apalagi seorang yang bijaksana, hanya sekedar berbagi pengalaman.

Pada saat kita lagi jatuh dan tidak bersemangat disini diperlukan Self Defense (pertahanan diri) yang amat kuat untuk mampu bangkit berdiri tegak. Tidak mudah memang memotivasi diri sendiri, namun sesuatu yang kita bayangkan emang sulit, pas kita jalani gak taunya bisa aja dan ada aja jalan keluarnya.
Saat terjatuh, seorang yang optimis akan berkata: “ Inilah kesempatan ku untuk meraih mimpi ku dan beralih ke jalan yang lebih baik”
Sementara seorang yang pesimis akan berkata: “ Ah, apes bener nasib ku, jadi malas mau ngapa-ngapain”.
Semua orang pasti pernah gagal, semua orang juga pasti pernah mengalami kesulitan dalam hidupnya, itulah seni kehidupan. Hidup yang dinamis ya seperti itu, kadang turun, kadang naik.
Kalau udah naik nggak mau turun, dan kalau udah turun nggak naik-naik, ini namanya ada yang salah. Jalannya jadi macet, jika wahana yang seperti ini, mungkin akan cepat untuk dicari penyebabnya, baru kemudian dilakukan perbaikan.
Kehidupan pun demikian, macet, mandek mumet akan selalu menghiasi pikiran kita, namun itulah yang menjadikan kita semakin kuat. 

Cara Gampang Untuk Memotivasi Diri Sendiri
Saat saya mengalami kejatuhan atau kegagalan karir (pekerjaan) atau dalam kehidupan, ini 5 cara memotivasi diri sendiri dalam bekerja, sehingga saya selalu optimis dan bersemangat menatap masa depan, bagaimana dengan Anda?

Trik #1. Positive Thinking,

lebih dari 2 tahun yang lalu saya pernah mengalami kegagalan dalam karir. Saat itu
saya merasa sudah tidak memiliki semangat untuk bekerja, rasanya usaha yang
saya lakukan sekarang sia-sia.
Sepanjang
malam saya tidak bisa tidur, apa yang saya lakukan? Saya hanya bisa berpikir
dan memutar otak. Bagaimana caranya agar saya bisa lepas dari kesulitan ini.
Kabar baiknya, saat itu saya masih bisa berpikir positif. Berdasarkan hasil
penelitian, pemikitan positif justru akan semakin menonjolkan sisi kreatifitas
kita. Daya dongkrak kita semakin melejit, mana kala kita selalu berpikir
positif.
Jalan  terbaik ialah mengubah kegalaun menjadi
energi yang bisa menggerakkan hidup. Tidak mudah memang, butuh waktu hingga
berbulan-bulan untuk menstabilkan emosi.

Trik #2. Terus Bergerak,

move on dong bro, pada saat kita terjatuh kita tidak memiliki kekuatan untuk bangkit. Namun kehidupan
ini harus terus dilanjutkan, cara termudah ialah terus bergerak walaupun
kesulitan menghadang.
Move
on dong bro, hidup harus dilanjutkan ke next level yang lebih wow setiap
harinya. Ngga ada waktu untuk mengeluh apalagi merengek serta meratapi nasib
yang tak kunjung membaik.
Orang
bijak bilang, “Orang yang bisa menyelesaikan masalahnya ialah dirinya sendiri. Orang
lain hanya sebagai perantara, jadi jangan limpahkan masalah mu pada orang lain”.
Ratusan
orang bahkan mungkin ribuan orang di dunia mengalami kebangkrutan dan kegagaln setiap harinya,
namun mereka terus bergerak untuk bangkit dan melanjutkan kehidupan, bagaimana
dengan Anda?

Trik #3. Be Creative,

saat kita di rundung duka dan masalah memory kita cenderung lebih pendek sehingga
tak mampu berpikir creatif.
Ingatlah bahwa orang-orang hebat justru bangkit melejit dari kesulitan yang ia alami
untuk lebih sukses. Steve Jobs,
misalnya Ia harus dipecat dari Apple. Namun kemudian itu justru membawanya pada
kesuksesan lain yang lebih inovatif seperti kreasi aminasi yang mendunia.
Apa
yang bisa kita lakukan? Lihatlah kesulitan dan masalah dari sisi yang berbeda
dari biasanya. Gunakan imajinasi yang kita miliki untuk mengubah kesulitan
menjadi solusi. Baca juga: Cara
Kreatif Membuka Pintu Rezeki
.
Thomas Alfa Edison,
ia bahkan mengalami kegagalan hingga puluhan ribu kali, namun ia tetap
mencobanya dan melakukannya dengan cara berbeda. 7Up, juga mengalami kegagalan,
dan baru berhasil dengan sukses hingga sekarang pada percobaan yang ke 7.
Kita
tidak tahu kapan waktunya kita untuk sukses, untuk itu jangan berhenti karena
mengalami kegagalan, bisa jadi percobaan berikutnya Anda bisa berhasil.

Trik #4. Hidup untuk dijalani bukan dibayangkan,

kehidupan ini Cuma milik orang yang
mau berusaha terus menerus berupaya. Membayangkan kehidupan justru akan
menjadikan semakin sulit.
Alangkah
lebih baik jika kita menjalani kehidupan ini dan berusaha sekuat tenaga. Gunakan
segenap kekuatan yang kita miliki hanya untuk satu tujuan yaitu bermanfaat bagi
diri kita.
Apa
saja yang bermanfaat diri kita? Berusaha, mencoba, mencoba, mencoba hingga
tiada batasannya. Mengeluh nggak bermanfaat kan? Makanya jangan dilakukan.

Trik #5. Jadilah lebih Berani,

menjadi seorang yang berani tidaklah sulit. Keberanian dalam banyak hal, seperti berani
mencoba lagi saat mengalami kegagalan, berani mengakui kekeliruan saat kita melakukan
kesalahan, berani meminta maaf saat kita salah.
Orang
bijak bilang, keberanian untuk berbuat dan mencoba lagi menjadikan kita semakin
tekun dalam berusaha. Berani mengambil keputusan, bahkan disaat krusial
sekalipun, tentu ini semakin menjadi pemicu semangat.

 

Setidaknya
itulah 5 cara memotivasi diri sendiri dalam bekerja,
sudah saya alami dan saya praktekan sendiri.Kenanglah selalu kalimat ini: “ Sepahit
apapun kehidupan yang kamu rasakan, akan jauh lebih pahit lagi jika kita
terjerembab dan tak berani untuk mencobanya kembali
”.

2 Replies to “5 Cara Memotivasi Diri Sendiri Dalam Bekerja agar Selalu Optimis Menatap Masa Depan”

  1. Timur Matahari

    Dari beberapa tips di atas, saya malah masih ragu untuk tampil di depan banyak orang. Meski awalnya semangat 45, giliran sudah di depan banyak orang kepercayaan diri perlahan-lahan luntur.

    • daniel

      Untuk tampil PD di depan banyak orang yang diperlukan adalah keberanian, latihan terus menerus dan belajar terus menerus untuk tampil. Yang terpenting disini adalah praktek mas, kalau teori kita bisa pelajari nah kalau praktek ya latihan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *