Cara Memperbaiki Diri Menjadi Lebih Baik dengan Menerapkan 10 Perubahan Kecil Dalam Hidup

keterampilan yang harus dimiliki wirausaha

Kesulitan ekonomi yang kita hadapi, penyakit menular dan berbagai peristiwa dalam hidup membuat kehidupan jadi terganggu. Untungnya gak sampai membuat jiwa kita yang terganggu.

Untuk mengatasi getaran (vibrasi) negatif dan mendapatkan kembali keseimbangan dalam hidup, carilah hal-hal yang bisa Anda kendalikan, begitu saran MJ Ryan, seorang penulis buku berjudul Adapt Ability.

Kita memang tak bisa memperbaiki kondisi perekonomian karena itu diluar kendali kita.

Artikel lain: Cara Menjadi Pribadi yang Baik dan Disukai Banyak Orang.

Ingin tahu lebih banyak tentang cara memperbaiki diri menjadi lebih baik? Ubahlah 10 hal sederhana berikut sehingga berdampak pada keseimbangan hidup Anda, mari kita mulai.

1.Penampilan

Anda mungkin merasa aneh atau tampak mustahil. Tetapi coba Anda pikirkan: memperbaharui penampilan dapat berdampak besar. Melakukan satu perubahan membuat anda bisa melihat kemungkinan untuk perubahan yang lebih bermakna di dalam hidup Anda.

Hal ini membuat anda percaya diri untuk melakukannya, seperti apapun kehidupan anda. Jadi teruslah buat perubahan. Misalnya memotong rambut, mencoba lipstik warna baru, beli gaun seksi yang anda impikan. Aksi kecil ssperti ini bisa mendatangkan langkah besar dalam hidup.

 

2.Lingkungan Sehari-hari

Jika setiap hari terasa sama, saatnya untuk memikirkannya. Kemungkinan 80% dari yang anda lakukan bersifat rutin. Tanpa anda sadari, anda merasa stuck, bukan hanya pada apa yang anda lakukan, tapi juga pada apa yang anda lihat dan anda gunakan.

Jadi, pilih satu hal dimana anda menghabiskan banyak waktu untuk mengerjakannya setiap hari, dan lakukan perbaikan. Hanya dengan perubahan kecil, nantinya akan mendatangkan manfaat besar.

Selalu didapur menyiapkan makanan? Beli Pisau kualitas Chef. Harus mengemudi jauh ke tempat kerja? Dengarkan buku audio yang biasa dibaca dipantai. Segala sesuatu akan menjadi lebih menyenangkan.

Selain itu, secara periodik berburu energi negatif yang membuat anda sedih atau susah. Mulai dari pintu depan dna perhatikan apa yang membuat anda mengerutkan dahi ketika berjalan masuk. Apakah rumput yang tumbuh di halaman depan? Atau tumpukan surat di meja yang tak kunjung lenyap? Singkirkan barang-barang yang merusak perasaan Anda.

 

3.Cara Berpikir

Menurut ahli saraf, pola pikir kita menciptakan jalan saraf di otak. Sama seperti membuat jalan dihutan, semakin sering kita jalan dijalur yang sama, kita semakin mudah pergi kesana. Kabar baiknya, kita bisa melatih otak untuk berpikir positif.

Jika anda mendengarkan secara cermat, anda akan bisa mendengarkan tape yang bermain di kepala Anda, dan pesan yang disampaikan sering negatif. Sebagai contoh, perusahaan anda mengurangi pegawai. Suara dikepala anda mungkin bilang kepada anda, bahwa berikutnya mungkin giliran anda.

Ketika tape murung ini mulai berputar, saatnya tekan tombol reset. Ubah pesan yang optimistik tapi yang bisa dipercaya. Misalnya, saya kemungkinan tidak di PHK karena saya bekerja dengan baik. Tetapi jika saya kena, saya akan membawa keterampilan saya keperusahaan lain.

Terus menerus mengganti pikiran negatif menjadi pikiran positif bisa menciptakan jalan baru di dalam otak, sehingga menjadi cara berpikir anda yang alamiah. Hasilya, anda lebih bahagia dan meningkatkan peluang.

 

4.Ramah Lingkungan

Kita memang tak bisa menghentikan emisi karbon, tetapi tahukah anda bahwa piliha hijau yang bisa anda lakukan? Perubahan kecil mendatangkan efek besar. Jika hanya 1 diantara 5 rumah tangga beralih ke tagihan online, kertas statement akan berkurang dan hemat 151 juta ton kertas, 8,6 ton kantong sampah.

Jika keluarga dengan 4 orang pilih wadah sandwich yang bisa di pakai ulang, kantong plastik yang dibuang dipembuangan sampah berkurang 1.040 lembar. Memperbaiki kran bocor, showerhead dapat menghemat 10 galon air yang terbuang percuma dalam sehari.

 

5.Menyelamatkan Hidup

Cara paling mudah: menyumbangkan darah (donor). Palang merah melaporkan, 1 donasi bisa menyelamatkan 3 nyawa. Cara lain menyelamatkan hidup adalah mendaftar untuk donor sunsum tulang belakang.

Setiap tahun, penyakit yang mengancam nyawa seperti leukemia atau lymphoma menyerang lebih dari 10 orang di Amerika. Harapan terbaik bagi mereka untuk sembuh adalah dengan cangkok sunsum tulang belakang.

 

6.Rasa Damai

Sama seperti anda takan akan keluar rumah sebelum mandi, jangan mengawali hari tanpa berdoa, meditasi, atau membaca bacaan sarat inspirasi paling sedikit 10 menit. Waktu terbaik adalah ketika bangun pagi. Disaat itu, pikiran anda terbuka.

Jika anda mendengarkan siaran berita dan memasukan pikiran yang berdasarkan rasa takut ini kedalam pikiran Anda, anda akan depresi ketika makan siang. Mengawali hari dengan latihan kedamaian bisa mendatangkan hari yang lebih baik untuk Anda.

Jika anda sudah melakukan ritual spiritual setiap hari, tambahkan dengan mengubah pemandangan. Jika dan biasa meditasi di dalam ruangan, lakukan di luar. Saat berada diluar, lihat ke langit, anda akan melihat sesuatu yang lebih besar dari diri Anda. Hal ini akan memberikan sudut pandang yang berbeda.

 

7.Cara Menghabiskan Waktu

SMS, Email, Facebook, dan TV, begitu banyak media yang menjejali perhatian anda. Tak heran jika anda merasa letih. Langkah pertama untuk mengubah ini adalah dengan menonaktifkan bunyi pemberitahuan, begitu saran Stephen R. Covey, PhD, dalam buku  Great Work, Great Carreer.

Kurangi waktu untuk menonton tv, jangan merasa ada yang kurang jika tidak buka email setiap menit. Begitu anda mengurangi teknologi, buat pilihan tentang hal yang benar-benar penting untuk Anda.

Apakah makan bersama keluarga, meluangkan lebih banyak waktu untuk diri sendiri, atau apapun yang membuat Anda lebih bahagia, lalu tuliskan. Baca juga: Cara Mengatasi mental Block dan gagal Move On.

Menulis adalah jembatan alam bawah sadar dan pikiran sadar. Dengan kata lain, ketika anda menulis dikertas, apa yang anda pikirkan menjadi lebih dekat dengan apa yang anda lakukan. Merumuskan dengan jelas kata “YA”, membuat anda relatif lebih mudah untuk mengatakan tidak pada sesuatu yang tidak penting.

 

8.Kontribusi Untuk Amal

Jadikan beramal sebagai kebiasaan dan gaya hidup, kendatipun jumlahnya kecil. Yang penting adalah bukan berapa banyak yang anda berikan, seberapa sering dilakukan. Disaat ekonomi sulit, anda mungkin mengira, yang paling baik adalah mengencangkan ikat pinggang.

Tetapi yang benar justru sebaliknya, jelas Jonni McCoy, dalam buku Miserly Moms. Memberi membuat anda menyadari apa yang anda miliki, yang kemudian mendatangkan rasa bahagia yang lebih besar dan mengurangi belanja.

Memberi adalah senjata ajaib yang bisa menaklukan keinginan yang tidak masuk akal. Selain itu, membantu orang lain akan menumbuhkan rasa kebersamaan.

 

9.Umur

Kita memang tak bisa mengubah umur kronologis, tapi bisa mengubah umur biologis. Jika dan berumur 60 tahun padahal umur anda baru 45 tahun, anda bisa mengembalikan kerusakan ini.

Tubuh benar-benar ajaib, kata Michael Roizen, MD, dari situs Real Age. Mengubah kebiasaan buruk itu jauh lebih mudah dan lebih cepat dari yang anda duga. Jika anda merokok, berhenti merokok selama 2 bulan bisa menambah umur 1 tahun ke dalam umur biologis Anda. Berhenti 5 bulan menambah 2 tahun dan begitu seterusnya.

 

10.Orang-Orang yang Anda Temui

Kali berikutnya, jika melihat seseorang dilingkungan tempat tinggal yang tak pernah Anda ajak bicara sebelumnya, berhentilah dan sapa dia. Memasukan orang-orang baru kedalam hidup Anda, kendatipun tidak menjadi sahabat terbaik Anda, bisa mendatangkan pengalaman dan ide-ide baru.

Selain menyenangkan, anda juga tak pernah tahu siapa yang akan membantu Anda di masa depan. Ganti rutinitas Anda, kerjakan tugas mingguan anda pada ari jumat ketimbang hari sabtu. Atau ikuti kursus dan bertemu dengan wajah-wajah baru. Lalu, nikmatilah perjalanan Anda kemanapun Arahnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *