Cara Menciptakan Peluang Usaha Dalam 5 Langkah Praktis

cara menciptakan peluang usaha

Salah satu hukum dasar daalam hidup adalah selalu ada “peluang” untuk orang-orang yang mengenali dan mengejarnya. Namun hanya mereka yang beruntunglah yang kelak berhasil menangkap peluang itu kemudian mengkonversinya menjadi sebuah hasil.

Agar bisa menjaring peluang, diperlukan strategi, konsistensi dalam passion, dan berkomitmen pada bidang yang Anda geluti.

Teguh pada pendirian dan tetap pada rencana, maka Anda akan memperoleh imbalan dalam menemukan pekerjaan atau peluang bisnis. Berikut sejumlah tips untuk menciptakan peluang usaha berdasarkan pasar, yang mudah-mudahan cocok banget buat agan semua cek selengkapnya.

 

Langkah 1.Kenali Situasi yang Berhubungan dengan Minat dan Keahlian Anda

Langkah awal untuk mengambil sebuah peluang adalah bisa mengenali dan mengejar peluang yang belum dikembangkan sepenuhnya dan atau yang sedang ngetred. Pada saat mengenali kebutuhan itu, pelajari secara objektif dari berbagai sudut dan tentu perlu kreatifitas tentang bagaimana cara memenuhi kebutuhan tersebut.

Strategi ini juga berlaku bagi seorang entrepreneur atau orang-orang yang berada di lingkaran tenaga kerja. Mungkin Anda memiliki ide tentang cara mengerjakan sesuatu yang dengan lebih baik, lebih cepat, lebih murah dan lebih berkualitas. Atau mungkin Anda memiliki ide baru dalam hal pelayanan atau service.

 

Langkah 2.Jadilah Seorang Pionir

Pastikan juga peluang tersebut tetap berhimpitan dengan apa yang Anda kerjakan dengan baik dan tentunya passion Anda. Saat Anda menemukan peluang itu,pastikan Anda mengetahuinya lebih banyak dibandingkan orang lain atau rekan kerja Anda yang berada pada bidang tersebut.

Kemudian, rancang strategi untuk membuat Anda tampak berbeda dari orang lain dan peroleh perhatian. Selanjutnya, kembangkan, promosikan, dan buat forum diskusi di website forum, blog atau sebuah grup di sosmed tentang bidang yang Anda ahli melakukannya.

Buat artikel, kirim ke majalah, koran, website terkait, dan kirim juga ke email newsletter Anda. Tulis buku, lalu terbitkan sendiri . tampil jadi pembicara serta perluas ruang lingkup pengaruh pada area Anda. Jika perlu jadilah mentor atau coach atau diwawancarai serta dimintai pendapat.

Tujuan semuanya adalah untuk memperdalam wawasan serta pengetahuan dan menyebarkannya kepada Dunia. Jika Anda mampu melakukannya secara efektif, anda akan sangat dikenal apapun bidang yang Anda geluti.

Berikutnya, Anda bisa saja menjadi orang yang sering didatangi untuk meminta informasi. Dengan begitu, Anda akan menjadi istimewa. Sekarang Anda bukan lagi satu diantara banyak orang melainkan satu diantara sedikit orang yang ahli.

 

Langkah 3.Berani Memberi jika Ingin “Menerima”

Memberi merupakan salah satu cara terbaik untuk maju. Anda akan memeproleh kekuatan ganda bila yang Anda berikan terkait langsung dengan keahlian Anda. Caranya mungkin dengan menulis atau membagikan artikel/ebook secara gratis, atau mungkin jadi seorang relawan dalam event industri.

Dengan begitu, Anda akan memperoleh makna untuk kemajuan bidang yang Anda kuasai dan anda akan semakin dikenal banyak pihak.

Tetapkan pula target hasil yang akan anda terima. Mungkin tujaun Anda atau mungkin memperoleh pekerjaan atau bahkan menggabungkan pekerjaan dengan minat Anda? Atau mungkin menjadi orang yang terkenal?

Tentu saja Anda harus menetapkan tujuan utama, akan tetapi usahakan anda bersikap terbuka dan konsekuen untuk hal yang tak terduga. Saat Anda berusaha dengan keras meraih sesuatu, hidup memiliki cara yang indah dalam memberikan peluang kepada Anda bahkan untuk peluang yang tidak Anda duga sebelumnya.

Artikel lainnya: Tips Mengkonversi Hobi menjadi Peluang Bisnis yang menguntungkan.

 

Langkah 4.Kembangkan dan Eksekusi Rencana Anda

Mungkin Anda akan mulai bertanya, bagaimana cara menangkap peluang ini? Anda tak bisa dan tidak harus melakukan segalanya dalam satu waktu. Karenanya, pilih strategi dan taktik, kemudian buat rencana untuk action.

Ini mungkin terdengar sangat sederhana, akan tetapi bagian ini paling penting dalam proses ini, yaitu soal eksekusi rencana.

cara menciptakan peluang usaha

Langkah 5. Identifikasi Hal-Hal yang Diperlukan dalam Mendatangkan Peluang

Dari uraian diatas, saya harap Anda sudah memiliki gambaran tentang peluang usaha/pekerkaan/profesi dan bagaimana menciptakannya. Berikut beberapa hal yang bisa Anda identifikasi dalam menciptakan sebuah peluang bagi diri sendiri, diantaranya:

  1. Sebauh “Kerangka Perpikir” yang tepat: Anda bisa menciptakan peluang jika Anda yang mengendalikan karir Anda bukan sebaliknya.
  2. Diperlukan Semangat petualang dalam menciptakan peluang
  3. Mengenal diri sendiri: Anda perlu mengetahui tentang nilai-nilai, berbagai keterampilan, kekuatan, dan kelemahan serta apa yang sangat Anda minati. Kini waktunya mencetak sesuatu yang sesuai dengan Anda ketimbang membentuk diri anda agar sesuai dengan pekerjaan Anda. Lebih lanjut, Anda bisa baca DISINI.
  4. Dibutuhkan ide dan imajinasi yang kreatif.
  5. Pengetahuan dan Keterampilan: masih dalam bidang keahlian Anda, namun Anda juga perlu meraih keterampilan untuk mempromosikan diri sendiri.
  6. Kemampuan dalam menganalisa peluang dan mengambil keputusan yang tepat.
  7. Diperlukan langkah yang penuh semangat dan inisiatif.
  8. Keberanian dalam bertindak.
  9. Ketabahan: jarang sekali pilihan yang langsung berhasil, akan tetapi And bertekad untuk tidka meninggalkan semangat bertindak Anda.
  10. Bersikap fleksibel: Saat mengambil inisiatif, bisa saja terjadi hal-hal yang baik,namun tidak menutup peluang untuk sesuatu yang diluar rencana. Bersikap fleksibel itu penting dalam hidup, terutama dalam hal-hal yang Anda temukan dalam hidup. Mungkin Anda akan terkejut melihat hasilnya kelak, karena diluar dugaan Anda.

Nah, demikianlah beberapa hal yang bisa penulis sampaikan tentang langkah-langkah dalam menelorkan peluang usaha berdasarkan pengamatan pasar, sisanya terserah Anda. Jika anda ingin tmpil beda dari jutaan orang didunia ini, berlatihlah dan praktek secara rutin.

Selamat Mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *