Cara Menenangkan Hati dan Pikiran agar Anda Terbebas dari BT dan BM

cara menenangkan hati dan pikiran

Dalam kehidupan sehari-hari, baik dilingkungan kerja maupun di sekitar lingkungan pergaulan dengan teman, kita sering mendengar kata BT atau BM. BT untuk Bad Temper dan BM adalah singkatan dari Bad Mood.

Tentu anda bisa membayangkan ketika Anda berada dalam kondisi BT atau BM. Biasanya mudah tersinggung, emosian, mudah sekali marah dan tidak ingin melakukan apapun. Sayangnya itu terlihat sangat buruk bagi Anda, ya tentu saja.

Tetapi Anda tidak perlu khawatir, karena artikel ini akan mengungkap cara menenangkan hati dan pikiran untuk menghilangkan BT dan BM yang mungkin kapan saja bisa menghampiri Anda.

 

Ungkap Perasaan Anda

Caranya, Anda bisa bertanya pada diri sendiri, berikut beberapa pertanyaan penting untuk mengungkap apa yang salah dengan sikap Anda:

 

1.Apa yang membuat saya marah?

Terkadang Anda tidak tahu kenapa Anda bisa marah dan sedih. Pikirkan apa yang terjadi sebelumnya pada hari ini atau minggun ini, begitu saran seorang penulis bernama Larina Kase dalam bukunya yang berjudul Anxious 9 to 5: How to Beat Wory, Sto Second Guessing Yourself and Work with Confdence.

Teruslah berpikir kebelakang hingga Anda menemukan hal-hal yang paling membuat Anda sedih atau marah. Cara ini dipercaya sangat ampuh untuk membantu Anda mengatasi masalah terselubung ketimbang hanya fokus pada hal terakhir yang membuat Anda BM (Bad Mood).

 

2.Apakah saya sedang mencoba menghindari sesuatu?

Faktanya, jauh lebih mudah menyalahkan jalanan yang macet sebagai penyebab BM ketimbang hubungan cinta Anda yang macet dan mampet. Jika Anda belum sampai pada akar permasalahan, bertanyalah pada diri sendiri, apakah ada sesuatu hal penting yang ingin Anda hadapi?

Apakah ada seseorang, mungkin pacar baru atau sahabat Anda, dimana Anda sangat ragu menunjukan kemarahan Anda?

Apakah ada masalah yang sudah berlarut-larut Anda hadapi akan tetapi belum terselesaikan juga?

Anda cukup mengakui ada masalah besar yang belum selesai sebenarnya bisa membuat Anda sangat lega, beneran.

Artikel lain: Cara Menjadi Orang yang Sabar dan Tidak Pemarah.

 

3.Apakah masalahnya lebih dari satu?

Misalnya begini, Anda baru saja bertengkar hebat dengan adik atau kakak Anda. Mungkin hal ini disebabkan oleh masalah yang sebenarnya sangat sepele: Anda bertengkar dan sekarang Anda jadi marah.

Akan tetapi pertengkaran itu mungkin disebabkan oleh masalah yang sedang Anda hadapi ditempat kerja atau mungkin penyebab lainnya, misanya ayah atau ibu sedang sakit.

Dalam hal ini, Anda mungkin bisa saja marah atau sedih, atau merasa putus asa. Memiliki dan menghadapi berbagai emosi yang menumpuk itu sangat lumrah.

Jika Anda memiliki dua atau lebih masalah yang membuat Anda bersedih, coba selesaikan satu demi satu, sehingga Anda lebih tenang.

 

Tenangkan Diri Anda

Mulailah untuk menarik nafas dalam-dalam sebanyak beberapa kali untuk mengendalikan emosi Anda. Kemudian pilih salah satu atau lebih teknik atau cara berikut untuk membantu Anda dalam menjernihkan pikiran.

 

1.Fokus pada Pernafasan

Tarik nafas dalam sebanyak 10 kali. Pernafasan dapat membantu Anda memulihkan keseimbangan antara sistem saraf parasympathetic (atau restoratif) dan saraf sympathetic (lari atau lawan), untuk melindungi reaksi alamiah tubuh terhadap situasi yang membuat Anda stres, seperti yang dijelaskan oleh Brian Knutson, seorang asisten Profesor psikologi dan Neuroscience di Stanford University.

 

2.Buat diagram lingkaran

Buat lingkaran dan irisan-irisan pie untuk melambangkan semua yang yang berpikir, bahkan hal-hal sepele seperti hujan yang tak kunjung reda diluar. Tindakan akan menampikan kerisauan Anda secara visual menjelaskan beberapa hal, sehingga membuat masalah lebih mudah untuk dikenali dan akhirnya mudah diselesaikan.

 

3.Cari tempat yang Hening

Idealnya pergi kesuatu tempat dimana Anda memilki privacy untuk menutup simulasi otak, enurut seorang ahli psikologi kognitif Pierce Howard dalam bukunyaThe Owner’s Manual of the Brain.

Jika berada di kantor atau restoran, ia meyarakan untuk kekamar mandi dan berada disana untuk beberapa menit sendiri. Jika Anda dirumah, masuk ke kamar tidur atau tempat yang terasa menyenangkan.

 

4.Alihkan Perhatian Anda

Saatnya Anda ngeluarin selera humor Anda atau baca situs lucu, bermain dengan hewan peliharaan, melipat cucian kering, atau mencuci piring selama beberapa menit. Pengalihan perhatian dapat membuat pikiran dan emosi lebih tenang.

Karena otak terus memproses masalah bahkan ketika anda tidak memikirkannya secara sadar, Anda akan lebih bisa mengatasi masalah yang sedang Anda hadapi setelah Anda kembali fresh.

 

5.Berolahraga

Jika memungkinkan, berjalan cepat (lari kecil) diluar ruangan atau melakukan gerakan yoga. Aktif bergerak selama 10 menit dan beraktivitas yang mengalihkan perhatian, kita bisa terus memikirkan sesuatu dan membangkitkan semangat, begitu menurut Susan Nolen-Hoeksema, seorang profesor psikologi Yale University yang juga penulis buku Eating, Drinking, Overthinking. Aktivitas ini diyakini bisa membuat Anda berpikir jernih.

 

6.Luapkan Unek-unek

Coba hubungi teman Anda yang penyabar. Pastikan untuk memberitahu, Anda tidak mencoba untuk mengatasi apapun, anda hanya perlu pendengar. Membicarakan masalah yang sedang Anda hadapi membuatnya tampak bisa diatasi. Akan tetapi, setelah Anda selesai mengeluarkan unek-unek, sangat disarankan untuk melepaskannya kembali.

Baca juga: Cara Ampuh Menghilangkan Rasa Cemas dan Takut Berlebihan.

 

Ciptakan Strategi untuk Menyelesaikan Masalah Anda

Beberapa tips berikut bisa membantu Anda untuk mengatasi situasi yang mengakibatkan Anda BM dan BT. Jika perlu coba untuk melakukan ketiganya. Jika Anda masih merasa BT juga, coba pertimbangkan untuk pergi kepada seorang ahli terapis.

 

1.Konsultasi kepada seseorang yang dapat menyelesaikan masalah

Banyak orang sering berpikir bahwa mereka harus menangani masalah mereka sendiri dan tak ingin membenani orang lain. Mendiskusikan hal-hal yang bisa Anda lakukan untuk merasa lebih baik dan mengetahui cara menyelesaikannya.

 

2.Buat Daftar yang bisa Membuat Anda senang

Jika Anda ingin berhenti merasa cemas, buat daftar yang terdiri dari hal-hal yang bisa membuat Anda merasa lebih senang, misalnya mengirim bunga kepada suami, menelpon dokter ayah untuk mendiskusikan perkembangannya atau mungkin ngegym  saat makan siang.

Daftar yang Anda buat memaksa Anda untuk menata kerisauan Anda dan membantu bergerak ke dalam situasi untuk menyelesaikan masalah. Buat penomoran masalah berdasarkan urutan yang ingin Anda selesaikan.

 

3.Visualisasikan apa yang menurut Anda ideal

Luangkan waktu selama beberapa menit untuk memjamkan mata dan membayangkan apa yang Anda inginkan saat ini, seakan itu akan benar terjadi. Teknik visualisasi ini pada dasarnya adalah bentuk latihan.

Misalnya, sesudah Anda dan adik/kakak bertengkar,bayangkan anda berdua makan malam bersama direstoran favorit. Kenangan akan pertengkaran dengan saudara Anda akan diganti dengan gambaran positif harmoni dan kegembiraan.

Nah, barusan Anda telah membaca artikel tentang cara menenangkan hati dan pikiran, semua itu bisa Anda lakukan dalam 15 menit jadi gak perlu berlama-lama juga kan. Sekarang segera setelah Anda membaca semuanya, latihan dan praktekan apa yang baru saja Anda baca.

Selamat mecoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *