5 Cara Mengatasi Masalah Pribadi agar Keluar dari Situasi Sulit

cara mengatasi masalah pribadi

Setiap orang pasti pernah dihadapkan pada masalah, tantangan dan situasi sulit yang sangat menantang. Dan pada saat menghadapi hal tersebut, mungkin sebagian dari kita akan bertanya-tanya, bagaimana cara mengatasinya atau bagaimana cara keluar dari kesulitan ini.

Terkadang, emosi negatif dan situasi ini membuat kita kewalahan dan tampak sulit untuk menemukan solusi.

Untungnya situasi sulit yang kita hadapi dalam hidup sering kali mendatangkan peluang yang lebih besar untuk pertumbuhan pribadi.

Kendatipun jawaban tentang pertanyaan bagaimana cara mengatasi masalah pribadi tidak selalu sederhana atau mudah. Melihat secara jujur situasi ini, meraskan emosi yang ditimbulkannya, dan mencari jawaban-jawabannya didalam diri sendiri, seringkali memberikan hasil yang positif.

Setiap situasi itu berbeda serta memiliki karakteristik masing-masing, dan mungkin perlu respon yang berbeda, akan tetapi cara dasar mengatasi tantangan bisa diterapkan dalam berbagai situasi.

Berikut ulasan tentang cara mengatasi masalah pribadi dan tantangan yang selalu saja datang menghampiri kita, baca selengkapnya.

 

1.Tetap Tenang

Saat menghadapi situasi sulit, pertama-tama tenangkan respons stres tubuh Anda. Gunakan teknik meredakan stres untuk membantu mengatasi mekanisme lawan atau lari dari tubuh ketika stres.

Jika anda benar-benar dalam bahaya fisik, respon stres ini dapat membantu anda untuk menyelematkan diri.

Jika ancaman yang anda hadapi lebih bersifat psikologi atau yang tak bisa diatasi secara fisik, pemicu stres bisa membuat anda lelah dan lebih reaktif secara emosional. Selain itu, anda juga lebih rentan terhadap serangan penyakit.

 

2.Cara Mengatasi: Rasakan Perasaan Anda

Emosi negatif seperti ansietas, kesepian, dan kemarahan tidak menyenangkan, tetapi berguna karena memberitahu kita situasi kita dan mengilhami kita untuk mengambil tindakan didalam hidup kita.

Terkadang emosi dan perasaan-perasaan ini bisa sangat kuat hingga tak tertahankan, atau sangat tidak menyenangkan, hingga kita tidak tahu bagaimana cara mengatasinya, dan menggunakan perilaku-perilaku tak sehat untuk menghindari perasaan tersebut.

Untungnya, jika anda bisa duduk bersama dengannya, benar-benar merasakannya, dan bahkan menyadari mereka muncul dibagian tubuh yang mana (sesak di dada, sakit ditenggorokan, sakit kepala), kita akan bisa lebih cepat melepaskannya.

Yang terpenting adalah, kenali apa yang anda rasakan dan sadari mengapa merasa seperti itu (apa faktor penyebabnya).

Cara ini diyakini bisa membantu anda mengetahui bidang dar hidup anda yang perlu aksi, sehingga Anda bisa mendapatkan gambaran yang jelas tentang apa yang perlu diubah.

 

3.Proses Perasaan-Perasaan Anda

Ini tak kalah pentingnya, tuangkan perasaan-perasaan anda dikertas. Banyak orang merasa cara ini sangat membantu.

Bagi yang bertanya-tanya bagaimana cara mengatasi emosi yang membuat stres, memproses emosi didalam jurnal dengan menuliskan apa yang anda rasakan dan mengapa, dan lalu brainstorming solusi-solusinya menunjukan banyak manfaat kesehatannya.

Mungkin karena proses menulis jurnal dengan cara ini membantu melepaskan emosi negatif membuat merasa kuat dan dapat membantu kita memikirkan cara-cara untuk mengatasi stres secara efisien.

Bukannya meredam perasaan negatif tetapi mengenali apa perasaan anda dan darimana asalnya, dan menyelesaikan masalah-masalah itu dengan solusi yang bisa dijalankan.

Begitu anda bisa menenangkan tubuh anda dan mengatasi emosi-emosi anda, memproses semuanya diatas kertas benar-benar bisa membantu. Tetapi ketika memproses perasaan-perasaan anda, anda mungkin menjadi lebih pesimis tentang hal-hal tertentu.

Pandangan anda tentang hidup anda mungkin akan lebih negatif dibanding biasanya. Makanya penting untuk menyadari pikiran-pikiran pesimistis dan distorsi-distorsi kognitif dan berusaha memandang segala sesuatu dengan cara yang lebih positif sebelum memikirkan solusi.

 

4.Buat Perubahan Positif

Sesudah tenang, anda tahu apa yang anda rasakan dan mengapa, buat rencana perubahan yang akan anda lakukan, dan laksanakan ketika muncul peluang. Pada dasarnya, emosi kuat yang muncul bersama situasi yang membuat anda stres ini dapat mengilhami kita untuk megnambil tindakan dan belajar mengatasi tantangan yang kita hadapi.

Setelah menganalisa situasi dan perasaan Anda, ambil langkah-langkah bijak kearah perubahan positif. Bahkan, perubahan sekecil apapun bisa mendatangkan hasil yang bermakna.

Contoh, jika anda stres ketika mencari pekerjaan baru, gunakan waktu selama 30 menit untuk networking atau mencari di internet bida membantu anda lebih berdaya dibanding 30 menit dilumpuhkan stres, takut, dan putus asa.

Bergerak kearah yang tepat, kendatipun pelan dapat membantu kita meringankan sebagian perasaan anda ditengah situasi sulit.

Sesudah mengambil langkah-langkah, atau tidak ada yang bisa langsung anda kerjakan, lakukan aktivitas yang bisa mengalihkan pikiran anda dari masalah yang membuat anda susah.

Anda sudah mengatasi masalah itu sebanyak yang bisa anda lakukan dan saatnya untuk bergerak kedepan. Jangan merenungkannya, OK?

Jalan-jalan dengan teman, nonton film lucu, lakukan sesuatu yang baik kepada orang lain, main dengan kucing atau anjing, dan alihkan pikiran dari situasi ini.

 

5.Cari Dukungan yang Diperlukan

Mendapat dukungan dari teman memberi banyak manfaat kesehatan, dan mengelola stres. Memanfaatkan dukungan sosial menjadi bagian yang efektif dari strategi anda tentang mengatasi hidup Anda.

Jalin persahabatan yang mendukung, yang bukan hanya mendengarkan secara baik, tetapi juga komunikasi yang baik dan saran yang baik pula.

Kembangkan hubungan persahabatan yang memberi telinga yang supportive ketika anda merasa kesepian. Beberapa saran bijak ketika anda bingung tentang apa yang harus dilakukan. Pendapat yang jujur untuk membantu Anda melihat sesuatu yang sulit dilihat. Mungkin seseorang bisa membantu Anda merasa senang dan mengalihkan pikiran-pikiran dari hal-hal yang membuat Anda stres.

Jika anda sudah mencoba cara diatas dan masih perlu dukungan, sebaiknya minta bantuan dari mereka yang profesional.

Nah, itulah 5 cara mengatasi masalah pribadi agar keluar dari situasi sulit. Mudah-mudahan menjadi dasar bagi Anda untuk mengambil sebuah langkah positif dalam pertumbuhan. Aplikasikan tips diatas dengan konsisten ketika Anda diterpa badai masalah. Tak perlu lari dari masalah melainkan berdiri tegar dan menemukan solusi yang tepat.

Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *