5 Langkah Konkret Menggapai Impian Dalam Hidup

Apa impian
dan cita-cita Anda saat ini, Apakah Anda ingin sukses dalam bisnis atau karir?
Bagaimana
cara Anda menggapai impian Anda tersebut?
Kapan waktu
yang tepat bagi Anda untuk mewujudkan impian tersebut?
Sudahkah
Anda menuliskannya, bagaimana tingkat keberhasilannya?
Mungkin
itulah sekelumit pertanyaan yang tersirat dalam benak Anda, atau bisa saja
lebih dari apa yang bisa saya tuliskan diatas. Bisa jadi, bisa jadi!
Dalam kondisi apapun, tidakan
yang dilakukan tergesa-gesa sering berdampak negatif dan tidak mengenakan. Itulah
sebabnya kenapa orang tua kita sering mengingatkan agar tidak terburu-buru pada
waktu berangkat ke sekolah atau berpergian kemanapun.
Dan sepertinya ketika beranjak
dewasa,kita semakin menyadari bahwa semua hal itu bermuara pada persiapan,
bahasa inteleknya Planning.
Pada saat kita udah mulai bisa
mikirin rencana, kita dihadapkan pada satu sindrom yaitu gagal fokus untuk
action, jadi kebanyakan mikir dong. Menunggu mental udah siap baru memulai
sesuatu, ujung-ujungnya gak siap-siap, ehh malah rencana hanya tinggal rencana.
Ujung-ujungnya dibilang OMDO
ataua NATO atau apalah istilahnya.
Padahal tujuan planning itu
bagus, supaya kita memiliki sasaran yang jelas, terukur, realistis, dan tidak
mengada-ada. Satu lagi, supaya kita gak terburu-buru pada saat waktunya sudah
hampir tiba.
Oke, sebenanrya sih gak ada
rahasia dibalik kesuksesan seseorang, yang ada hanya tekad (kemauan keras),
usaha yang gigih (pantang menyerah), kemampuan untuk bangkit dari kegagalan,
percaya diri dan terus belajar agar semakin berkembang.
Jadi ceritanya hari ini kita
akan bercerita sedikit lebih serius, sambil ditemani secangkir kopi yang
hangat, cukuplah buat ngencerin otak yang beku akibat cuaca dingin.
Dari pengamatan pribadi
penulis, agar bisa fokus kita kudu memasukan batu besar, kerikil dan pasir
sesuai urutan kedalam sebuah wadah. Untuk lebih jelas, mari kita sama-sama
membongkar apa yang seharusnya kita bongkar!

1.Mikir Dulu Baru
Action

cara Menggapai Impian
image by blog wayahengopi
 
Iya, lebih serius soal
pentingnya membuat rencana bahkan dalam melakukan hal sekecil apapun. Kalo gak
mau dibilang bikin rencana, mungkin lebih tepatnya mikir dulu sebelum bertindak.
Dalam ruang lingkup yang kecil
sekalipun kita juga perlu mikir (bukan kebanyakan mikir lo ya). Misalnya
memilih tujuan berlibur diakhir pekan bersama keluarga, kalau gak pake mikir
bisa-bisa nyasar, dari rumah bilangnya mau makan, pas dijalan malah nyasar ke
toko buku.
Masih mending nyasar ke toko
buku, karena gak fokus jadi nyasarnya ke got kan jadi tambah repot.
Dalam ruang lingkup yang besar
seperti membuat keputusan tentang masa depan, misalnya ambil jurusan kuliah.
Kamu minatnya sama bisnis, ambil jurusan dokter gigi hanya karena ingin
nyenengin ortu, pas lulus dokter gigi bukanya buka praktek malah sibuk urusin
bisnis sama konco-konco, apa kata dunia?

2.Dimulai Dari Dalam
Diri

cara Menggapai Impian
Image by Pixabay.com
 
Tekad kuat dan usaha pantang
menyerah tidak datang dari orang lain, motivator atau guru/dosen mu, semuanya
bermula dari dalam diri kamu.
Orang lain hanya pemicu, bahan
bakar utama itu berasal dari dalam hati kita. Jika hati kita isinya bersih maka
yang keluar dari pikiran juga ikut jernih, tindakan positif dan hasilnya jadi positif.
Tentu gak semudah kata-kata
yang kita ucapkan, sekali lagi ini soal ramuan tekad yang kuat, usaha pantang
menyerah, PD dan mau belajar.
Yang paling mudah sebenarnya
praktek, apa yang saya tuliskankan disini mungkin hanya sekedar teori sisanya
tergantung dari usaha dan kerja keras Anda akan sangat menentukan hasilnya.
Jika Anda memiliki totalitas
dalam berusaha meraih mimpi, hasilnya juga pasti kelihatan mungkin tidak
sekarang, bisa jadi bulan depan atau tahun depan.

3.Percaya pada
Kemampuan Diri

cara Menggapai Impian
Image by Google
 
Salah satu bentuk percaya akan
kemampuan diri adalah menghargai apa yang kita miliki entah itu kelebihan atau
kekurangan. Perpaduan antara kekurangan & kelebihan berperan aktif dalam
pembentukan mental seseorang.
Dibalik kekurangan, ada
kelebihan dalam diri seseorang untuk menutupinya, itulah keadilan.
Misalnya kamu orang yang pelupa
(kekurangan), pasti tersimpan kekuatan mungkin saja soal kecepatan (kelebihan),
mudah menerima masukan.
Jadi yakinlah akan kemampuan
diri sendiri agar impian kamu bisa terwujud. Kalau kamu punya mimpi jadi
seorang penulis, mulailah berlatih keras menulis dari sekarang agar insting
menulis mu semakin tumbuh dan berkembang.

4.Selalu
Bers
ikap
Positif
& Proaktif

 
cara Menggapai Impian
image by google image
Tidak banyak orang yang bisa
menerima kegagalan dengan hati terbuka, saya pun demikian. Saya juga pernah
mengalami kegagalan, dipecat jadi manajer cabang karena kelalaian diri sendiri,
untungnya sejak saat itu saya banyak belajar hal-hal baru salah satunya
ngeblog, menulis dan internet marketing.
Meskipun hasil yang saya dapat
tidak sebesar tunjangan seorang manajer, namun kemampuan dan pengetahuan saya
terus berkembang dari tahun ketahun, itulah bekal saya.
Tuhan pasti punya rencana yang
lebih indah, ada makna dibalik setiap kejadian, kuncinya hanya satu: bisa nggak
kita ambil makna dari kejadian itu?

5.Usaha
& Doa

cara Menggapai Impian
image by freedigitalphotos.net
 
Dalam usaha
Anda menggapai impian, tentu ada doa entah itu dari istri, orang tua atau dari
Anda sendiri yang mengiringi setiap langkah Anda. Untuk itulah kalimat ORA ET
LABORA (BEKERJA SAMBIL BERDOA) layak untuk kita benamkan dalam sanubari kita yang
paling dalam.
Usaha
tanpa doa adalah kesombongan sedangkan doa tanpa usaha adalah kemustahilan, begitu
nasehat bijak untuk mengingatkan kita. Dalam kehidupan manusia tentu ada turut
campur doa dan usaha mengiringi, begitupun dalam menggapai impian.
Mungkin
Anda mulai jenuh membaca kelima hal diatas, yang ternyata bukan rahasia
sehingga Anda mulai protes kepada saya. Nyatanya Anda juga sudah melakukan
semuanya selama ini, namun hasilnya belum tampak sedikitpun.
Ingat men,
ini soal mental. Meskipun secara realita hal ini belum terjadi, namun secara mental
hal ini sudah terjadi pada diri Anda. Dengan begitu keyakinan dalam diri Anda
semakin bertambah.
Apapun yang
saya ungkapkan disini tentu bukan sesuatu yang bisa menjamin kesuksesan Anda
karena kuncinya ada di dalam diri Anda.
Jadi jika
Impian Anda saat ini belum tercapai jangan salahkan bos, teman Anda, apalagi
menyalahkan nasib Anda, salahkan diri Anda sendiri.
Selamat
berjuang menggapai impian!
Sumber utama:

 

  1. http://id.wikihow.com/Mewujudkan-Impian
  2. Buku
    Secret Behind The Secret

2 Replies to “5 Langkah Konkret Menggapai Impian Dalam Hidup”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *