Cara Menggunakan Mata Yang Baik dan Benar

Cara Menggunakan Mata Yang Baik dan Benar – Mata
merupakan satu dari lima indra yang vital dan dimiliki oleh manusia normal pada
umumnya. Mata adalah indra penglihatan, dan Tuhan yang Maha adil telah memberikan
dua Mata kepada Manusia. Tujuannya adalah agar kita menggunakan kedua mata
tersebut untuk melihat segala sesuatu untuk selanjutnya diteruskan ke bagian
yang memproses informasi yaitu Otak.
Kebanyakan
dari kita sudah menggunakan kedua mata untuk melihat, namun ada juga yang
menggunakan satu matanya untuk melihat yaitu ketika membidik sesuatu agar
sasarannya tepat. Coba Anda perhatikan, seorang yang sedang membidik, bukankah
dia hanya menggunakan satu mata lalu mata yang satunya di tutup, tentu
tujuannya agar sasarannya menjadi tertarget.
Sebagai
seorang yang Bijak, baik dalam menjadi pemimpin diri sendiri dan keluarga,
menjadi pimpinan di tempat Anda bekerja, maupun menjadi pemimpin dibidang
apapun, hendaknya kita menggunakan kedua mata untuk melihat, agar semuanya
terlihat dengan jelas dan tidak sedang membidik sesuatu saja.
Cara Menggunakan Mata

Jika kita
hanya menggunakan satu mata untuk melihat, itu tandanya kita sedang membidik
sasaran, atau dengan kata lain ada sesuatu yang sedang di incar untuk dijadikan
sasaran. Kalau sudah seperti ini, kita jadi sulit untuk membedakan mana yang
layak dan mana yang tidak layak untuk dijadikan sasaran.

Berikut
ini adalah Cara Menggunakan Mata Yang Baik dan Benar:
  • Buka kedua mata, lalu
    pandanglah sejauh yang Anda mampu jangkau dengan pandangan Anda.
     

Semua
orang yang memiliki mata terkadang dapat dikalahkan orang yang tidak memiliki
mata sama sekali, mengapa bisa demikian? Jawabannya sederhana, karena yang
tidak memiliki mata, menggunakan perasaan dan mata hatinya untuk melihat dan
merasakan melalui getaran atau vibrasi. Vibrasi yang tinggi dan kuat, itulah
sebuah kebenaran. 

Untuk
melihat persoalan yang sedang dihadapi, hendaknya kita menggunakan kedua mata,
agar kita bisa melihat berbagai sisi dan sudut pandang yang sesuai. Bida kita
hanya melihat dari satu sudut pandan, dan hanya satu sisi maka kebanyakan dari
kita tidak akan menemukan sesuatu yang lebih indah.

  • Bila kedua mata Anda sudah
    tidak berfungsi dengan baik (misalnya rabun jauh) maka gunakanlah alat
    bantu seperti kaca mata.
     

Cara
kedua ini digunakan bila kedua mata yang kita miliki tidak berfungsi dengan
baik alias mengalami gangguan. Cara ini yang paling lazim digunakan, dengan
alat bantu ini kita dapat melihat dengan jelas, focus mata kita jelas melihat segala
sesuatunya. 

Ini
sama artinya bahwa kita juga membutuhkan orang lain dalam kehidupan kita, kita
tidak bisa lepas dari orang lain. Sebagai mahluk social, manusia selalu hidup
berdampingan dengan sesama. 

Bayangkan
apa yang akan terjadi bila kita hidup sendiri tanpa orang lain? Sudah bisa
dipastikan bahwa kita akan mengalami kesulitan. Tuhan menciptakan manusia dan
segala isinya selalu berpasang-pasangan (laki-laki & perempuan, jantan &
betina, putik & benang sari)

  • Bila cara pertama dan
    kedua masih tidak berhasil, gunakanlah alat bantu lain seperti teropong
    untuk melihat dari kejauhanan. 

Cara ini
boleh di bilang cara yang moderat, artinya alat bantu yang digunakan untuk melihat dari kejauhan. Mata manusia pada umumnya dapat melihat jarak pandang paling
jauh sekitar 500 meter, diatas jarak pandang tersebut jika kita paksakan, mata
akan terasa sakit.
Hal ini
menandakan bahwa manusia memiliki keterbatasan dalam berbagai hal, oleh karena
itu kita sering mendengar ungkapan β€œ Manusia Tidak Ada yang Sempurna / No Body
Is Perfect β€œ. Karena ketidak sempurnaan inilah, kita harus bersikap rendah hari
dan tidak sombong. 
Kita diwajibkan
untuk terus menerus belajar tiada henti, tidak ada batasan waktu untuk belajar,
bahkan sepanjang hidup kehidupan kita terus belajar untuk menjadi lebih baik.
  • Bila ketiga cara diatas
    juga tidak mampu membantu Anda untuk melihat, yang terakhir gunakan Mata
    Hati Anda untuk melihat.
     

Tidak
semua orang dapat menggunakan mata hatinya untuk melihat, dalam keadaan emosi,
kita cenderung tidak mampu untuk menggunakannya dan kita lebih dikendalikan
oleh perasaan negative. 

Penglihatan
Mata Hati memang selalu menuntun kita pada kebijaksanaan, semua organ didalam
tubuh kita akan turu terlibat didalamnya (pikiran, perasaan, getaran, sentuhan,
penglihatan, penciuman) turut menuntun kita dan mengarahkan kita pada kebaikan. 

Latihlah
mata hati Anda untuk melihat berbagai persoalan yang sedang Anda hadapi, bila
sudah terbiasa maka itu akan menjadi kekuatan maha dasyat yang tersimpan dalam tubuh
Anda.

Inilah 4
cara menggunakan Mata yang Baik untuk melihat sesuatu yang baik ataupun yang
tidak baik. 

Kesimpulannya:

Gunakanlah
kedua mata Anda untuk melihat Persoalan, dari situ Anda akan bisa melihat mana
yang benar/baik dan mana yang tidak. Jangan sekali-kali menggunakan satu mata
untuk melihat, karena itu sama halnya Anda sedang menjadi Bajak Laut (lihat dan
perhatikan bajak laut, selalu menggunakan penutup mata).
Libatkan
mata hati Anda untuk melihat persoalan, masalah serta apapun yang sedang Anda alami,
niscaya itu akan selalu menjauhkan Anda dari kata penyesalan.
Oke sobat
blogger, demikian sharing kali ini tentang CaraMenggunakan Mata Yang Baik dan Benar, semoga dengan membaca ini, kita semua
di ingatkan untuk lebih bijaksana dalam menggunakan mata.
Salam Inspirasi

44 Replies to “Cara Menggunakan Mata Yang Baik dan Benar”

  1. Renggo Starr

    Ini bisa menjadi filosofi ya, mas. Melihat sesuatu tidak hanya dengan kedua mata, tapi mata hati juga harus dilibatkan. Bersyukur aja sama yang Tuhan kasih. Menggunakan mata buat kebaikan.

    Kalo mata kaki bisa buat melihat apa ya, mas?

    • daniel

      Kalau mata kaki bisa untuk melihat tinggi banjit Mas renggo, orang2 kan sering mengabarkan bahwa tinggi bajir setinggi mata kaki, itu artinya mata kakinya yang melihat, itu aja mas renggo.

      Mengenai filosofi, saya ga bisa menjamin mas, karena masing2 kan berbeda pandangan terutama matanya…lagian saya juga bukan ahli di bidang filosofi.

      #UntukKalanganSendiri

    • daniel

      Benar bingit tu Mbak Dwiex'z, sekalipun dapat di cangkok (cangkok mata) tidak dapat menggantikannya untuk melihat.

      ada yang bilang Mata adalah jendela jiwa

    • daniel

      dari hati naik ke kepala menjadi pemikiran mas budi, hahahaha. Udah kayak pantun aja, balas membalas.

      Trims atas kunjungannya mas budi

  2. Ainnul Yaqin

    wahhh kebetulan nih kang mata saya agak kurang normal mungkin dikarenakan suka berlama lama menggunakan PC kayaknya harus pake kaca mata yah πŸ™‚

    • daniel

      ada kemungkinan rabun jauh, segera periksa ke dokter mata aja biar tahu pasti dan ga was2

    • daniel

      Terima kasih ats apresiasinya Mbak Susi, semoga menjadi permenungan bagi kita bersama

  3. Mbak Erna

    alhamdulillah penglihatan saya masih normal dan mata saya masih sehat

    • daniel

      wah beruntung sekali, kalau mata saya sekarang udah rabun jauh jadi selalu menggunakan kacamata dan menjadi ketergantungan, tapi yang penting mata hati tidak rabun kan?

    • daniel

      Ini foto resmi jadi ga di sarankan untuk menggunakan kacamata….

  4. Achmad Fazri

    Katanya supaya mata sehat harus melihat yang hijau hijau, itu benar apa hanya mitos ya…

    • daniel

      Menurut saya itu benar gan, saya dulu jarang bahkan tidak sama sekali melakukannya, hingga sekarang saya menggunakan kaca mata

  5. Ibrahim M.Pd.I

    satu lagi ni mas, gunakanlah kaca mata putih, sehingga kita bisa melihat mana yang berwarna hitam dan putih (Baik dan Buruk)

    • daniel

      Terima kasih udah mengingatkan Pak Ibrahim, saya hampir saja lupa.

  6. Suhendri Mr

    wess berat sekali maknanya posting mas daniel ini.. 2 mata yang Tuhan YME itu berikan agar manusia berfikir. 2 mata disini menurut saya antara mata secara indra dan juga mata secara rohani yaitu hati. kedua mata itu harus sama-sama digunakan tidak hanya salah satunya saja, karena kalau cuman salah satunya saja seperti yang mas dahiel katakan sedang "membidik" dan yang dibidiknya hanya dari sudut satu sisi saja dan, kita tidak bisa melakukan hal itu sebagai makhluk yang percaya tuhan. karena jika tidak potensi melupakan hal hal yang tidak terlihat sangat mungkin terjadi seperti "Nurani" (sok yes) haha

    • daniel

      Ga berat kok Mas Suhendri, yang ringn aja ni, soalnya ga sampe ilmu saya ke yg berat2 gitu…hahahaha,

      Thanks atas kunjungannya

    • daniel

      Terima kasih atas apresiasinya, Mas Danish.

      Semoga tambah rame blog nya

    • daniel

      Wah kalau cuci mata si bisa aja mas, di tempat saya ada tu tempat cuci mata yang bagus krn bahannya yang bening2 tu

    • daniel

      benar tu mas sucipto, nikmatnya itu tiada duanya….dan tak tergantikan

  7. Hary Wardiansyah

    Alhamdullah mata saya masih normal dan sehat2 saja kang Daniel . . Mata ialah indra penglihatan yang sangat berguna untuk kita bisa melihat indahnya kekayaan dialam semesta ini, bersyukurkan kita masih diberi penglihatan oleh Allah SWT . .

    • daniel

      iya mas hary, memang mata adalah jendela inspirasi. dari penglihatan bisa mncul ide atau inspirasi

  8. yanto cungkup

    menggunakan mata hati yg menurutku paling sulit mas.
    dibutuhkan kesabaran untuk melakukannya

    • daniel

      Sebenarnya tidak terlalu sulit juga kalau sudah di latih, mari kita sama2 melatih mata hati kita untuk berani berkata jujur, bukan begitu kang yanto?

  9. Aldino Sya

    ngaku deh Mas Daniel..!, apa sebenarnya inih.. jangan mata di bawa2 segala hehehe..

    intinya kita tidak harus memandang dari satu sisi saja ya Mas..!?,

    kata Mas Khoirun di atas,, jangan di jadiin mata keranjang..hehehe

    • daniel

      Iya ni Mas Aldino, Mas Khiirun memang ada2 aja tu…

      Sebenarnya sharing ini hanya bermaksud mengingatkan diri saya juga kok, supaya tidak melihat persoalan dari satu sisi saja

  10. Uda Awak

    Ternyata artikel ini sebuah filosofi tentang mata ya mas? Ya, fungsikanlah mata secara seimbang dalam melihat dan memandang sesuatu…hehehe..

    • daniel

      Sebenarnya tidak terlalu filosofis Uda, tergantung dari sudut mana kita menilai dan memandangnya….

    • daniel

      Kalau mau lihat ya di buka dulu dong mata hatinya Mbak lina….kan kalau ga di buka matanya merem namanya, gimana bisa lihat….

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *