Tips Cara Meningkatkan Daya Ingat dan Kinerja Otak Secara Alami

Untuk meningkatkan daya ingat, Anda dapat melakukan
berbagai cara alami. Misalnya berolahraga secara teratur dan mengkonsumsi
makanan sehat dan mengandung gizi seimbang.
Karena daya ingat yang baik sangat penting untuk kelangsungan
hidup kita, maka sudah sewajarnya kita mencurahkan perhatian kita. Pada dasarnya,
ini termasuk kebutuhan hidup yang tidak bisa diabaikan.
Nah, menjadi seorang pelupa (tulalit) memang tidak
mengenakan, terlebih untuk momen penting bersama pasangan. Apa jadinya coba
jika Anda sampai melupakan hari penting, tentu hal ini akan membuat segalanya
jadi berantakan.
Ada yang bilang sih pelupa itu bagian dari kodrat
manusia. Akan tetapi jika kadar lupa udah kebangetan tentu ini harus segera
diatasi secara tepat. Ada juga yang bilang kalau lupa itu awalnya tanpa
sengaja, seterusnya Anda bisa aja sengaja menunda.
Kemudian, lupa ini menjadi berulang ulang, sehingga pada
akhirnya jadilah kebiasaan. Nah, kamu semua nggak maukan pada tulalit, apalgi
masih anak muda, makanya jangan dibiasain menunda ya.
Nah, cara ampuh untuk mengatasi masalah lupa ini sebenarnya
gampang. Pertama tama kita harus tahu dulu penyebabnya, kemudian baru deh di
selesaikan secara bertahap.
Cara Meningkatkan Daya Ingat
Berikut ini ada beberapa hal yang dapat mengakibatkan
seseorang menjadi tulalit, antara lain:
  1. Karena kurang
    tidur, kurang tidur dapat menyebabkan
    kondisi tubuh kita menjadi
    kurang fit. Alhasil tubuh pun jadi  cepat lelah dan konsentrasi jauh berkurang. Disaat seperti ini, tulalit makin mengakar dalam
    pikiran, hingga akhirnya tidak terkendali. Baca: 7
    Tips Ampuh agar Tubuh Tetap Fit Meskipun Kurang Tidur
    .
Cara mengatasinya:
Istirahat yang teratur adalah jawaban atas masalah
diatas. Jika Anda sulit untuk tidur dimalam hari alangkah baiknya menghindari
aktivitas otak yang berlebihan agar tidak terlalu lelah.
  1. Pengaruh mengkonsumsi obat-obatan, mengkonsumsi
    obat-obatan secara berlebihan serta dalam jangka lama juga dapat menyebabkan daya
    kerja otak menurun. Zat adiktif
    yang terkandung dalam obat-obatan
    dapat merusak sel-sel otak manusia, alhasil terjadilah penuaan dini.
Cara Mengatasinya:
Jika daya ingat menurun karena kebanyakan mengkonsumsi
obat, maka solusi tepanya adalah menguranginya dan menggantinya dengan herbal
alami.
  1. Stres dan Depresi, stress
    membuat daya kerja otak
    tidak mampu berfungsi secara
    semestinya. Saat
    mengalami stress, otak akan mudah terasa lelah sehingga menjadi lebih tulalit. Ditambah lagi beban pekerjaan
    yang menumpuk dan pikiran pun menjadi
    tidak jernih.
Cara Mengatasinya:
Agar terhindar dari stres sebaiknya Anda rajin berolah
raga dan mengkonsumsi makanan sehat. Baca juga: 9
Cara Ampuh dan Terbukti untuk Mengatasi Stres
.
Untuk meningkatkan daya ingat, Anda dapat melakukan
beberapa aktivitas berikut secara rutin diantaranya:
Cara Meningkatkan Daya Ingat
  1. Belajar setiap waktu dan tiada henti
Belajar dari hal apapun, kepada siapapun dan belajarlah
terus menerus. Untuk memiliki daya ingat yang tinggi, cara terpenting adalah
dengan belajar terus menerus. Karena hanya dengan belajar kita menjadi semakin
tahu. Otak kita ibarat pisau, semakin sering digunakan maka harus semakin
sering diasah.
Banyak cara untuk belajar, misalnya kursus online,
belajar secara otodidak dari internet atau melalui pendidikan non formal,
seminar atau wordshop.
  1. Hubungan keluarga dan bersosialisasi
Memiliki keluarga yang harmonis serta bergaul dalam lingkungan
sosial yang baik akan semakin membuat kinerja otak kita ikut membaik. Perbanyak
hal positif dalam hubungan keluarga dan sosial dan hindari mengeluh yang terlalu
sering.
Kunci sukses hubungan keluarga adalah berpikir dan
bertindak positif dan menjauhkan diri kita dari kebencian. Setiap kali kita
berpikir negatif, ada puluha bahkan ratusan sel dalam otak yang ikut terputus
(mati), akibatnya kinerja otak makin menurun drastis.
  1. Belajar hal baru
Bila otak dipaksakan untuk hal yang monoton alias itu itu
aja, lambat laun kinerja otak akan semakin menurun. Sebaliknya banyak belajar
hal baru setiap harinya akan membuat otak semakin kreatif, daya ingat pun ikut
meningkat.
Contoh, jika Anda hobi mail basket, sesekali cobalah
mempelajari alat musik seperti gitar atau piano. Belajar bahasa baru juga
efektif untuk meningkatkan daya kerja otak.
  1. Melatih pikiran dengan games edukatif
Otak kita juga perlu dipacu dengan tantangan agar lebih
terangsang. Game puzzle atau mengisi TTS merupakan latihan yang baik untuk
otak. Untuk kadar tertentu, games atau permainan yang menantang sangat baik
untuk melatih kekuatan pikiran.
Ingat ya, jangan sampai berlebihan ketika main games,
karena akibatnya juga nggak baik. Bukannya meningkatkan daya kerja otak, malah
menjadikan Anda stres.
  1. Rajin Berolahraga
Berolah raga seperti joging atau treatmeal sangat baik
untuk kesehatan tubuh sekaligus otak. Lakukan orahraga rutin setiap hari
minimal 15 menit, untuk membantu menyehatkan otak.
Keringat yang keluar bersamaan dengan Anda berolah raga
akan membantu pelepasan toksin (racun) dalam tubuh, sehingga tubuh tetap bugar
dan sehat, pikiran pun menjadi jernih. Baca: 10
Cara Efektif Membakar Kalori dengan Cara yang Menyenangkan
.
  1. Mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang
Istirahat yang cukup serta makanan yang sehat dan
mengandung gizi seimbang membantu proses regenerasi sel-sel dalam tubuh. Karena
otak kita terdiri dari jutaan sel, setiap hari bahkan ada ribuan sel yang mati,
pada saat yang sama tubuh mengambilnya dari cadangan makanan yang tersimpan
dibawah kulit.
Jika ini berlangung terus menerus maka dapat mengakibatkan
tubuh menjadi kurang sehat, kinerja otak pun menjadi semakin menurun. Itulah sebabnya,
aktivitas yang membutuhkan energi yang banyak harus diimbangi dengan makanan
sehat dan bergizi.
Berikut ini adalah beberapa jenis makanan yang dapat
membantu Anda dalam meningkatkan daya ingat, antara lain:

 

  • Ikan Salmon, Sarden dan Mackerel
  • Kacang kacangan
  • Buah atau jus buah
  • Brokoli dan kembang kol
  • Sayuran hijau seperti Bayam, Kubis, Selada dan
    lainnya
  • Aneka buah beri dan buah delima
  • Minyak zaitun serta jenis minyak nabati lainnya

 

Demikian beberapa informasi terkait cara meningkatkan daya ingat yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat untuk Anda.
Diolah dari berbagai sumber.

 

12 Replies to “Tips Cara Meningkatkan Daya Ingat dan Kinerja Otak Secara Alami”

  1. Donaldmas Sepang

    Kurang tidur mas, mungkin saya rajanya.hehehe
    Dan memang benar bahwa kita betul tulalit kalau kurang tidur. Untung juga ketemu tips disini dan saya akan mencobanya.

    • daniel

      Kalau kurang tidur sih emang sering mas, tapi biasanya saya mandi air dingin balikin mood

    • daniel

      Boleh dicoba mas asal jangan ketagihan aja, krn bs bikin makin galau

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *