Menjadi Diri Sendiri Itu Lebih Baik, Berikut 7 + 1 Cara Konkret untuk Memulainya

Menjadi diri sendiri itu lebih baik dan mudah
untuk dilaksanakan asalkan kita mau mencoba. Selain itu kita juga harus berani mengakui bahwa kita unik, beda dari orang
lain.Meskipun terkadang sungguh menyakitkan bin memilukan, akan tetapi menyenangkan
jika dilakukan tanpa beban, nothing to lose men….

Namun sayangnya sebagian orang
justru memiliki pandangan berbeda. Sebagian malah bilang sangat sulit untuk menjadi
diri sendiri sehingga menjadi orang lain terutama orang atau sosok yang paling dikagumi.Menjadi diri sendiri bukan tentang sebuah pilihan, melainkan gaya hidup yang perlu kita tumbuhkan dalam diri.

Saat saya memposting tulisan inipun, saya masih ingin meniru orang lain, sayangnya saya tetap saja tak bisa mengikuti mereka, apalagi mengikuti apa kata mereka. Untungnya akhir-akhir ini saya selalu belajar untuk menjadi diri sendiri dan mempercayai diri saya sendiri…

Emang sih meniru itu lebih mudah,
apalagi meniru orang yang sudah terkenal, pasti jauh lebih mudah. Meniru hingga
menjiplak adalah salah satu keahlian dasar dan sifat umum manusia termasuk Anda
dan saya.
Sebenarnya nggak sulit juga sih menjadi
diri sendiri, karena kuncinya adalah mengenal
diri sendiri
, karena hanya inilah proses yang wajib kita lalui. Bahkah kita
lebih bahagia, karena kita unik dan pastinya berbeda dengan orang lain.
Proses menjadi diri sendiri dapat
kita mulai dengan mudah, dan dapat kita latih setiap hari dan dalam contoh yang
paling sederhana seperti kebiasaan bangun pagi. Tak perlu keterampilan khusus,
yang penting mau mengakui
kelemahan
serta memiliki niat untuk mengubah kebiasaan yang tidak baik.
Mau tahu bagaimana cara menjadi diri sendiri apa adanya, dengan metode yang paling menyenangkan, ikuti terus ulasan berikut.

1. Selalu Ikuti
kata hati

Menjadi Diri Sendiri Itu Lebih Baik

Karena
kata hati kita menuntun kita ke arah yang sepenuhnya pada pengenalan diri. Meskipun
itu terkadang sulit dan menyakitkan namun sungguh menyenangkan dan yang pasti
kita merasa bahagia.

Menjadi diri sendiri itu dimulai dengan mengikuti kata hati bukan berdasarkan logika semata, nalar anda juga musti di ajak gak usah di tinggalin…

Pada saat akan melakukan sesuatu seperti berjalan, ada getaran dalam hati entah itu berupa firasat atau insting atau apalah namanya, yang pasti saya menganggap itu sebagai kata hati saya.

Mulailah dari hal yang paling
sederhana contohnya kebiasaan bangun pagi. Saat kata hati berbicara, bangun
pagi tepat waktu, maka itu wajib kita niatkan dengan afirmasi, jika perlu
gunakan alarm. Ingat, tindakan yang dilakukan berulang-ulang akan menjadi
kebiasaan.

2. Selalu Melatih
diri (tak pernah berhenti)

7 Cara Menjadi Diri Sendiri dengan Metode yang Paling Menyenangkan

Menjadi diri
sendiri itu juga perlu latihan, bahkan setiap hari dan diperlukan disiplin diri. Tak mudah
memang untuk melakukannya terlebih jika kebiasaan kita selalu bertentangan, namun saya tidak mengatakan bahwa ini mustahil kan, semuanya tentu butuh usaha dan kerja keras.

Mulailah dengan langkah sederhana, latihlah diri Anda untuk bangun lebih pagi dan bergeraklah. latihlah diri anda untuk tidak seperti anak mami yang manja dan malas berusaha, karena ada kekuatan dasyat di dalam dirimu.

Tetap gak bisa bangun pagi meskipun udah pake alarm, mungkin jadwal tidur anda yang keliru, bisa jadi tidurnya udah larut malam. Ingat ya, tidur larut malam itu adalah resep ampuh untuk masuk ICU di usia muda, jadi hindarilah.

Baca juga: Cara
Melatih Disiplin Waktu
.

3. Memilili
Keyakinan Diri

Menjadi Diri Sendiri Itu Lebih Baik

Sebelum
benar-benar menjadi diri sendiri kita wajib memiliki rasa percaya diri yang
tinggi. Pada dasarnya orang yang PD tinggi memiliki mental dan daya juang yang
kuat sehingga ia berani mengatakan ‘Tidak’,
jadi bukan ABS (Asal Bapak Senang).

Jika anda gak yakin ama diri sendiri, gimana mau jadi diri sendiri?

Berpedomanlah pada diri kita bukan pada
anggapan orang lain kepada kita. Menjadi diri sendiri berarti kita harus meyakini kemampuan yang kita miliki, menepis semua anggapan orang lain terhadap diri kita.

4. Jangan Memaksakan Diri

Menjadi Diri Sendiri Itu Lebih Baik

Jika Anda tidak jago matematika maka jangan pernah memaksakan diri Anda untuk
menghafal rumus matematika, karena itu justru akan meruntuhkan mental Anda. Atau
jika Anda tidak hobi membaca jangan paksa untuk membeli buku, karena hanya akan
berakhir sebagai hiasan lemari.

Keadaan yang dipaksakan akan membuat anda stres, alih-alih menemukan solusi yang ada justru malah membuat bencana….

Perhatikan dan tiru cara orang-orang sukses? adakah mereka memaksakan kemampuan yang mereka miliki? nggak kan…

Tidak memaksakan diri juga bukan berarti anda jadi malas berusaha, jika itu diluar kemampuan anda sebaiknya memainta bantuan dari orang lain, dan itu lebih bijaksana….

5. Kenali
potensi diri

Menjadi Diri Sendiri Itu Lebih Baik

Jika kita
merasa nyaman melakukan sesuatu, itu tandanya passion kita ada disitu. Ingat,
potensi kita tidak ditentukan oleh garis yang pada telapak tangan melainkan
ketekunan kita dalam melakukan sesuatu.

Kesuksesan kita juga tidak ditentukan
seberapa tinggi sekolah yang kita tempuh melainkan seberapa giat dan kreatif Anda
dalam melihat peluang.

Sudah tak terhitung lagi bocah ingusan yang cuma lulusan SMA atau SMP yang sukses dan berhasil didunia ini (gak perlu saya sebut disini)…mereka mampu mengenali diri dan potensi diri kemudian mengembangkannya.

Dengan menjadi diri sendiri, cenderung memudahkan anda mengenal dimana potensi anda, kemudian mengelola serta mengembangkannya

6. Jadilah
sang pencipta jangan jadi “Peniru”

Menjadi Diri Sendiri Itu Lebih Baik

Gambar ini seharusnya tidak membuat anda gagal fokus dan berpiikir bahwa ini menjadi sesuatu yang menarik. Emang menarik sih jika dilihat…iya kan? ayo jujur aja deh…

Eitss,
jangan keliru dulu ya, bukan berarti mau menyamai Tuhan sang pencipta. Maksudnya disini
adalah menciptakan sesuatu dengan tangan kita sendiri. Kalaupun kita meniru
maka lakukanlah sedikit modifikasi jangan sama persis meyerupai.

Meniru memang
jauh lebih mudah karena nggak perlu mikir dan kerja keras, tapi dapat
menghilangkan jati diri. Seorang yang memiliki karakter dalam melakukan sesuau, dimulai dari dirinya sendiri.

7. Berani
Jujur pada Diri Sendiri

Menjadi Diri Sendiri Itu Lebih Baik

Mungkin Anda
sangat akrab dengan kalimat ini. Ya, itu kalimat yang di kampanyekan untuk
mendukung KPK. Jujur memang terkadang pahit tapi menyembuhkan ibarat obat. Untuk
jadi diri sendiri kita harus berani jujur terutama pada diri sendiri, karena
yang paling tahu tentang diri Anda adalah Anda sendiri dan yang menilai adalah orang
lain.

Bentuk iklas tertinggi adalah kejujuran dan transparansi, ukur tingkat iklas Anda dengan melihat kedalam hati Anda, karena hanya Anda yang tahu. Menjadi diri sendiri itu juga berarti harus berani jujur pada diri sendiri, tidak ada orang yang tahu isi hati kita kan?

Kalau bukan anda siapa lagi?

Update Kedua: 08 Juni 2017: Menambahkah gambar untuk memperkaya konten yang terdapat dalam artikel ini…sumber gambar pixabay dan Menambahkan poin 8.

8.Tuliskan kesuksesan yang pernah Anda raih

Menjadi Diri Sendiri Itu Lebih Baik

Anda tentu pernah meraih kesuksesan, sekecil apapun prestasi anda dalam hidup hargai dan catat dalam selembar kertas agar anda mudah untuk mengingatnya…

Berdasarkan hasil penelitian, kesuksesan memacu kita untuk terus tumbuh menjadi diri pribadi yang lebih baik. Caranya gampang, segera setelah anda membaca tulisan ini, tulislah apa yang pernah anda raih…

Misalnya: Mendapat rangking kelas sewaktu SD, Menang lomba lukis tingkat RT atau Desa, Mendapat promosi jabatan, Lulus ujian Skripsi, dan lainnya.

Update pertama: 27 April 2017 mengenai tips menjadi diri sendiri!

Tips
Menjadi Diri Sendiri

  1. Terhadap
    sikap Anda, tentu tidak semua orang menyukainya malahan ada yang
    terang-terangan berkata tidak menyukai “sesuatu” dari diri Anda, dengan begitu
    Anda tidak lantas mengubahnya agar orang menyukainya. Ingat bro, itu yang
    membuat Anda berbeda, hal ini hanya soal preferensi.
  2. Mengerjakan
    sesuatu yang spektakuler atau luar biasa, atau berbeda dari orang lain hanya
    sekedar ingin dihargai orang lain? Mulai saat ini berhenti bersikap seperti
    itu, yang perlu Anda lakukan adalah menampilkan siapa diri “ANDA” yang
    sebenarnya.
  3. Perubahan
    itu konstan. Setiap orang pasti bisa berubah, akan lebih bagus lagi jika Anda
    tahu banyak tentang informasi, relevansi dan selalu terhubung dengan
    orang-orang disekitar Anda. Yang terpenting adalah memprioritaskan pengembangan
    diri.
  4. Setiap
    orang pasti berbeda satu sama lain, jadi jangan meragukan hal itu. Tetaplah jadi
    diri sendiri, jika teman-teman Anda sulit menerima itu artinya mereka bukan
    teman sejati Anda.
  5. Memilih
    mode atau tren terkini adalah soal keputusan. Memang banyak orang terkadang
    menghindarinya bak wabah atau sindrom dengan menyatakan “Individualiasme”, jika
    Anda mengikuti model atau trend, bukan berarti Anda tidak menjadi diri sendiri,
    itu soal selera pribadi.
  6. Sangat
    penting untuk mengetahui kapan waktunya ikut arus ketimbang memaksakan diri
    agar berbeda. Contoh sederhana, pergi memancing sebenarnya tidak Anda senangi,
    namun hal ini merupakan pilihan terbaik karena Anda bisa sambil hapi atau reunian
    bareng teman-teman. Ini soal kebersamaan bro, terkadang kita perlu menghormati
    pilihan orang lain.
  7. Langsung
    menyetujui sesuatu demi menyenangkan teman atau pasangan bukan pilihan tepat. Hal
    ini sama sekali tidak akan membantu Anda, seiring waktu, teman atau pasangan
    Anda akan menyadarinya, dan hal ini akan lebih menyakitkan.
  8. Kekurangan
    dan kelebihan diri ikut menentukan siapa diri Anda yang sesungguhnya. Dalam usaha
    menerima diri seutuhnya, kekurangan hendaknya tidak membuat Anda berkecil hati.
    Ketahuilah bahwa kekurangan adalah bagian dalam diri Anda yang tak mungkin
    terpisahkan, jadi ngapain harus malu?
  9. Buatlah
    pilihan untuk Anda sendiri, jangan biarkan orang lain mendikte apalagi
    menentukan pilihan untuk Anda jalani. Anda yang menjalani jadi Andalah yang
    menentukan pilihan.
  10. Saat
    mengenakan pakaian, jangan lewatkan cermin untuk memandang diri Anda. Jangan
    kecewa dengan apa yang Anda lihat dalam diri Anda, fokuslah pada kelebihan dan
    hal-hal yang baik, cara ini dapat membantu meningkatkan rasa percaya diri Anda.
Nah, itulah 7 cara menjadi diri sendiri apa adanya dengan langkah yang paling menyenangkan dilengkapi dengan 10 tips mudah untuk mewujudkannya. Mudah-mudahan Anda terinspirasi
untuk menjadi diri sendiri sesegara mungkin setelah menemukan dan membaca artikel ini.
Keep spirit and move on.

6 Replies to “Menjadi Diri Sendiri Itu Lebih Baik, Berikut 7 + 1 Cara Konkret untuk Memulainya”

  1. Fiu S

    sy mw belajar nih biar bisa ngelakuin semua tips diatas ,,,
    matur tengkyu pak ,, 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *