Apakah Pola Pikir Ku Sudah Berada Pada Jalur yang Benar?

Sekitar 90 persen tindakan yang kita lakukan selalu dimulai dari pikiran, sedangkan sisanya terjadi begitu saja tanpa kita sadari. Keadaan kita yang sekarang juga merupakan hasil keputusan kita kemarin atau hari
hari sebelumnya.
Nah, pikiran yang berulang ulang akan membentuk pola pikir yang nantinya akan
mengarahkan kita pada sebuah tindakan. Dibutuhkan setidaknya 3 kata “Ya” dalam
pikiran kita sebelum akhirnya memutuskan sesuatu.
Secara prinsip, pikiran kita tidak bisa bekerja secara paralel (bersamaan) jika
dipaksakan bisa mengakibatkannya mandul/tumpul.
Jika sudah demikian, tentu yang terjadi adalah ketidak seimbangan antara pola pikir,
tindakan dengan kenyataan yang terjadi.
Pola
pikir orang sukses dapat kita pelajari dan kita latih. Buku bertemakan “The
Power of Think” sudah tak terhitung diterbitkan.
Emang
sih, sukses itu keinginan semua orang, namun sudahkan kita membimbing pikiran
kita ke arah yang benar? Nggak perlu Anda
jawab disini!


cara menjadi orang sukses

 

Oom
saya “Andrie Wongso” bilang, kesuksesan dan kegagalan berawal dari pikiran.
Sehingga pola pikir kitalah yang menjadi penentu kesukesan atau kekayaan kita.
Tentu
Anda percaya karena yang ngomong orang terkenal, gimana kalau saya yang bilang,
Masihkah Anda percaya? Hmmmm….Mikiiiir [Cak Lontong Style].
Baiklah,
mari kita lihat satu demi satu beberapa pola pikir yang bisa mengantar kita
pada tangga kesuksesan dan kebahagiaan:

Sukses Terbentuk dari Pola Pikir

Chairul
Tanjung yang saat ini masuk daalam daftar 10 orang terkaya di Indonesia
bukanlah karena nasib yang lagi mujur. Itulah hasil dari pola pikir dan
tindakan yang ia lakukan sehingga ia bisa jadi Konglomerat.
Agar
bisa sukses, kita harus memiliki kemauan keras dan tekun berusaha dan memiliki konsistensi
dari waktu ke waktu. Nah, supaya kita bisa lebih sukses kita wajib meniru cara
berpikir dan cara kerja orang sukses.
Sebelum
mencapai kesuksesan yang besar, mulailah dengan kesuksesan kecil setiap waktu. Contohnya
berhasil menyelesaikan laporan tepat waktu atau target penjualan tercapai
diakhir bulan.
Selain
itu, kita juga perlu mengupgrade diri agar kemampuan meningkat dan semakin mempermudah
jalan menuju sukses.
Semudah
ini? ya nggaklah…butuh yang namanya proses bro…

Sukses Merupakan Kebiasaan

Kesuksesan
yang kita raih bukan tujuan akhir melainkan sebuah proses. Setiap hari kita
bisa mengambil keputusan dan tindakan konkrit yang mengantar kita pada
kesuksesan.
Ingat
ya, sukses nggak kayak cerita sinetron mini seri. Saat Aktor utama berhasil
menaklukan si Cewek, film lansung selesai.
Sukses
yang spektakuler merupakan akumulasi dari setiap kesuksesan yang diraih setiap
hari. Sukses dalam satu keputusan merupakan bagian dari kesuksesan.
Dapat
disimpulkan bahwa kesuksesan merupakan kebiasaan positif yang dilakukan setiap
hari.
Jika
kebiasaan Anda bangun pagi setiap jam 4 subuh, itu tandanya Anda lebih siap
menyambut kesuksesan itu sendiri.

Sukses Berawal dari Pikiran Positif

Pola
pikir orang sukses lebih tinggi kadar positifnya dibandingkan kebanyakan orang.
Mereka selalu meyakini bahwa mereka layak mendapat predikat The Best of The
Best.
Bahkan
impian yang bagi kebanyakan orang impossible menjadi i’m Possible. Mereka selalu
meyakini bahwa keajaiban bisa terjadi dan keyakinan mereka tak tergoyahkan oleh
siapapun dan apapun.
Untuk
mewujudkan kesuksesannya, mereka benar benar giat berusaha dan mereka juga
mengerti betul pentingya kerja ketas.

Kegagalan bumbu dari Kesuksesan

Orang
bijak bilang: Kegagalan adalah sukses yang Tertunda. Yakinlah bahwa kegagalan
juga adalah bagian dari kesuksesan.
Kegagalan
yang dialami menjadikan pengalaman bertambah, semakin matang, makin gigih dalam
berusaha, hingga pada akhirnya menjadi seorang pemenang.
Sekali
lagi ingat ya, ini bukan kisah sinetron yang panjang dan bertele tele hingga
bikin pusing. Sukses adalah milik orang yang memiki keyakinan dan kepercayaan
diri yang tinggi.

Pola Pikir Solutif

Selama
kita masih hidup, kita tidak akan lepas dari masalah. Orang sukses memiliki
pola pikir yang positif dan solutif.
Mereka
meyakini bahwa setiap masalah pasti ada solusi dan terselip peluang besar. Hal inilah
yang membuatnya gigih berjuang dan tahan uji. Kata “Menyerah” tidak ada dalam
kamus besar orang sukses.

Tentang Keberanian

Orang
sukses selalu memiliki keberanian bahkan keberanian yang melampaui
kapasitasnya.
Mereka
selalu berani melakukan hal hal baru dengan keberanian dan keyakinan. Terlepas dari
kegagalan atau berhasil, hal ini menjadi pembelajaran dan membuatnya tumbuh.

Sukses Adalah Kepercayaan Diri

Tanpa
kepercayaan diri yang tinggi mustahil menemukan jalan kesuksesan. Sikap merupakan
segalanya.
Kembangkan
sikap yang positif untuk dapat menciptakan kesuksesan dalam hidup Anda. Sikap yang
positif akan membuat Anda semakin percaya diri. Lebih lanjut dapat Anda baca: Cara
Meningkatkan Rasa Percaya Diri
.
Sukses
adalah hasil dari penciptaan Anda bukan terjadi begitu saja. Jika Anda memiliki
kemauan keras untuk sukses, Yes You Can.

Pola Pergaulan Positif

Keberadaan
orang dilingkungan sekita Anda merupakan bahtera untuk menuju goal Anda. Pola pikir
serta perilaku yang positif menular melalui orang orang disekitar Anda.
Jika
rekan kerja ataupun bos Anda selalu berpikir negatif, itu tandanya puncak
kesuksesan Anda semakin berliku dan terjal. Salah langkah Anda pun bisa
terjungkir!
Anda
tidak bisa mengubah pola pikir nengatif seseorang secara frontal. Akan tetapi tularkanlah
pola pikir positif di lingkungan Anda agar lebih banyak energi positif yang
dihasilkan.

Visualisasikan Kesuksesan

Pikiran
menghasilkan tindakan, dan visualisasi sangat bermanfaat untuk membimbing
pikiran Anda. Beberapa teknik jitu visualisasi sering digunakan yaitu dengan
papan visi, ada pula yang memilih peta harta karun.
Visualisasikan
kesuksesan Anda dengan cara menetapkan tujuan dan target waktu untuk
mencapainya.
Misalnya
akan menikah saat berusia 25 tahun, setelah menikah akan memiliki 2 orang anak.
Atau yang lain lagi: setelah 5 tahun bekerja harus memilik rumah dengan cara
KPR.
Sekarang Anda sudah tahu bagaimana pola pikir orang sukses, tidak lengkap jika Anda belum membaca tips membangun pola pikir sukses, sebelum di lanjutkan, ngopi dulu brader.

7 Cara Membangun Pola Pikir Sukses

Kesuksesan
memerlukan pondasi yang kokoh, terutama pola pikir dan karakter yang kuat.
Untuk
menjadi orang sukses Anda harus tahu cara pikir yang bisa mengubah masalah jadi
solusi, tanpa membatasi diri Anda. Selain itu, Anda harus memahami dan
mengontrol pikiran, cara kerja dan kesuksesan yang ideal versi Anda.
Jika
Anda ingin sukses, ketahuilah dan praktekanlah 7 cara membangun pola pikir
sukses berikut ini:
1. Membuat Definisi Kesuksesan, jika Anda tidak tahu definisi sukses versi Anda maka
mustahil bagi Anda untuk melihat apakah Anda sudah sukses atau gagal. Cari tahu
apa hal terpenting terutama dalam kehidupan, karir dan kesehatan Anda.
2. Tentukan Tujuan, setelah
membuat definisi, saatnya Anda menentukan tujuan kesuksesan Anda. Untuk membantu
Anda dalam menentukannya, tentukanlah tujuan pada 3 aspek mendasar seperti
kehidupan, pekerjaan dan kesehatan.
3. Temukan Inspirasi, definsi dan tujuan tentu tidak cukup. Saatnya Anda
menemukan inspirasi serta cara yang dilakukan untuk menuju kesuksesan Anda. Perbanyaklah
aktivitas positif seperti membaca #artikel
motivasi
, praktek dan mengevaluasi tujuan, jangan Cuma nonton sinetron.
4. Kebiasaan, kesuksesan adalah
hasil dari pola pikir positif yang akhirnya membentuk kebiasaan. Kebiasaan baik
akan mendukung tujuan kesuksesan Anda, semangat Anda akan selalu terjaga dengan
kebiasaan positif.
5. Lakukan Terus Menerus, orang yang sukses tidak pernah berhenti bergerak. Mereka
melakukannya terus menerus, entah itu di lihat atau tidak dilihat. Mulai hari
ini, lakukanlah pekerjaan terbaik kemudian belajarlah hidup sukses setiap
harinya.
6. Bersegeralah, aktivitas yang
dilakukan secara berulang ulang emang bikin jenuh. Dengan begitu bukan berarti
kita harus menundanya bukan? Sekali Anda menunda itu dapat mengakibatkan Anda
kehilangan motivasi untuk sukses. Jika ini terjadi pada Anda, cari dan temukanlah
kembali motivasi dalam diri Anda.
7. Berpikirlah Sukses itu Mudah Diraih, jika pikiran Anda mengatakan mudah dengan sendirinya
tindakan Anda juga berbanding lurus. Sukses itu sesuatu yang mudah untuk
dicapai jika kita memvisualisasikannya.

Kesimpulan:

Kesuksesan
bukanlah sesuatu yang mustahil untuk dicapai, kuncinya pembentukan pola pikir yang
telah diuraikan diatas. Visualisasikan kesuksesan Anda agar semakin mudah
dicapai.
Tanyakan
ini dalam hati mu: “Apakah Pola Pikir Ku
sudah Berada pada Jalur yang Tepat?
Merasa
teori yang saya ungkapkan diatas sangat membosankan? Kini saatnya ACTION…!!!
Daftar
Bacaan:
1.    www.andriewongso.com/
2.    www.segiempat.com/

4 Replies to “Apakah Pola Pikir Ku Sudah Berada Pada Jalur yang Benar?”

  1. Mangadul Ganteng

    lingkungan juga sangat berpengarus sekali ya pada pola pikir kita. brarti bergaul sama orang sukses kalo begitu seperti mas daniel nih

    • daniel

      Hahaha, mang adul makin ganteng aja nih…makasih udah mampir

    • daniel

      emang harusnya lengkap mas…biar enak dibaca aja dan makin bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *