7 Cara Ajaib Menjadi Orang Sukses dan Kaya

Banyak teori dan strategi serta cara menjadi orang sukses dalam hidup, tetapi intinya adalah sukses dalam hidup tidak terjadi secara kebetulan. Orang-orang yang sukses dalam hidup melakukan kedua hal ini (1) Membuat pilihan yang tepat dan (2) Mengembangkan kebiasaan baik untuk sukses dalam hidup.

Sukses itu gak terjadi dalam sekejab, butuh yang namanya proses. Akhirnya banyak orang berhenti ditengah jalan atau menyerah sebelum meraih sukses, itu karena mereka sudah kalah jauh sebelum waktu peperangan dimulai.

Sebelum menuju kesana, seseorang harus memahami bahwa kesuksesan sejati bukan hanya terletak pada pengambilan keputusan yang tepat tetapi juga dari kebiasaan-kebiasaan yang bisa mendatangkan sukses dan dijalani dari hari ke hari.

Berikut 7 hal yang bisa Anda perhatikan agar Anda mengerti cara menjadi orang sukses dan bisa Anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari.

1.Mengurus Diri Sendiri

Sukses didalam hidup dimulai dalam pikiran dan lalu didalam badan. Oleh karenanya, jika ingin sukses, kita kudu merawat pikiran dan badan. Menjaga makanan, kesehatan dan kebugaran.

Selain menjaga kesehatan fisik, mereka juga menjaga kesehatan mental dan spiritual.

 

2.Mengerti Cara Bersyukur

Orang yang sukses menerima stres dan tantagan sebagai kenyataan hidup. Tantantan  yang berat atau kesulitan besar dalam hidup bisa menjadi lebih ringan jika kita tahu dan mengerti cara bersyukur.

Orang-orang sukses fokus pada hal positif, dan mengucapkan syukur untuk banyak hal yang bisa disyukuri. Lebih lanjut tentang hadiah dan manfaat bersyukur bisa Anda baca DISINI.

 

3.Tidak Berasumsi

Jangan membuat terlalu banyak asumsi tentang hidup. Berusahalah selalu untuk bersikap cermat dalam hidup. Perhatikan detil. Orang sukses selalu memperhatikan,  respek kepada tugas dan juga kepada orang lain.

 

4.Jangan Membuat Generalisasi

Untuk sukses, Anda harus menghindari kata-kata absolut seperti “selalu” dan “tak pernah”. Contohnya, “Kamu selalu terlambat” atau “Kamu tak pernah berterimakasih”.

Orang sukses selalu memperhatikan kata-kata yang mereka gunakan. Tidak melempar tuduhan dan atau membuat generalisasi secara semberono.

 

5.Tidak Memperturutkan Emosi

Kita sangat mudah membuat sebuah keputusan karena emosi, sehingga hasilnya jarang yang produktif atau jarang sekali yang bermanfaat. Orang sukses sadar bahwa perasaan itu riil, dan seringkali relevan. Tetapi jangan pernah membaut keputusan berdasarkan perasaan. Istilah anak muda sekarang, jangan BAPER (bawa perasaan).

 

6.Berinteraksi Secara Positif

Anggapan bahwa orang sukses itu pandai bergaul secara alamiah itu tidaklah benar. Yang benar adalah, orang sukses menyadari pentingnya hubungan, dan komunikasi interpersonal yang baik.

Karena itu, mereka selalu mempraktekan interaksi sosial yang positif. Selain itu, orang-orang sukses juga menyadari pentingnya waktu. Mereka tidak buang waktu untuk situasi sosial yang membuat down.

Mereka lebih banyak menggunakan waktu mereka untuk bersama orang-orang yang dapat mereka bantu dan yang dapat membantu mereka.

 

7.Bersikap Melayani

Orang-orang sukses tidak memuja diri sendiri. Pada dasarnya mereka adalah pemberi bukan penerima. Mereka membuat keputusan dan mengembangkan kebiasaan yang dirancang untuk memberikan nilai kepada orang lain. Mereka juga melayani, dan menjadi pelayan yang baik.

Memang ada situasi tertentu yang membuat seseorang sukses, misalnya mendapat banyak harta karena warisan. Tetapi yakinlah bahwa itu bukanlah sukses yang sesungguhnya. Sukses sejati tidak terjadi secara kebetulan, tetapi pilihan yang dilakukan secara sadar.

Karena itu, untuk sukses dalam hidup, kita harus memilih untuk sukses, dan menjalani hidup dengan kebiasaan-kebiasaan untuk sukses.

Artikel lain: Kreatif dan Tajir, Inilah 10 Youtuber Terkaya Di Dunia.

Nah, anda sudah tahu strategi sukses dalam hidup, tetapi tidak cukup sampai disitu, Anda harus giat berlatih kebiasaan baik dan mengambil keputusan yang tepat setiap waktu. Selain itu, Anda juga harus tahu dan mengerti tentang sifat-sifat untuk sukses sejati.

Jadi penasaran kan? Simpan rasa penasaran Anda untuk besok karena esok tantangan hidup pasti lebih berat, berikut ini adalah 12 sifat sukses sejati:

Tulus

Ini bukan tulus yang jago nyanyi ya melainkan sifat tulus dalam tindakan. Jangan coba mengakali atau mengesankan orang lain. Jadilah diri sendiri dan apa yang terasa baik berdasarkan nilai-nilai dan keyakinan Anda. Anda akan heran sendiri, orang-orang akan menerima Anda jika Anda berhenti menjadi orang lain.

 

Jangan Berpura-pura

Tindakan bicara lebih keras dari kata-kata. Jangan membesar-besarkan atau memperindah kejadian. Jangan mengatakn A tetapi melakukan B.

 

Antusias

Antusias dengan apapun yang Anda lakukan. Tunjukan bahwa Anda bertanggungjawab dalam segala sesuatu yang Anda tetapkan dalam hidup.

 

Jujur

Jujur pada diri sendiri dan kepada orang lain. Saat orang lain berinteraksi dengan Anda, biarkan mereka melihat anda tulus dan bisa dihargai. Lakukan apa yang Anda katakan, dan jangan pernah mengakali untuk mendapatkan sesuatu atau untuk maju dalam hidup.

Biarkan moral, etika, menjadi pedoman terhormat Anda. Tunjukan kejujuran, kehangatan dan lakukan dengan tulus.

 

Integritas Pribadi

Selalu ikuti nilai-nilai baik dan jangan pernah biarkan situasi atau seseorang mengarahkan Anda untuk melakukan sesuatu yang Anda tahu bahwa itu tidak benar. Jadilah orang yang bisa diteladani, dan dihargai orang lain bukan seseorang yang menukar nilai-nilai moralnya untuk mendapatkan keuntungan materi.

 

Rendah Hati

Jangan pernah menganggap bahwa diri Anda lebih baik atau lebih hebat dari orang lain. Kerendahan hati akan meninggalkan efek yang bisa bertahan untuk selamanya ketimbang unjuk kehebatan semata.

 

Totalitas

Fokus pada apa yang ingin Anda raih dalam hidup ini. Berikan perhatian penuh dan tidak berbagi kepada  orang-orang yang berinteraksi dengan Anda.

 

Sopan

Praktekan sopan santun yang baik kendatipun orang-orang disekitar Anda tidak sopan.

 

Berbelas Kasih

Praktekan kebaikan, kelembutan dan perlakukan orang lain dengan baik, terutama orang-orang yang mungkin tidak dilayani. Belajar mengulurkan tangan untuk membantu orang yang sedang susah untuk meringankan kesusahan dan penderitaan mereka, sekalipun mereka tidak membantu Anda.

 

Empati

Sadari bahwa setiap orang itu berbeda-beda, dan punya nilai-nilai dan kepercayaan lain. Pahami perasaan-perasaan dan pemikiran-pemikiran orang lain, itulah ciri orang yang empati.

 

Simpati

Ini bukan tentang SIMCARD ya melainkan tentang membagi perasaan Anda dengan orang lain dan pahami situasi emosional yang dialami orang lain. Cobalah berpikir dari sudut pandang mereka.

 

Murah Hati

Bersikaplah dermawan dalam hidup. Berikan waktu, uang, dan kebijakan Anda. Bagi dengan orang lain, sehingga mereka dapat melihat kegembiraan sejati dan petualangan hidup.

 

Kesimpulan

Untuk menjadi orang sukses dalam hidup Anda harus membuat pilihan tepat dan mengembangkan kebiasaan baik dalam hidup yang terangkum dalam ketujuh strategi diatas. Tak cukup sampai disitu, Anda juga harus memiliki sifat-sifat untuk sukses sejati dan mempraktekannya dalam hidup, bukan menjadi penonton melainkan jadi pemain.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *