Hasil Jepretan Kabut Asap

Kabut asap yang terjadi akhir-akhir ini di beberapa daerah seperti Kalimantan Barat (Pontianak), Riau dan beberapa tempat lain merupakan akibat kebakaran hutan. Berbagai versi mulai bermunculan mulai dari pembakaran hutan untuk membuka lahan pertanian, hingga pembakaran untuk lahan perkebunan. 
Namun sejauh ini sudah banyak kasus yang ditangani pihak berwajib, baik itu pelaku perorangan maupun perusahaan perkebunan. Miris memang melihat dan mendengarnya.
Akibat pekatnya kabur asap, banyak sekolah diliburkan, bandara penerbangan di tutup, pelayanan juga banyak yang tertunda. Untungnya saya tidak libur jadi masih bisa mengabadikan momen dimana kabut asap begitu pekat dan setiap menemani setiap hari.
Dibawah ini hasil jepret menggunakan kamere pocket, yang sudah terlebih dahulu di croping agar lebih presisi.
Hasil Jepretan Ditengah Kabut Asap
KM 30, Jepretan tanggal 12 – 09 – 2015
Hasil Jepretan Ditengah Kabut Asap
KM 03 Jepretan tanggal 16 – 09 – 2015
Pada waktu itu jarang pandang hanya sekitar 100 meter, dan foto ini saya ambil disepanjang jalan lintar utara (Pontianak menuju Sungai Pinyuh) atau lebih tepatnya disekitar  KM 30 dan KM 3. 
Foto ini sengaja saya posting hari ini ketika kondisi kabut asap sudah jauh berkurang karena adanya hujan yang turun sekitar 2 hari yang lalu. Dan hari ini ketika masih pagi, kabut asap sudah mulai turun lagi, karena ada kemungkinan belum tuntasnya pemadaman titik api di sejumlah tempat. 
Berita tentang kabut asap bukan topik yang sedang populer saat ini karena sudah hampir sebulan ini diberitakan, mungkin juga menjadi topik yang membosankan untuk dibahas. Tapi baiklah, saya hanya mencoba mengabadikan momen dimasa kabut asap ini mulai menyelimuti beberapa daerah di Pontianak. 
Anggap saja foto ini sebagai kenangan ketika nantinya melihat-lihat momen dimana kabut asap perlahan mulai menghilang dari pandangan mata. Jika hanya diceritakan dengan kata kata mungkin sulit untuk membayangkan dan rasanya berada di tengah tengah kondisi dimana kabut asap mulai pekat. 
Nah, harapan saya jika dengan adanya foto ini, mudah-mudahan dapat dibayangkan rasanya sehari-hari bersama asap. 
Beberapa hari yang lalu saya pernah bilang ke teman saya, kalau di Jepang ada musim salju, di tempat kita sekarang sedang musim asap. Siapa tahu aja di tangan orang yang kreatif, kondisi kabut asap seperti ini dapat menjadi destinasi wisata seperti musim salju. 
Kita tunggu saja kerasinya!
Dibawah ini foto yang saya jepret di sekitar Kecamatan Sungai Pinyuh, silahkan dilihat lihat dulu, barangkali ada yang ingin langsung merasakan sensasinya.
Intip fotonya yuk!
Hasil Jepretan Ditengah Kabut Asap
Jepret tanggal 22 – 09 – 2015
Hasil Jepretan Ditengah Kabut Asap
Jepret tanggal 22 – 09 – 2015
Bagaimana tanggapan Anda, biasa aja bukan kondisinya? Emang iya, ini belum seberapa jika dibandingkan saat Anda berada pada ketinggian 20 Meter! Foto terakhir saya ambil di ketinggian sekitar 15 meter.
Ya udah ini aja yang bisa saya bagi kepada Anda semua tentang kabut asap, sampai bertemu di halaman pertama google!

6 Replies to “Hasil Jepretan Kabut Asap”

  1. hendri hendriyana

    bahaya sekali mas itu kabutnya sampai memandangpun jaraknya yang terlihat pasti pendek yah, semoga cepat hilang mas kabut asapnya, kalo ditempat saya lagi susah air sebagian…

  2. Cilembu thea

    kemarin di bekasi tempatku proyek ujug-ujug hujan,sesaat saya teh komunikasi dengan gadisku yang kebetulan ada di Medan pun hujan telah mengguyur hingga meredakan sedikit kabut asap, semoga di tempat pak admin pun demikian hingga kabut asapnya kelak tak lagi dapat di jepret…udah ngga ada lagi kabut asap sih…semoga yah kang

    • daniel

      2 hr yg lalu ada ujan mang tp asapnya malah balik lg dan makin tebal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *