Hindari ya, 5 Kesalahan Karir yang Umum Dilakukan Karyawan Milenial

Menjadi karyawan milenial di abad 21 tidaklah mudah. Persaingan dunia kerja sangat ketat. Tidak hanya dalam lingkup area lokal di kota masing – masing , persaingan bahkan bisa antar negara dan lintas benua. Teknologi yang mutakhir telah memudahkan setiap orang menggunakannya untuk mempromosikan diri dalam berbagai lini bidang dan profesi. Banyak situs pekerjaan yang memungkinkan setiap kandidat mengunggah portofolio dan CV dalam sekejap. Namun, tidak jarang kemudahan ini justru membuat karyawan milenial dimanjakan dan bisa mudah tergelincir melakukan kesalahan. Berikut adalah 5 kesalahan karir yang umum dilakukan karyawan milenial:

1. Kesalahan #1: mendengar kata orang lain

“Carilah kerjaan kantoran!”, “Mengapa kamu tidak pilih jurusan IT saja, lebih banyak peluangnya.”, “Terima saja pekerjaan ini, tidak perlu kuliah lagi.”. Terkadang saran atau nasihat orang lain memang layak dipertimbangkan. Tetapi, orang yang paling berhak memutuskan apa yang terbaik bagi diri Anda adalah Anda sendiri. Jangan mengambil keputusan yang membuat Anda terjebak dan kecewa di kemudian hari. Setiap orang memiliki cara berkarir sesuai keinginan mereka sendiri. Karyawan milenial pun memiliki caranya sendiri dalam menciptakan ekonomi dunia.

2. Kesalahan #2: bekerja terlalu keras

Faktanya, kaum milenial memang suka tantangan, ambisius, pekerja keras dan penuh semangat muda. Namun, bekerja terlalu keras juga menyebabkan tingkat stres dan kejenuhan yang tinggi. Alhasil, Anda jadi lebih mudah menjadi kutu loncat alias berpindah – pindah perusahaan karena jenuh atau tingkat gaji tidak sesuai. Hidup itu terlalu menyenangkan untuk disia – siakan hanya untuk bekerja. Kaum milenial kerap bekerja cerdas untuk mengumpulkan pundi – pundi uang, kemudian menggunakannya untuk dana travelling dan bersenang – senang. Bagi kaum milenial, bersenang – senang sama pentingnya dengan bekerja. Jadi, tidak perlu bekerja terlalu keras, tetapi bekerja cerdas dengan  tetap menjaga keseimbangan hidup pribadi dan karir.

3. Kesalahan #3: Membiarkan diri Anda offline

Sering bermain di saluran media sosial seperti Twitter, Facebook atau bahkan LinkedIn mungkin bisa berdampak pada karir. Namun bukan berarti Anda tidak aktif sama sekali, atau bahkan menjadikan diri Anda offline sepenuhnya. Ini adalah kesalahan besar. Menurut pakar, mayoritas perekrut saat ini mencari kandidat terbaik melalui media online. Mereka melihat informasi calon kandidat yang positif dari sumber – sumber online seperti LinkedIn, Facebook dan Twitter. Itulah sebabnya, Anda sudah seharusnya mulai memperbaiki profil Anda.

4. Kesalahan #4: Terlalu dekat dengan rekan kerja

Berteman dekat dengan teman kerja adalah cara yang baik untuk membentuk tim solid. Tetapi, hal ni bisa menjadi masalah jika Anda terlalu dekat dengan rekan kerja. Lebih baik berbaur dengan semua teman kerja tanpa membeda – bedakan atau terlalu dekat dengan beberapa teman kerja. Memiliki teman sebagai “sekutu” memang sangat penting, tetapi Anda tidak akan pernah tahu kapan rekan kerja Anda berubah menjadi pesaing yang menantang Anda.

5. Kesalahan #5: Tidak mendelegasikan tanggung jawab

Sebagai karyawan yang baik, sudah menjadi tugas Anda untuk menyelesaikan semua tanggung jawab. Tetapi, ada kalanya Anda juga butuh mendelegasikan tanggung jawab. Kebanyakan karyawan membuat kesalahan karena mau mengerjakan semua dan tidak tahu cara mengatakan tidak. Mereka beranggapan jika mereka menolak pekerjaan akan membuat atasan marah dan memengaruhi hubungan kerja. Menghindari kesalahan di atas dapat menciptakan karir yang lebih baik bagi karyawan milenial. Sama halnya jika Anda bertanggung jawab dalam sistem payroll perusahaan. Hindari kesalahan manual karena payroll yang masih berbasis kertas atau file – file excel berantakan. Kini Anda bisa memanfaatkan Software Payroll Indonesia, LinovHR dan Payroll. Software HR dan modul Payroll di dalam aplikasi akan membantu menyederhanakan tugas pengelolaan gaji atau upah pegawai, pajak PPH21 hingga slip gaji dan laporan payroll. Kunjungi websitenya untuk informasi lebih jelas  https://www.linovhr.com

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *