Inilah 4 Alasan Kenapa Smartphone Wajib Disimpan di Locker pada Saat Jam Kerja

Menggunakan perangkat telekomunikasi
seperti smartphone/handphone pada saat jam kerja dapat mengganggu konsentrasi,
menurunkan kinerja, membahayakan serta meningkatkan individualisme di
lingkungan kerja.
Karena beberapa alasan inilah, di
beberapa tempat kerja ada aturan yang mewajibkan pekerjanya untuk tidak membawa
barang pribadi seperti smartphone, perhiasan, dompet dan lainnya pada saat
bekerja.
Semua aturan ini tentu bertujuan
untuk mendisiplinkan karyawan atau pekerjanya. Selain itu, ada pula peraturan
yang melarang untuk berbicara terlalu lama di telp, smsan atau sejenisnya.
Pertanyaannya,
bagaimana bila ada keluarga yang hendak menghubungi?

Biasanya, dapat menghubungi melalui
nomor kantor. Selain itu, dapat pula menghubungi pada jam istirahat atau pas
jam kerja selesai.
Bagaimana
bila keperluannya sangat mendesak sehingga mewajibkan si pekerja untuk keluar?

Tentu harus mendapat ijin dari
atasan langsung, dan tentunya ijin ini sangat terbatas dan hanya untuk keadaan
genting seperti sakit dan bencana.
Inilah 4 Alasan Kenapa Smartphone Wajib Disimpan di Locker pada Saat Jam Kerja

Beberapa alasan yang dapat menjelaskan
hal ini tentu membuat Anda penasaran. Sembari menunggu waktunya tiba, sebaiknya
siapkan kopi/teh manis dan beberapa cemilan untuk menemani Anda mengikuti
ulasan berikut ini.

  • Menggunakan smartphone/handphone
    dapat Mengganggu Konsentrasi

Untuk beberapa kasus
penggunaan smartphone secara berlebihan ditempat kerja memang sangat mengganggu
konsentrasi. Baik si pengguna maupun orang-orang disekeliling yang sedang
konsentrasi bekerja.
Berdasarkan beberapa
penelitian, untuk mengembalikan konsentrasi diperlukan waktu hingga 15 menit. Artinya
bila dalam sehari ada 4 kejadian yang mengganggu konsentrasi durasi jam kerja
menjadi berkurang 60 menit hanya untuk mengembalikan konsentrasi.
Ada baiknya, ketika
bekerja buatlah suasana yang nyaman agar konsentrasi tetap terjaga dan kinerja
setiap karyawan tetap moncer. Bila kinerja membaik tentu hasil juga akan
meningkat dan berdampak pula pada pembagian bonus. Kebayang kan asik menerima
bonus gede?

  • Mengakibatkan Performa/Kinerja
    seorang Karyawan Menurun

Bila seorang karyawan/perkerja
terlalu sibuk dengan aktivitasnya sendiri seperti menggunakan smartphone, tentu
banyak pekerjaan terbengkalai. Akibatnya perlu waktu lebih untuk menyelesaikan
pekerjaan yang tertunda tadi.
Bila terus berlanjut,
bukan tidak mungkin berdampak langsung pada menurunnya kinerja. Hal ini dapat
dievaluasi dengan banyaknya pekerjaan yang tertunda. Pada akhirnya bermuara
pada kinerja perusahaan.
Untuk mengatasi hal ini,
biasakan untuk mendisiplinkan diri terutama waktu penggunaan smartphone. Awalnya
memang sulit, namun jika dibiasakan tentu akan semakin mudah.
Kata orang, bisa karena
terbiasa. Jadi gunakanlah pepatah sederhana dan jadul ini untuk mendisiplinkan
diri Anda untuk urusan penggunaan smartphone pada jam kerja.

  • Membahayakan keselamatan

Beberapa tempat yang
memiliki sinyal radio aktif yang tinggi penggunaan perangkat komunikasi tidak
diperbolehkan. Untuk alasan keselamatan pekerja maupun konsumen.
Ada banyak tempat yang
melarang penggunaan alat komunikasi seperti SPBU, Pesawat, Ruang Enginerring,
ruang kontrol radar dan sejumlah tempat lainnya. Khusus untuk pekerja di tempat
tersebut, ada aturan yang mewajibkan pekerjanya untuk tidak mengaktifkan
perangkat komunikasi semacam smartphone.
Selain itu, di
kantor-kantor juga sudah ada larangannya. Akibat penggunaan yang berlebihan,
keselamatan pengguna dan orang lain ikut dipertaruhkan.

  • Memicu sifat Individualisme di
    Lingkungan Kerja

Sifat indivudualisme
dilingkungan kerja tercipta karena kurangnya komunikasi antar personal, baik
dari atasan ke bawahan maupun sesama karyawan.
Salah satu pemicu
tingginya individualisme dilingkungan kerja adalah merebaknya penggunaan
smartphone. Bila seseorang sibuk dengan dirinya sendiri pasti tidak peduli
hal-hal disekelilingnya.
Banyak orang lebih
memilih berkomunikasi dengan dunia maya sehingga terlihat sibuk dengan dirinya
sendiri. Kebiasaan ini terus terbawa sampai ke kantor.
Bila sudah seperti ini
ego semakin meningkat, tindakan lebih mementingkan diri sendiri tanpa
memperdulikan orang lain. Untuk mengatasinya, mulailah dari diri sendiri dengan
menghindari kebiasaan asik sendiri terutama asik bersosialisasi dengan dunia
maya.
Bagaimana di lingkungan
kerja Anda sobat?
Setidaknya itulah 4 alasan mendasar
yang mewajibkan seoang pekerja/karyawan untuk menghentikan sejenak aktivitas
sosialita dengan smartphone.
Bagaimana ditempat kerja Anda sobat,
apakah bis membawa barang pribadi seperti smartphone atau malah mewajibkan untuk
tidak membawanya?

Bagikan pengalaman Anda dengan
rekan-rekan yang lain, barangkali dapat menginspirasi serta membantu orang
lain. Terima kasih atas kunjungan Anda. Jangan lewatkan juga Multitasking Mengganggu Produktivitas Kerja.

21 comments

  1. kalo di saya sebenernya tidak usah dilarang. karena sinyal juga susah. 🙂 paling jam tertentu saja menggunakan wifi

    1. Hahaha, bisa aja nih mang aduls….emang kerjanya dimana mang?

        1. Disitu kadang gue merasa sedih, pekerjaan banyak yang tertunda

    1. Hehehe, ente bisa aja mas bro….saya udah banyak posting tentang aqua dan booming pula!, silahkan berkunjung ke postingan aqua

  2. kalau kerjaanya simple kadang saya mengerjakan sambil membalas BBM , tapi kalau emang kerjaanya sedikit rumit dan butuh waktu, ya saya simpan aj tuh gadget.karena sudah pusing ditambah pusing lagi sama BBM mending disimpen aj.

    1. Iya bener tu mas, memang kerja memerlukan konsentrasi tinggi kalai tingkat kesulitannya tinggi

  3. kalo di sayah yang kadang bikin kesel itu yang menggunakan earphone. dengerrin lagu nkenceng2
    di tanya g nyahuti. jadi kesel sayah

    1. Itu juga sanat bikin kesel mang, maunya kita kan komunikasi kalau udah denger musik pasti lupa ama temen disamping

    1. Bos sih nggak nyita, cuma main pulpen aja untuk catat terus ni nanti dikumpul sampai akhir bulan

  4. fokus dalam bekerja adalah untuk hasil yang optimal, jadi kalau kerja sambil pegang smartphone ya gak bisa kerja mas,

    1. Betul mas, kalau pegang smartphone aja mana bisa kerja kecuai yang dipake bloonphone pasti bisa

  5. Tingkat konsentrasi individu berbeda” gan,,trus cara mereka membangkitkan konsentrasi juga berbeda,terkadang ada orang yg bisa konsentrasi dngan mendengarkan musik lewat hp..trus menurut saya,mendengarkan musik(hanset)saat bekerja justru mengurangi kita mengobrol saat bekerja,jd kita bisa fokus pd pekerjaan kita.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *