Mengapa Jaringan Internet Dunia Bakal Macet dalam 5 Tahun?

Ada apa dengan jaringan internet
dunia, kenapa pula bisa macet? Padahal kan jaringan internet itu ibarat jalan
tol, setiap pengguna wajib membayar bila melewatinya.
Bila sudah jaringan internet macet, ini
berarti penggunanya mungkin sudah membludak dan melebihi kapasitas. Dan yang
terjadi jaringan internet tidak mampu memenuhi arus hilir mudik data.
Sebagaimana diketahui, bahwa jaringan internet diseluruh dunia terhubung melalui kabel serat optik yang berada
dibawah laut bukan semata berasal dari jaringan satelit.

Baca juga: Permainan Panjat Pinang akan Dihapuskan dalam Perayaan Hari Kemerdekaan.

Kalau memang kenyataannya seperti
ini, seharusnya seluruh ahli jaringan dan sejumlah ilmuwan dunia sudah harus mulai
memikirkan solusinya. Ini bukan lagi tentang jaringan internet indonesia, kawasan asia
akan tetapi seluruh dunia.
Pas baca berita di kompas tentang
internet Bakal Macet dalam 5 tahun, rasanya kaget juga emang penyebabnya apaan?
Ada beberapa penyebab macetnya jaringan internet dunia, diantaranya:
  1. Kapasitas
    kabel serat optik tidak sanggup mengimbangi derasnya laju konsumsi konten
    berukuran besar.
  2. Laju
    pertumbuhan pengguna meningkat dan tidak berimbang dengan pertumbuhan
    jalurnya, udah kayak jalan raya aja nih.
  3. Layanan
    berbasis video streaming makin ramai digunakan, sehingga lebih rakus
    bandwidth.
Mungkin ini ibarat jalan tol yang
lalulintasnya padat, sementara kapasitas jalurnya tidak bertambah dan terbatas.
Bila sudah begini seluruh dunia yang akan terancam macet jalur internetnya.
Lantas bagaimana sesungguhnya
solusinya:
  1. Memperkuat
    kabel serat optik yang ada sekarang dengan menambah kekuatan cahaya, akan
    tetapi beresiko besar terjadinya perlambatan dalam memuat data yang
    berujung pada leletnya jaringan.
  2. Para
    ahli menyarankan untuk mengganti kabel serat optik dengan jenis yang baru,
    lebih besar dari yang digunakan sekarang. Harapannya dapat mengimbangi
    laju penggunaan data berukuran besar.
  3. Selama
    proses tersebut, bisa saja penggunaan jaringan internet dijatah atau
    dibatasi bila sudah macet. Nah lo, bisa saja jaringan internet di
    Indonesia makin lelet.
Berikut kutipan berita pada
kompas.com:

“Internet dunia terancam “macet”. Sebabnya, kapasitas
infrastruktur kabel serat optis yang menjadi tulang punggung jaringan global
itu tak akan sanggup mengimbangi derasnya laju konsumsi konten berukuran besar.
Apalagi, belakangan layanan-layanan rakus bandwidth macam video streaming makin ramai digunakan.
Kabel serat optis secara teoritis mampu menangani transmisi data
sebesar 100 terabit per detik atau setara dengan 250 buah piringan Blu-ray.
Meski terkesan besar, kapasitas ini diperkirakan sudah tidak memadai dalam
waktu hanya lima tahun ke depan.”

Bila kenyataan seperti ini teknologi digital diseluruh dunia
kemungkinan akan berganti lagi. Berganti model, bentuk serta ganti system. Wah,
bisa kembali lagi ke masa jadul atau jaman purba.

Artikel lainnya: Mau Beras, Kok dibuat dari Bahan Syntetis/Plastik, Kenapa Nggak Tanam Padi?

Mungkin juga inilah siklus atau perputaran zaman. Bisa saja kan
kembali lagi ke masa lalu. Perhatikan saja gaya berbusana yang ngetop tahun
70an hingga 80an, sekarang jadi ngetop lagi.
Khayalan saya mungkin terlalu tinggi nih, baiklah saya segera
akhiri perjumpaan kita kali ini. Semoga jaringan internet dunia nggak bakal
macet-macet sampai kapanpun. Jadi saya masih tetap bisa mengekspresikan segala
buah pemikiran melalui blog.

Terima kasih sudah berkunjung ya!

6 Replies to “Mengapa Jaringan Internet Dunia Bakal Macet dalam 5 Tahun?”

  1. Mangs Aduls

    wah bahaya kalo beneran macet.
    bisa – bisa ga bisa bikin status nih 🙂
    apalagi ngeblog.

    • daniel

      Jangankan update status atau blogging, BBM aja pasti sulit

    • daniel

      Hehehe, tenang aja selama kita mampu membayar pasti internet lancar kan ibarat jalan tol

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *