[KESEHATAN] Manfaat Daun Sirsak Untuk Kesehatan dan Cara Mudah Menyiapkannya!

Apakah Anda pernah makan buah sirsak?
Pasti tahu dong gimana rasanya, seger, manis dan sedikit rasa asam semakin
menambah nikmat buah sirsak. Apalagi kalau buah sirsak dijadikan jus, hmmmm rasanya pasti seger.
Sirsak, nangka belanda, atau durian belanda (Annona
muricata
 L.) adalah tumbuhan buah multiguna
yang berasal dari Karibia, Amerika Tengah dan Amerika
Selatan. 

Tahukah Anda, selain kesegaran
buahnya, daun sirsak juga memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh
kita. Simak ulasan langkapnya berikut ini: 

Kandungan yang Terdapat pada Buah dan Daun Sirsak:

Sirsak, Nangka Belanda, atau Durian
Belanda memiliki berbagai kandungan positif bagi kesehatan manusia, mulai dari
buah, daun, hingga pohonnya. Buah Sirsak banyak mengandung vitamin C, serta kandungan
serat dan nutrisi penting lainnya.
Daun sirsak ternyata mengandung
banyak manfaat untuk bahan pengobatan herbal, dan untuk menjaga kondisi tubuh.
Dibalik manfaatnya tersebut ternyata tak lepas dari kandungannya.
[KESEHATAN] Manfaat Daun Sirsak Untuk Kesehatan dan Cara Mudah Menyiapkannya!

Berikut beberapa kandungan yang terdapat pada daun sirsak antara lain:
acetogenius, annacatacin, annocatalin, annohexocin, annonacin, annomuricin,
anomurine, ananol, caclourine, gentisicacid, gigantetronin, linoleicacid, muricapentocid

Kandungan-kandungan tersebut, merupakan senyawa aktif
yang banyak sekali manfaatnya bagi tubuh, bisa sebagai obat penyakit atau untuk
meningkatkan kekebalan tubuh.

Artikel lainnya: 6 Manfaat Air Putih Hangat Untuk Kesehatan.

Manfaat Daun Sirsak Untuk Kesehatan:

Berdasarkan penelusuran di
Wikipedia, manfaat daun sirsak ternyata 10.000 lebih kuat kandungan dan
kemampuannya dari kemoterapi dalam mengobati kanker. Sekitar tahun 1965,
berbagai studi para ilmuwan menunjukan bahwa ekstrak daun sirsak memberikan
khasiat yang lebih baik dari kemoterapi, bahkan berfungsi memperlambat
pertumbuhan kanker.

Pada tahun 1976, National Cancer
Institute, telah melakukan penelitian ilmiah dan hasilnya batang dan daun
sirsak efektif menyerang dan menghancurkan sel-sel kanker. 

Beberapa penelitian menunjukan bahwa kandungan yang terdapat pada daun sirsak membantu mengatasi dan menghambat pertumbuhan berbagai sel kanker, obat berbagai penyakit, meningkatkan kekebalan tubuh.

Pengalaman Pribadi Mengkonsumsi Daun Sirsak:

Sebenarnya saya sudah lama tahu manfaat
daun sirsak untuk kesehatan, akan tetapi jarang sekali mengkonsumsinya. Kabar baiknya,
sudah seminggu ini saya rutin mengkonsumsinya dan badan saya terasa seger. 

Meskipun
hujan-hujanan, atau panas-panasan, kondisi tubuh tetap fit. Dengan begini,
bukan berarti kita juga harus berpanas-panasan dan hujan-hujanan, akan tetapi
perawatan juga lebih penting.

Anda tidak perlu khawatir, daun
sirsak tidak ada efek samping atau kontra indikasi karena tergolong herbal
alami. Dikonsumsi setiap hari juga aman, asalkan dengan cara dan dosis yang
sesuai.

Sirsak tergolong tumbuhan yang mudah
sekali untuk ditanam, bahkan dipekarangan rumah sekalipun dapat tumbuh dengan
subur. Bila Anda hobi menanam, tidak ada salahnya menanam tumbuhan sirsak, di
pekarangan rumah Anda.

Baca juga artikel tentang: Bermimpi Saat Tidur, Selain Sehat Juga Membawa Rejeki Semakin Dekat.

Cara Menyiapkan Daun Sirsak untuk Minuman kesehatan:

  1. Ambil dan cuci daun sirsak sebanyak
    7 lembar.
  2. Campur dengan air bersih
    sebanyak 2 gelas @200 ml.
  3. Rebus dengan air bersih selama
    20 menit atau hingga airnya menjadi 1 gelas.
  4. Setelah selesai, dinginkan air
    rebusan di dalam gelas.
  5. Terakhir, Minum sekaligus
    hingga habis.

Catatan: Untuk menjaga daya tahan tubuh Anda, baik di konsumsi secara rutin setiap hari.

Demikian informasi yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat untuk Anda.

6 Replies to “[KESEHATAN] Manfaat Daun Sirsak Untuk Kesehatan dan Cara Mudah Menyiapkannya!”

    • daniel

      Iya mas, memang banyak manfaatnya tuh…..coba aja mulai sekarang mas, rasakan bedanya

  1. hendri hendriyana

    habis minum itu langsung seger ya mas?saya jadi pengen nyoba deh.biasanya saya suka ngopi biar seger.hehe

    • daniel

      Bener mas langsung seger, tapi ngga pertama kali minumnya mas, kan beda sama obat reaksinya….minum ke dua baru kerasa manfaatnya….dan benar2 maknyus. Minum pertama kali masih belum terlalu, tapi udah ada tandanya kok

    • daniel

      Iya mas, pada dasarnya daun sirsak banyak kandungan bermanfaat dan sudah sejak dulu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *