Cara Melatih Ketenangan Jiwa Sehingga Melahirkan Inspirasi Dalam Menulis Artikel

Ketenangan Jiwa memang keadaan yang mutlak diperlukan untuk memperoleh Inspirasi Dalam Menulis. Boleh dibilang, Jiwa yang Tenang Menghasilkan Artikel Yang Berkualitas. Bila suasana tenang dan nyaman, akan banyak melahirkan Inspirasi, nah dari Inspirasi ini biasanya muncul ide, dan akhirnya tertuanglah dalam sebuah artikel yang disajikan kepada pada penggemar blogger sejagat yang berasal dari berbagai kalangan.
Ketenangan Jiwa Melahirkan Inspirasi

Pertanyaannya: Sanggupkah kita menulis sebuah artikel yang berkualitas bila kondisi jiwa kita sedang panik, galau dan tidak tenang?

Memang, ada orang yang mampu untuk mengelola kegalauannya menjadi sebuah energi, dalam hal ini Jurus Kepepetlah yang Dikeluarkan karena akan Menghasilkan Energi yang Dasyat. Terkadang dalam keadaan terjepit, kepepet atau serba sulit biasanya bisa menghasilkan sebuah karya, namun tidak semua bisa melakukannya.

Untuk memperoleh Ketenangan Jiwa, dapat dilakukan berbagai latihan-latihan, terutama meditasi, relaksasi dan Yoga. Seperti apa bentuk latihannya, berikut penelusuran khas Catatan Inspirasi yang disajikan khusus untuk Anda.

  • Meditasi
Pada tingkat awal, meditasi adalah sebuah alat. Meditasi dapat membantu memerangi stress, meningkatkan kesehatan fisik, meringankan nyeri kronis, membuat Anda tidur lebih baik, merasa lebih bahagia dan lebih damai. 
Pada tingkat lanjut, meditasi adalah sebuah pintu ke arah yang tidak diketahui. Hal ini dapat membantu kita mengungkapkan misteri siapa diri kita. 
Ketika anda mulai bermeditasi, anda akan melihat bagaimana liarnya pikiran anda. Pemikiran tentang masa lalu atau masa depan akan berdesakan dengan keberadaan anda di masa sekarang. Kadang-kadang memori ini menyakitkan anda dan terjadi berulang-ulang.
  1. Sikap Duduk dikursi atau Bersila di lantai.
  2. Mata, coba dan jaga agar mata tepat terbuka.
  3. Fokus, berusahalan untuk fokus dalam meditas agar Anda menyadari semua proses itu. Nafas, bernafaslah secara teratur.
  4. Menghitung Nafas Anda, dalam meditasi kuno ada trik untuk menghitung nafas, mulai dari 1 sampai 4, setelah itu kembali lagi ke 1, begitu seterusnya.
  5. Pikiran, cobalah untuk fokus pada pikiran, jika sulit melakukannya berusahalan untuk fokus pada nafas Anda.
  6. Emosi, akan sulit untuk meditasi bila tingkat emosi sedang tinggi. Fokuslah pada perasaan tubuh dan nafas Anda, karena dengan begitu, akan semakin membuat reda emosi Anda.
  7. Hening adalah Penyembuhan.
  8. Lama meditasi, untuk pertama kalinya lakukannya selama 10 menit.
  9. Tempat, Pilihlah tempat yang tenang dan nyaman agar Anda semakin merasakan hasil dari meditasi.
  10. Kenikmatan, Yang terpeting dalam hal mediasi adalah menikmati, cobalah untuk santai dan sambil tersenyum.
  • Relaksasi
Relaksasi bertujuan untuk mengurangi stress. Stress bisa datang kapan saja akibat tekanan disekitar kita, baik itu lingkungan pekerjaan, keluarga, hubungan sosial, dan lain sebagainya. Walaupun beberapa ahli mengatakan, bahwa stress baik untuk seseorang dalam meningkatkan indra dan mempertajam pikiran, namun jika berlebihan akan berakibat buruk pada kesehatan mental dan fisik/tubuh kita.
  1. Meditasi, mengalihkan perhatian dari rutinitas ke aktivitas yang lebih santai.
  2. Bayangkan Sesuatu Yang Rileks
  3. Bernafas Dalam Dalam
  4. Minum Teh Hangat, merupakan resep tradisional untuk membuat pikiran menjadi tenang.
  5. Melakukan Pijatan pada Diri Sendiri
  6. Berhenti Sejanak, (time out), disaat stres sedang memuncak, berhenti sejenak dari aktivitas Anda. Temukan tempat yang tenang untuk duduk bahkan untuk berbaring.
  7. Mendengarkan Musik Relaksasi, dapat membantu Anda menjadi tenang tentunya dengan musik yang tempo nya ringan.

Untuk sementara, sampai disini dulu sharing kali ini tentang Ketenangan Jiwa Melahirkan Inspirasi Dalam Menulis Artikel, semoga bermanfaat dan dapat menjadi Inspirasi bagi Anda.

Pesan

2 comments

  1. Artikelnya lumayan menarik gan, cuma pembahasnnya belum terlalu mendetil, kalau memang bisa dijelaskan juga tahap demi tahapannya gan biar semakin membantu….

    Maaf ya, bukannya mau mengkritik tapi hanya sekedar masukan….syukur kalau di ikuti…

    1. mmmm gitu ya, trims atas masukannya gan, nanti akan saya perbaiki pada artikel selanjutnya. Semoga semakin membantu pengembangan konten dalam blog Catatan Inspirasi

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *