19 Jenis Keterampilan yang Harus Dimiliki Wirausaha Agar Sukses Menjalankan Bisnis

keterampilan yang harus dimiliki wirausaha

Anda tentu sudah memiliki bayangan tentang judul diatas, sehingga dikepala Anda muncul pertanyaan, “keterampilan apa yang sudah saya kuasai?”. Faktanya, para pebisnis besar memiliki sifat tertentu yang identik satu sama lain.

Beberapa keterampilan terpenting diantaranya: haus dengan pendidikan yang berkelanjutan, semangat dan motivasi yang tinggi, tujuan-tujuan dan ambisi yang kuat, visi yang jelas dan selalu punya hasrat (passion) yang besar.

Sayangnya, sifat saja tidaklah cukup untuk menjalankan bisnis apalagi mau sukses. Selain sifat tersebut, mereka (para pebisnis sukses) juga menguasai berbagai keterampilan.

Jika anda seorang pebisnis pemula, atau Anda ingin menjadi pebisnis atau setidaknya ingin memiliki mental pebisnis, maka anda datang pada tempat yang tepat. Mudah-mudahan Anda gak nyasar ya!!

Artikel lain: Cara Mencipatakn Peluang Usaha Sendiri dalam 5 Langkah.

Selanjutnya apa? Ya, Sebentar lagi kita akan mengungkap rahasia penting dalam membuat bisnis yang sukses.

Penasaran? Ingin tahu lebih lanjut tentang keterampilan yang harus dimiliki wirausaha dalam mensukseskan bisnis, berikut penelusuran selengkapnya.

 

Keterampilan Komunikasi

keterampilan yang harus dimiliki wirausaha

1.Menulis (Tertulis)

Kebanyakan orang bisnis menghabiskan waktu untuk berkomunikasi secara tertulis. Memo interm dan fax mungkin sudah kuno. Kini zamannya anda akan berperang beberapa jam dengan inbox, entah melalui email atau sosial media.

Mulai dari laporan, proposal, resume, dan lainnya. Karena itu, untk sukses dalam bisnis, anda perlu menguatkan keterampilan dalam mengolah kata-kata dalam bentuk tertulis.

2.Networking Sosial

Tidak semua orang bisa bergaul dengan baik. Sebagian dari kita bahkan mugkin sulit untuk memulai percakapan dengan orang lain. Karena itu kita wajib belajar keterampilan ini, agar bisa membangun networking dalam bisnis.

3.Bicara

Berbicara di depan umum menempati urutan tertinggi dalam rasa takut yang paling populer di dunia. Anda harus menguasainya dan kabar baiknya, cara terbaik adalah dengan mempraktekannya.

Anda mungkin merasa lebih nyaman bekerja dibalik meja, tetapi adakalanya anda harus menyampaikan presentasi. Jadi akan lebih baik punya pengalaman sebelum Anda terpaksa tampil ketika anda tidak siap.

4.Menjual

Anda mungkin mengira tidak perlu menjual, tetapi kita semua menjual setiap hari. Bahkan sebelum hari pertama dimulai Anda sudah menjual, mulai dari wawancara sampai minta kenaikan gaji.

Dalam kehidupan normal, kita juga menjual membujuk pasangan bahwa Anda benar-benar perlu membeli sesuatu. Keterampilan membujuk (menjual) benar-benar diperlukan.

5.Negosiasi

Jika anda tak bisa menjual, mungkin dapat negosiasi. Banyak keterampilan yang sama, tetapi anda akan menemukan, orang-orang dalam bisnis sangat kuat dalam hal tawar menawar.  Jika tak punya keterampilan ini, kemungkinan akan merugi terus menerus.

Keterampilan Perencanaan

6.Strategi

Bisnis yang beralih dari satu krisis ke kiris lainna tidak akan bertahan lama. Jika anda yang memimpin, anda harus menetapkan aturan. Apakah anda bisa melihat jelas jalan didepan Anda? Untuk itulah diperlukan startegi agar bisa melihat peta jalan kedepan.

7.Keuangan

Alasan utama sebuah bisnis gagal adalah perencanaan keuangan yang buruk. Semua cash flow ke arah yang salah. Untuk itu, diperlukan pegangan yang kuat dalam angka.

 

Keterampilan Mengenali Bahaya

keterampilan yang harus dimiliki wirausaha

8.Manajemen Resiko

Sifat pencemas kadang ada gunanya dalam bisnis. Anda mungkin akan melihat kemungkinan adanya lubang di jalan atau jebakan dalam setiap rencana. Jika bisa membayangkan bahaya, tentu anda akan dapat menghindarinya.

 

Keterampilan Bidang Logistik

keterampilan yang harus dimiliki wirausaha

9.Menyediakan Logistik

Uang hanyalah salah satu sumber daya yang anda perlukan. Setiap bisnis punya input dan output. Anda perlu orang-orang yang tepat untuk pekerjaan yang tepat, dengan apa yang mereka perlukan ketika memerlukannya untuk menyelesaikan pekerjaan.

Logistik mungkin tak akan membuat anda menjadi model sampul majalah bisnis, tetapi akan membuat anda jadi pahlawan di kantor Anda. Hayo, jangan anggap remeh logistik ya jika bisnisnya mau mengalir lancar.

 

Keterampilan Produktivitas

keterampilan yang harus dimiliki wirausaha

10.Manajemen Waktu

Ada bos yang memang tak bisa datang tepat waktu dalam rapat. Selalu datang 10 menit (bahkan lebih) dalam keadaan tidak siap. Seperti baru bangun tidur dari semak-semak saja.

Dengan menguasai keterampilan dalam manajemen waktu, anda akan berhasil mengurangi stres dan bisa meningkatkan respek. Ingin tahu lebih lanjut tentang time management, bisa Anda baca artikel tentang  cara mengatur waktu dengan baik.

11.Manajemen Rapat

keterampilan yang harus dimiliki wirausaha

Kebanyakan dari kita sangat membenci rapat, tetapi rapat adalah fakta kehidupan bisnis yang sangat dibutuhkan. Sayangnya selalu ada sejumlah orang yang sedang rapat hanya untuk menghindari atau mengelak dari pekerjaan riil. Selalu banyak cara untuk rapat.

Mulai dari berpegang erat pada agenda dampai rapat standing up sebelum makan siang. Apapun jenisnya, jika memungkinkan buat rapat produktif dan dengan pengendalian, bisnis akan semakin maju.

12.Kepemimpinan

Dalam sebuah bisnis benar-benar diperlukan keterampilan memimpin. Apakah anda bisa membuat orang-orang mengikuti Anda? Apakah adan bisa menyuruh orang-orang mengerjakan hal-hal yang tak ingin mereka kerjakan demi kebaikan tim?

13.Membuat Sistem

Jika anda harus menciptakan ulang roda, kemungkinan akan ada yang salah besar. Sistem yang efektif mendatangkan konsistensi, efisiensi dan mengurangi biaya.

Belajar cara menciptakan dan melaksanakan sistem manusia maupun automatci, akan  membuat bisnis lebih kompetitif.

14.Produktivitas Pribadi

Apa irama Anda, kapan Anda lebih ramah, berorientasi pada tujuan, kreatif atau kurang energi?

Anda cemerlang dalam bidang apa dan lemah dalam bidang apa?

Sebelum memimpin siapa pun, anda perlu belajar bagaimana caranya anda bisa paling produktif.

 

Keterampilan Kreativitas

keterampilan yang harus dimiliki wirausaha

15.Imajinasi

Banyak orang sering mengabaikan sisi kreatif karena menganggap pikiran logis lebih baik. Akan tetapi kenyataannya, pebisnis yang paling sukses juga paling imajinatif.

16.Daya Cipta

Jika anda bisa membayangkan, maka anda bisa mencipta. Jika Anda bisa mencipta anda bisa menjualnya.

Perhatikan sekeliling Anda, pikirkan barang apa yang anda beli dan gunakan, pasti ada seseorang yang punya ide sebelum membuat dan menjualnya kepada Anda. Anda akan terkaget-kaget, faktanya lebih banyak produk yang diciptakan dikantor marketing ketimbang di garasi.

17.Menyelesaikan Masalah

Bagian terbesar dalam bisnis yang mampu bertahan adalah menyelesaikan masalah secara cepat dan efektif. Pegawai yang bisa bekerja ditengah krisis sambil mengatasi masalah adalah aset untuk semua bisnis. Cari (temukan) dan peliharalah mereka dengan baik.

18.Brainstorming

Sebagian orang beranggapan bahwa brainstorming adalah mengemukakan ide-ide gia sambil mengejek kontribusi orang lain sambil minum kopi, makan kue dan bercanda dengan sekertaris.

Mungkin itulah salah satu sebab mengapa brainstorming mendapat nama buruk. Untungnya, jika Anda bisa brainstorming ide hebat, anda akan selalu berada satu langkah didepan.

19.Membuat Koneksi

Terkadang, ide terhebat merupakan gabungan dari dua ide lainnya yang tidak saling terkait. Jika tidak bisa membuat koneksi dalam bisnis, apalah artinya memiliki masing-masing 1 ide habat, semua akan berakhir.

 

Kesimpulan

Anda tidak harus menguasai semua keterampilan diatas terlebih dahulu baru memulai bisnis, yang ada malah bisnis Anda gak jalan-jalan. Cukup menguasai keterampilan yang Anda anggap paling penting, selebihnya bisa Anda pelajari sambil berjalan.

Anda bisa merekrut karyawan yang memiliki keahlian atau membayar jasa freelancer untuk jenis keterampilan yang belum Anda kuasai.

2 Replies to “19 Jenis Keterampilan yang Harus Dimiliki Wirausaha Agar Sukses Menjalankan Bisnis”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *