Kiat Praktis Agar Tidak Kehilangan Pekerjaan

kiat praktis agar tidak kehilangan pekerjaan

Anda pasti sering membaca sebuah artikel tentang cara mendapatkan pekerjaan baru entah itu mencarinya di internet atau majalah. Akan tetapi faktanya, setelah kita mendapatkan pekerjaan, kita juga harus mempertahankannya.

Sebuah pepatah bijak mengatakan: “Seekor burung ditangan lebih baik dari pada dua ekor burung di semak belukar”.

Dunia kerja tak ubahnya seperti dunia asmara, kita selalu lebih menarik untuk pelamar profesional ketika kita sudah memdapat posisi yang bagus. So, bagaimana caranya bertahan pada pekerjaan Anda sekarang, di zaman yang sangat menantang ini?

Jika anda mulai dengan berikir, “apa yang harus saya lakukan agar tidak kehilangan pekerjaan, kemungkinan anda  akan berada dibarisan pengangguran” begitu pendapat Jason Seiden, dalam bukunya yang berjudul Staying Power,: What You Need to Become Valuable anda Resilient at Work.

Artikel lain: 11 Langkah Strategis Menghadapi Pertempuran Dunia Kerja yang Kompetitif.

Ia menyarakan para pegawai untuk mulai menyadari bahwa dunia lama kini sudah lenyap. Dimana modern, perubahan terjadi setiap saat. Yang permanen adalah ketidakpastian.

Nah, agar Anda bisa mempertahankan pekerjaan Anda sekarang, gunakan strategi berikut untuk merangkul ketidakpastian dan berkembang di tengah kekacauan pada posisi Anda sekarang ini.

 

1.Selalu Percaya Pada Diri Sendiri

Seiden, ahli kepemimpinan dan perkembangan karir mengatakan, “Bekerja seakan Anda percaya diri total bahwa pekerjaaan anda ini untuk Anda selamanya”. Jika Anda membawa kecemasan ke tepat kerja, perlahan tapi pasti orang-orang akan menciumnya, tegasnya.

Ia menganjurkan para karyawan agar menghindari paranoia setiap saat, bertanya-tanya mengapa anda tidak mendapat proyek atau tugas tertentu.

“Sekalipun Anda melihat tulisan di dinding, bahwa pekerjaan tidak untuk selamanya, anda harus memasang blinder”, tegasnya lagi. Teruslah tampil secara fisik dan mental, lalu kerjakan tugas dan pekerjaan anda dengan baik dan mulai sekarang juga.

 

2.Jangan Tanya Kejelasan

Tak ada orang yang mendapat feedback atau pengarahan yang cukup saat ini. Jika tempat anda terus berubah seperti kebanyakan tempat kerja lainnya, kemungkinan anda akan mendapatkan lebih sedikit lagi.

Lebih baik lupakan itu.

Jika seorang pegawai menanyakan semua detil tentang sebuah proyek, maka bos akan menilainya kurang berpikir kritis, dan kurang bisa menangani ketidakpastian. Dan yang jelas, pegawai type ini kurang mandiri, tega Seiden.

Ia mendorong para profesional untuk menciptakan lingkungan sendiri ditempat kerja dan menyelesaikan masalah sendiri, terlepas dari bos Anda micromanager atau bukan.

 

3.Selalu Gunakan Bahasa Positif

Menurut Seiden, ini sangat mendasar,sangat taktis dan sangat kuat. Semantik itu amat penting. Anda perlu membingkai sesuatu secara positif. Sikap “saya bisa” akan membantu anda bertahan, kendati pun segala sesuatu tampak sulit.

“Jika anda perlu sumber daya untuk sebuah proyek, jangan pernah bilang sama bos, “Saya tidak bisa mengerjakan ini kalau tak ada sumber daya”, akan lebih lebih baik jika anda berkata, “Tentu saja saya bisa mengerjakannya dan saya perlu sumber daya ini”. Hal ini merupakan cara sederhana untuk menyelamatkan pekerjaan Anda saat ini,tegas Seiden.

“Jika anda membayangkan orang-orang yang anda sukai, anda akan menyadari betapa hebatnya bahasa positif” timpalnya.

 

4.Temukan Passion di tempat Anda Berada

Jangan pernah berkhayal tentang pasar akan cukup membaik bagi anda untuk melompat ke kapal lain dan mengejar Passion Anda. Seiden menyarankan lebih baik akhiri kebiasaan mencari pekerjaan impian danmulailah menciptakannya dimana anda berada sekarang.

Anda tidak mengikuti passion anda, tetapi Anda mengembangkannya.

Passion ibaratkan apa didalam perut yang bisa digunakan sebagai pemicu. Buat api anda menyala dan ciptakan pekerjaan yang Anda inginkan sekarang.

Artikel lain: Cara keluar dari Zona Nyaman Pekerjaan yang Tampak Mustahil.

Seiden juga menyarankan agar para profesional menetapkan tujuan-tujuan kecil yang bisa diraih setiap hari. Kebanyakan pekerjaan tidak menarik, akan tetapi jika anda fokus pada tujuan setiap hari, anda akan mendapat kepuasan.

Mulailah merasa senang mengerjakan bagian tugas anda dalam pekerjaan anda saat ini, lalu pikirkan apakah anda ingi terus melakukannya. Kebanyakan orang tidak ingin mempertaruhkan pekerjaannya, jadi bertahan pada pekerjaan Anda sekarang tidaklah buruk.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *