11 Komentar Aneh Masuk pada Postingan ‘3 Cara Mudah Menyiapkan Tabungan untuk Masa Depan”

Banyak komentar masuk setiap harinya
menandakan pengunjung mengapresiasi postingan. Entah itu karena postingan yang bermanfaat, informatif
atau mungkin juga pengunjung senang karena telah membaca isi postingan.
Bagi si penulis ini merupakan suatu kebanggaan tersendiri. Semakin banyak komentar berarti semakin banyak pula yang membaca baik keseluruhan, sebagian atau hanya membaca judul postingan. 
Indikator artikel yang baik sebenarnya bukan banyaknya komentar masuk atau seberapa banyak yang sharing atau membaca. Melainkan sejauh mana artikel tersebut memberi manfaat, baik bagi pembaca maupun bagi si penulis.
Namun apa yang terjadi bila
postingan hanya dihiasi oleh komentar aneh, nggak jelas, panjang tapi kosong,
nggak relevan, numpang promosi atau apalah. Rasanya sia-sia juga postingan kita
yang sudah didedikasikan untuk pembaca yang benar-benar manusia malah dibaca
oleh mesin yang ga jelas.
Sebelumnya saya sempat posting
tentang 3 Cara MudahMenyiapkan Tabungan untuk Masa Depan, pada tanggal 24 maret 2015. Nggak
lama berselang, sekitar sebulan kemudian masuk komentar aneh yang intinya
menawarkan pinjaman.

11 Komentar Aneh Masuk pada Postingan '3 Cara Mudah Menyiapkan Tabungan untuk Masa Depan"

Setelah itu, sering masuk komentar
aneh yang nggak jelas dan membingungkan. Ah, ya sudahlah biarkan saja toh yang
komen juga saya nggak kenal, lagian mungkin dia numpang promosi atau memberi
kesaksian.
Itu ketika baru 1 komentar aneh yang
masuk, lama kelamaan menjadi banyak juga. Dan sekarang jumlahnya sekitar 12,
karena tadi pagi sebelum saya tulis artikel ini ada masuk satu komentar lagi. Cek ke TKP untuk melihat-lihat komentar aneh, tapi jangan lama-lama bacanya nanti malah pusing.
Rasanya postingan ini tidak terlalu
populer tapi kok mau aja numpang promosi, gimana kalau blog ini sudah populer
ya. Wuih pasti banyak komentar spam yang masuk dan pastinya sebagai penghias
artikel. Lumayan kan untuk meramaikan postingan dengan komentar-komentar aneh.

Baca juga: Blogwalking Membawa Manfaat yang Baik Bagi Kesehatan Blog.

Inilah cerita saya tentang komentar
aneh pada postingan aneh dan dengan seorang blogger yang aneh juga. Bagaimana dengan
Anda sobat blogger, apakah Anda pernah punya pengalaman yang sama dengan yang
saya alami?
Saya rasa Anda semua juga pernah
mengalaminya kan? Ini mungkin karena saya tidak membuat moderasi pada komentar
yang masuk. Sebenarnya saya dulunya mengaktifkan moderasi komentar, akan tetapi
belakangan karena banyaknya komentar yang masuk saya juga kewalahan.
Akhirnya, moderasi komentar saya nonaktifkan
kembali dengan harapan komentar langsung muncul tanpa harus dimoderasi. Sayangnya
hal ini justru membuat komentar spam berkeliaran dengan mudah dan sepertinya harus
ditertibkan.
Ya sudahlah, mungkin ini pelajaran
bagi saya dan mungkin Anda semua. Bila moderasi komentar tidak diaktifkan ada
kemungkinan banyak komentar spam yang masuk.

Artikel lainnya: Cara Termudah Mengetahui Posisi Artikel pada Persaingan SERP Google.

Sekian dulu ya coretan pagi ini kalau tidak berkenan ditutup aja terus ga usah tinggalkan komentar, dan
terima kasih sudah berkunjung.

12 Replies to “11 Komentar Aneh Masuk pada Postingan ‘3 Cara Mudah Menyiapkan Tabungan untuk Masa Depan””

  1. azizi rubangi

    Ya namanya juga media sosial, gak di blog, di forum2 yang besar aja banyak spam yg gak di hapus aama momodnya

    • daniel

      Iya bener mas, mungkin sekalian untuk koleksi, kecuali yang titip link biasanya langsung masuk spam atau saya hapus kontennya

  2. rudhy theart

    Penasaran pengen baca komentarnya, tapi kalau di zoom gambarnya, tulisannya jadi kabur… jadi cuman bisa bilang di bawa sabar aja mas hehehhe

    • daniel

      Kalau penasaran langsung aja menuju ke TKP mas Rudhy…..jelas disitu….panjang banget komentrnya

      • daniel

        langsung ke TKP aja Mang Adusl biar nggak penasaran, gambar sengaja saya kecilkan biar ga berat loadingnya

  3. santika fadilah

    untuk artikel tertentu aku malah tutup kolom komentar karena banyaknya spam yang menurunkan posisi serp, resikonya dari sesama bloger turun pengunjungnya.. kalau banyak waktu lebih baik dibiarkan dan disaring ya mas..

    • daniel

      Iya teh, makasih atas sarannya……jd komen spam hrs dihapus ya biar ga hanggu serp

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *