Konten yang Renyah Harus Berimbang dengan Judulnya

Banyak blogger tidak terlalu pusing
dengan judul, melainkan fokus pada isi artikel. Sebagian lagi justru malah sebaliknya,
fokus pada pembuatan judul, mengenai isinya cukup dipoles sedikit yang penting judulnya
menarik dan mengandung magnet.
Nah, ada juga yang membuat keduanya
(Judul dan Isi) berimbang, artinya sama-sama menarik. Menurut Anda, manakah
diantara kedua pemikiran ini yang akan memperoleh hasil yang maksimal?
Ya, jawabannya simple yaitu konten
yang memiliki judul magnet, karena banyak diklik pembaca yang mencari informasi
terkait dan tertarget. Sementara judul yang biasa namun isinya fantastis
terkadang kalah bersaing dan kurang diminati.
Ini mungkin kebanyakan orang menilai
sesuatu dari covernya (sampulnya). Ibarat buku nih, jika cover tidak menarik
maka tidak akan jadi buku best seller di toko buku, padahal belum tentu isinya
sejelek covernya.

Perhatikan
Selera Konsumen dan Pasar

Konten yang Renyah Harus Berimbang dengan Judulnya
Brother, inilah pasar, jadi siapa
saja yang mampu memainkan perannya dan mengundang emosi pembaca pasti akan
mendapat perhatian lebih, demikian pula sebaliknya.
Diluar sana saya melihat, banyak
sekali artikel berbobot diposting dan masuk dihalaman pertama google, namun
judulnya tidak mengandung magnet akhirnya luput dari perhatian pembaca. Untuk itu,
optimasi pada judul juga penting asal jangan berlebihan dan tidak berimbang
dengan isi.
Jika hal ini terjadi, pembaca memang
melakukan klik akan tetapi setelah membaca alinea pertama langsung pergi
berlalu. Bukankah hal ini sama saja menipu pembaca?
Jadi antara judul, isi konten dan
promosi harus benar balance jadi tidak ada yang merasa dirugikan apalagi merasa
tertipu. Ringkasnya begini: judul menarik, isi berbobot dan sesuai konteks
judul, trus jangan lupa dipromosikan, Jika ketiganya dikombinasikan, pasti akan
menghasilkan.

Kenyamanan
Kita Menulis

Konten yang Renyah Harus Berimbang dengan Judulnya
Blogging adalah hobi jadi jangan
sampai menjadikan kita terbebani dengan segala aktivitasnya, salah satunya kenyamanan
dalam menulis. Bila terlalu fokus pada kata kunci, judul dan lain sebagainya,
ada kemungkinan tidak membuat kita nyaman.
Ingat, masing-masing orang memiliki
karakter tersendiri dan keunikannya pula, jadi tidak usah ikut-ikutan apalagi
meniru karya orang lain atau ingin bergaya seperti idola Anda. Anda adalah Anda
dan bukan yang lain, jadi jadilah diri sendiri.
Masih ingat kan tentang blogger
ternama Linda Ikeji, menurut pemahaman saya beliau menulis dari hatinya dan
sesuai dengan style yang dimiliki. Sekali lagi hal ini membuktikan bahwa
menjadi diri sendiri itu sangat nyaman dan tentunya sangat baik untuk jangka
panjang.

Tentang
Judul dan Isi Artikel

Konten yang Renyah Harus Berimbang dengan Judulnya
Beberapa hari yang lalu saya pernah
memposting tentang cara
agar artikel dishare pengguna sosmed
, ada tanggapan/komentar yang sangat
menarik. inti dari komentarnya adalah pentingnya kesesuaian judul, isi dan
gencarnya promosi.
Saya sangat paham bahwa seorang
blogger memiliki kekuatan masing-masing, jadi sudah barang tentu tidak hebat
dalam segala hal. Sangat penting kita fokus pada
kelebihan
yang kita miliki untuk dibagikan dengan pembaca kita, terutama
artikel yang renyah.
Banyak cara
menulis judul artikel yang menarik
, terlebih yang sesuai dengan kemampuan
kita dalam menguraikannya. Judul dan isi yang sesuai akan jauh lebih baik dan
memiliki manfaat dimata pembaca maupun mbah google.
Jadi jangan sia-siakan semua hal
diatas, percuma kan judul fantastis tapi isinya kosong, yang ada malah tong
kosong nyaring bunyinya.

Kesimpulan

 

Perpaduan antara judul dan isi artikel
yang menarik akan semakin memperkaya imajinasi dalam penyajian kepada pemirsa Anda. Jangan
lewatkan pula untuk mempromosikan secara masif dapat bersaing di pasar.
Selain mempromosikan
artikel, mempopulerkan blog juga tak kalah penting kok. Jika Anda sudah populer
dan terkenal, pasti akan semakin diburu pembaca, apapun yang Anda tulis.
Itulah beberapa hal yang dapat saya sampaikan terkait penulisan konten pada kesempatan kali ini. Jika Anda memiliki pendapat berbeda, beritahu saya melalui kolom komentar dibawah ini.

Pesan

8 comments

  1. izin menyimak dulu mas danie, intinya kalo bagi saya judul artikel sama konten harus ada kaitanya mah 🙂 dan judul yang unik pasti pembaca akan merasa penasranda ingin membacanya 🙂

    1. pastinya sih gitu mas mukhlis, urusan judul ama isi harus nyambung dan bobotnya A. Trus judul yang unik akan mengundang klik

  2. saya setuju mas daniel, keduanya memang harus renyah dibaca mau judul ataupun isi artikel ya mas..
    tapi kadang saya agak kesulitan untuk mencari judul yang pas, kalo judulnya menarik tapi terlalu panjang itu seo ga mas???saya pernah denger kalo mau bikin judul panjang 7kata cukup, kalo lebih dari 7 kata takut ga seo juga sih..

    1. Kalau menurut saya sih judul panjang itu nggak masalah, bahkan lebih deskriptif, jadi pembaca nggak bingung. Keyword yang panjang juga memungkinkan kemudahan persaingan di mesin pencari mas, tergantung temanya apa sih mas…intinya judul itu mengundang rasa penasaran

  3. keduanya memang harus saling berkesinambungan agar pengunjung tertarik jika dishare di Sosmed karena melihat judul, setelah kita dapat pengunjung dari Sosmed jangan kita sajikan konten yang hambar karena itu bisa berefek pada kedepannya saat kita sahre orang lain sudah menduga artikel itu tidak jelas,,, jadi benar opini mas Daniel dan saya setuju antara konten dan judul harus punya kekuatan yang sama 🙂

    1. Idealnya sih seperti itu mas irwin, dan saya sedang mencoba ke arah sana

  4. Betul banget itu gan, tapi kebanyakan situs berita bikin judul artikel yang kontroversial dan isi nya nggak sesuai, jadi nya pembaca kecewa deh hhhh

    1. Kalau berita dan media besar kebanyakan emang seperti itu mas karena mereka udah punya nama dan jurnalisnya juga udah terlatih…bis saja berita pesanan

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *