Mengenalkan Cara Menabung yang Baik Sejak Dini kepada Anak Usia Sekolah

Kegiatan Mari Mulai Menabung yang di laksanakan di SDN 1 Sosok Kecamatan Tayan Hulu terselenggara berkat kerja sama antara Koperasi Kredit (CU) Pancur Kasih TP Sosok dengan pihak Sekolah SDN 01 Sosok.
Yang menggagas kegiatan ini adalah Kepala Sekolah SDN 01, Bapak Robertus Ajon, S. Pd sehingga kegiatan tersebut telah sukses terselenggara pada hari sabtu tangal 29 Maret 2014. Peserta kegiatan ini sangat antusias mengikuti kegiatan tersebut, peserta yang hadir berjumlah 80 orang yang terdiri dari siswa/i kelas 4 (empat), 5 (lima), 6 (enam) serta 4 orang guru yang turut serta mendampingi.
Dalam pembukaannya Pak Ajon menuturkan bahwa telah ada muridnya yang amulai menabung namun belum diorganisir dengan baik. Beliau berharap dengan kehadiran pihak Koperasi Kredit (CU) Pancur Kasih TP Sosok ke sekolah mereka akan semakin memotivasi siswa/i didiknya untuk menabung.
Kedepan akan semakin banyak siswa/i didiknya yang akan menabung dan tentunya dapat melalui guru wali kelas atau langsung pada kepala sekolah.
Setelah pembukaan dari pihak sekolah dilanjutkan pemaparan dari pihak Koperasi Kredit (CU) Pancur Kasih TP Sosok yang diwakili oleh Rupinus Doni dan Daniel. Disampaikan pula tentang profil lengkap lembaga serta syarat untuk menabung khusus pelajar.
Produk yang ditawarkan adalah Sipintar. Sipintar ini adalah simpanan khusus untuk pelajar, produk yang dikhusus bagi anggota dan calon anggota yang masih pelajar maksimal SMU sederajad.
Keuntungan yang diberikan adalah balas jasa bersaing, serta waktu menabung sangat fleksibel yakni bisa disetor setiap saat. Balas jasa sebesar 6% pa. yang diberikan untuk tabungan Sipintar langsung manambah saldo simpanan dan dibukukan setiap akhir bulan.

Menabung yang Baik

Nabung itu ternyata ada caranya, gak cukup hanya sekedar nabung dan gak tahu dimana tempat yang tepat. Agar tabungannya bisa berkembang dan tetap mendapat jasa, sebaiknya ditabung di lembaga keuangan yang ramah terhadap tabungan yang saldonya kecil agar tak tergerus oleh biaya admin.
Salah satu produk CU yang ditujuan untuk anak sekolah, sangat cocok untuk mengenalkan menabung sejak dini diusia sekolah, jadi tunggu apalagi

SESI TANYA JAWAB

Pada sesi tanya jawab, siswa/i yang hadir dalam kegiatan tersebut bertanya tentang tabungan yang diperuntukan khusus bagi pelajar. Salah satu pertanyaannya adalah tentang balas jasa yang diberikan untuk tabungan mereka.
Pertanyaan lain yaitu tentang kelanjutan tabungan mereka jika mereka telah melanjutkan kejenjang SMP. Mengenai balas jasa telah dipaparkan pada awal materi dan jika melanjutkan ke jenjang SMP tetap bisa dilanjutkan menabung di seluruh Tempat Pelayanan Koperasi Kredit (CU) Pancur Kasih dimanapun berada.
Dalam kata penutupnya, pak Ajon sekali lagi mengajak Guru dan murid-murid agar tidak
ragu-ragu lagi untuk mulai menabung. Manfaat menabung sangat banyak terutama untuk mencukupi keperluan yang terencana maupun keperluan yang tidak terencana.
Lebih dari itu  tujuan tabungan di Koperasi Kredit (CU) Pancur Kasih adalah untuk mengembangkan aset serta belajar disiplin dalam mengelola keuangan keluarga. Beliau menambahkan bahwa Koperasi Kredit (CU) Pancur Kasih tempat yang cocok untuk berinvestasi karena telah banyak manfat yang ia rasakan hingga sekarang.
Seminggu setelah pelaksanaan kegiatan tersebut siswa/i yang membuka rekening 58 orang
dan jumlah mereka tiap bulan semakin bertambah. Jumlah mereka saat ini mencapai 100 orang dengan saldo tabungan berpariasi. Tabungan mereka merupakan hasil dari menyisihkan uang jajan setiap hari serta di tabungkan oleh orang tua.
Untuk penyetoran pertama dilakukan oleh Pak Ajon selaku Kepala Sekolah dan untuk selanjutnya murid-murid menabung sendiri.
# MARI MULAI MENABUNG #

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *