Mengintip Strategi Marketing Aqua yang Menjadi Pelopor Produsen Air Minum Dalam Kemasan (AMDK)

Strategi Marketing Aqua – Aqua berdiri sudah lebih dari 40
tahun, dan kini layak menyandang gelar sebagai pelopor air minum dalam kemasan
di Indonesia. Aqua bahkan sudah mendunia dan produknya juga dikenal dan dijual
dibeberapa negara seperti Singapura, Malaysia dan lain sebagainya.
Bisa dikatakan bahwa Aqua telah
melekat di hati konsumennya, bahkan untuk membeli air minum saja kebanyakan
orang sering menyebut beli aqua. Aqua memang sudah mendarah daging dan sulit
dilupakan, kalau haus pasti ingat Aqua.
Meskipun kini sudah merebak merek
lain dalam persaingan produk air minum, Aqua masih menjadi pemimpin pasar
dikelasnya. Mereka terus menunjukan konsistensinya dalam hal pemasaran. Saya meyakini
bahwa Aqua memiliki tim marketing yang ahli, sehingga selalu eksis meskipun
persingan ketat.
Anda semua tentu penasaran bukan,
apa rahasia sukses dibalik mendarah dagingnya Aqua di hati konsumennya. Topik Strategi
Marketing Aqua inilah yang akan kita intip kali ini. Agar lebih menarik dan
Anda tidak semakin penasaran, simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Mengintip Strategi Marketing Aqua yang Menjadi Pelopor Produsen Air Minum Dalam Kemasan (AMDK)


Aqua
“Selalu” Mengutamakan Kualitas Produknya

Aqua memang selalu menjaga kualitas
produk mereka. Salah satu ciri khasnya adalah sumber mata air murni yang berasal
dari kaki gunung, dekat dengan pabrik yang mereka dirikan. Agar selalu terjaga
keasliannya, Aqua selalu menjaga lingkungan disekitar tempat mereka dirikan
pabrik.
Ada 4 pilar yang dikembangkan Aqua
untuk menjaga kualitas produknya yaitu Perlindungan Air dan Lingkungan;
Perusahaan Ramah Lingkungan; Manajemen Distribusi Produk dan Pelibatan serta
Pemberdayaan Masyarakat.

Slogan
Aqua:

Slogan memegang peranan penting
dalam hal marketing. Tidak tangung-tanggung, inilah slogan “Air Sehat Setiap Saat”. Slogan yang
mudah diingat memang, dan inilah yang membantu Aqua mendongkrak penjualan.

Cara
berpromosi Aqua:

Aqua melakukan promosi yang menarik
dan kreatif melalui media televisi, media cetak, media online maupun berbagai
saluran komunikasi lainnya. Selain menarik dan kreatif, iklan Aqua juga
mendidik konsumennya lho.

Palayanan yang Baik Kepada Konsumen:

Kalau soal pelayanan, Aqua tidak
main-main, terbukti dari keseriusan mereka mengemas produknya. Selain itu,
pelayanan Aqua sangat maksimal dengan sejumlah distributor diseluruh Indonesia.

Packaging
yang Baik:

Kalau soal kemasan, Aqua juga paling
oke dalam hal memanjakan konsumennya. Beberapa jenis kemasan Aqua diantaranya:
Gelas, Botol Kecil 330 ml, Botol Sedang 600 ml, Botol Besar 1.500 ml dan
kemasan gaon.
Bahkan baru-baru ini, Aqua
menghadirkan kemasan untuk menguji konsentrasi dan fokus. Simak selengkapnya dalam
Tes
Konsentrasi dan Fokus Anda, Temukan 4 Perbedaan Gambar 2 Pria pada Kemasan Aqua
.

Saluran
Distribusi Produk yang baik

Untuk mendistribusikan produknya
keseluruh penjuru tanah air, Aqua memiliki distributor diseluruh wilayah
Indonesia. Dengan kondisi ini, penyebaran produk Aqua sudah dipastikan mengisi
pasar perkotaan hingga pelosok negeri ini. Lihat saja di Supermarket atau
warung-warung di berbagai pelosok, pasti ada produk Aqua.

Dikutip dan diolah dari Berbagai Sumber!

18 Replies to “Mengintip Strategi Marketing Aqua yang Menjadi Pelopor Produsen Air Minum Dalam Kemasan (AMDK)”

        • daniel

          Anda benar, untuk lebih profesional tentu wajb hukumnya utk pembagian tugas dan fungsi yg jelas

    • daniel

      Betul mas, akan tetapi bukan perusahaan besar aja kan yg bs promosi disemua media, ukm jg bs kok…..

  1. hendri hendriyana

    aqua adalah air mineral asli dari pegunungan dan baik buat kesehatan juga 🙂
    sayang saya belum bisa meniru cara marketing aqua.hehe

    • daniel

      Kalau belum bs niru, yg penting ngintip dulu dan tahu caranya

  2. Haris Luqman Hakim

    Kalau nggak gitu, nggak akan bertahan sampai sekarang kan. Itu tandanya kwalitas yang baik bisa menjadi konsumen semakin percaya sama produk ini. Padahal cuma usaha air minum kemasan, siapa sangka bisa berhasil.

    • daniel

      Iya bener, yang diragukan malah berhasil……bahkan banyak yg meniru swkarang……

    • daniel

      Jangan panggil om dong, saya kan bukan om2……trima kasih atas apresiasinya

  3. rudhy theart

    Yang unik dari aqua yang sering ditemukan dilapangan yah itu mas, pada saat orang beli air mineral di warung kebanyakan masih nyebut aqua meskipun yang dibeli/diberikan penjual merk lain hehhehe tetapi yang memang butuhnya merk aqua biasanya mengembalikan

    • daniel

      Iya, itu yang selalu saya katakan bahwa merek aqua sebagai hipnotic bagi konsumen setianya dan sbanyak orang….

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *