Pentingnya Sarapan Pagi Bagi Kesehatan, Jangan Sampai Terlewatkan Ya!

Pentingnya sarapan pagi bagi kesehatan tidak bisa kita pungkiri, sehingga aktivitas yang satu ini tidak boleh terlewatkan. Tentu tidak melulu makan nasi untuk sarapan, karena Anda bisa memilih jenis makanan lain yang tentunya sehat dan mengandung cukup nutrisi.
Manfaat sarapan pagi menjadi bagian
terpenting dan tak terpisahkan dalam menjalani aktivitas kita yang padat. Apa jadinya
ya jika kita melewatkan sarapan pagi? Kemungkinannya sih bro kita akan loyo,
lemas dan kurang berenergi gitu, bawaannya ngantuk.
Fakta membuktikan bahwa 7 dari 10
anak yang sarapannya kurang nutrisi tidak bersemangat ketika mengikuti
pelajaran. Ini untuk anak-anak ya, bagaimana dengan orang dewasa? Sama halnya
dengan anak-anak, bekerja tanpa sarapan pagi akan menjadi lemes dan tidak
semangat bekerja.
Saking pentingnya, saya tidak pernah
melewatkan sarapan pagi meskipun hanya dengan minuman hangat dan sepotong roti.
Menu sarapan pagi favorit saya adalah nasi putih plus sebutir telur (rebus, dadar atau ceplok sama aja sih
menurut saya
).
Bagaimana dengan Anda, apakah Anda
juga rutin sarapan pagi? Semoga!
Pentingnya Sarapan Pagi Bagi Kesehatan, Jangan Sampai Terlewatkan Ya!

Sebelum kita lanjutkan pembahasan tentang pentingnya sarapan pagi, sebaiknya persiapkan baik-baik sarapan pagi Anda seperti minuman hangat dan roti.

Ada banyak manfaat lho yang bisa kita
peroleh dari sarapan pagi. Berhubung sudah banyak artikel terkait diposting
saya hanya menampilkan sekilas manfat sarapan pagi diantaranya:
  1. Sebagai sumber energi dalam
    melakukan aktivitas yang padat hingga siang hari, jadi Anda bekerja lebih
    semangat. Baca: Rasa
    Khawatir Berpengaruh Buruk Terhadap Kesehatan Jangka Panjang
    .
  2. Untuk membantu mengontrol berat
    badan & diet, jangan sepelakan sarapan pagi karena baik untuk Anda
    yang sedang diet.
  3. Untuk meningkatkan konsentrasi
    otak, sarapan bagi yang sesuai akan mengembalikan kadar gula yang menurun
    drastis ketika kita tidur sepanjang malam. Otak kita memerlukan asupan
    energi untuk berpikir, jadi sarapan sebagai isi ulang bahan bakar otak.
  4. Membantu menjaga mood agar tetap
    baik dan fokus, jika nutrisi sarapan tercukupi Anda akan terbebas dari
    stres. Penelitian menunjukan bahwa mereka yang telah sarapan pagi lebih
    baik dalam urusan menjaga mood ketimbang mereka yang tidak sarapan. Nah lho
  5. Membantu mengembalikan
    metabolisme tubuh yang hilang ketika kita tidur sepanjang malam.
  6. Menjaga kesehatan jangka panjang,
    kita hidup bukan sehari, sebulan atau Cuma setahun melainkan untuk jangka
    waktu yang lama. Pentingnya sarapan pagi juga berhubungan dengan kesehatan
    jangka panjang kita lho.
  7. Sarapan pagi paling baik untuk
    anak-anak agar lebih siap menghadapi aktivitas belajar.

Tips
Sarapan Pagi

Baiklah kali ini kita akan mengulik
sedikit tips sarapan pagi yang tentunya sehat serta mengandung gizi seimbang. Manfaat
sarapan pagi sangat bergantung pada jenis asupan yang kita nikmati. Untuk mendapatkan
asupan yang kaya akan gizi penting untuk kesehatan, berikut tipsnya:
  • Konsumsi
    makanan rendah lemak, hindarilah makanan yang mengandung daging berlemak tinggi
    pada saat sarapan pagi.
  • Konsumsi
    makanan yang mengandung protein tinggi seperti telur dan susu yang sangat baik
    untuk sarapan.
  • Makanan
    yang mengandung banyak serat seperti sayuran dan buah, namun pilih yang sesuai
    dengan kondisi perut Anda. Jika tidak cocok juga tidak akan bermanfaat kan?
  • Yang
    terpenting nih, jangan mengkonsumsi terlalu banyak makanan ketika sarapan,
    makan aja secukupnya. Ingat, ‘makanlah sebelum lapar dan berhentilah sebelum
    kenyang’, itu kata para pakar kesehatan.

 

Jenis
makanan apa sih yang baik dikonsumsi pada saat sarapan pagi?

Yang pasti, konsumsi makanan yang
mengandung serat, berprotein tinggi dan rendah lemak. Jenis makanan berikut
sangat baik dikonsumsi pada saat sarapan, diantaranya:
  1. Sedikit
    Nasi putih
  2. Roti
  3. Susu
  4. Telur
  5. Sedikit
    Sayuran Hijau

 

Ingat ya, karena pentingnya sarapan
pagi jangan sampai terlewatkan dan harus Anda persiapkan dengan baik. Kandungan
nutrisi pada makanan yang Anda santap dipagi hari akan mengawali hidup sehat
Anda dan merupakan sumber energi untuk menjalani berbagai aktivitas menjelang
siang hari bahkan malam hari.
Demikian ulasan singkat dari
pentingnya sarapan pagi bagi kesehatan, mudah-mudahan artikel ini bermanfaat
untuk Anda. Jangan lewatkan juga untuk membaca Mulailah
Cara Hidup Sehat dengan Menjauhi Perlilaku Serba Instant
.
 
Selamat menikmati
sarapan pagi!

 

Dikutip
dan diolah dari berbagai sumber serta pengalaman pribadi
 

12 Replies to “Pentingnya Sarapan Pagi Bagi Kesehatan, Jangan Sampai Terlewatkan Ya!”

    • daniel

      Iya kang banyak banget manfaatnya…..udah sarapan belum nih?

    • daniel

      Bisa dicoba susu rendah lemak seperti susu bubuk full krim, atau dicoba rasa cokelat jangan susu kental manis….mas, karena banyak mengandung lemak dan gula

  1. Wida Zee

    Penting banget emang sarapan di pagi agar tingkat konsentrasi lebih bagus apalagi saya sudah bekerja kalau tidak sarapan dulu suka nggak konsentrasi bekerja yang ada malah kepikiran perut lapar 😀

    • daniel

      jika perut lapar udah pasti nggak fokus teh….apalagi kalau kerja banyak menggunakan otak….pasti lemes. Sarapan yang baik sebelum jam 9…

  2. Mbah dinan

    ketika pagi memangkita kayaknya lesu dan itu karena kehilangan metabolisme dalam tidur…nah sarapan itu akan lebih baik dengan beberapa protein dan karbohidrat…oh ya jangan lupa mengkonsumsi minuman air putih hangat agar melancarkan lendir untuk keluar….biar suaranya bagus niel…heee

    • daniel

      Nah bagus tu…saya pernah buat postingnya tu…..air hangat mehangatkan tenggorokan sehingga suara nggak serak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *