Jangan Tukarkan Semangat Kerja Dengan Uang

Semangat Kerja – Bekerja
dengan penuh semangat dan memiliki integritas yang tinggi merupakan nilai yang
wajib kita miliki dan kita pertahankan, baik yang bekerja sebagai karyawan
maupun pebisnis. 

Kedua hal ini(semangat kerja dan integritas) memang
diperlukan untuk mengantarkan kita pada jalur kesuksesan.

Untuk itulah,
pada kesempatan kali ini hendaknya kita dapat merenungkan kembali tujuan kita
yang sesungguhnya, nilai uang atau yang lain. 

Sesungguhnya ada banyak sekali bentuk
lain dari rejeki yang terkadang tidak kita sadari dan jarang kita syukuri. Padahal
itu semua tidak dapat dinilai dengan uang. Untuk lebih jelas tentang bentuk
lain dari rejeki silahkan baca Jenis-Jenis
Rejeki Tak Berwujud
.


Kira-kira, apa yang akan terjadi bila semangat kerja dan integritas hanya
ditukar dengan nilai uang? Jadi ingat kata-kata Cak Lontong, “mikir”……!

Menurunnya Semangat Kerja

Bila mendengar
suatu pekerjaan atau bisnis ada imbalan uang yang nilainya fantastis atau ada
iming-iming jabatan, kerjanya jadi bersemangat dan menggebu-gebu. Akan tetapi
bila tidak maka yang terjadi justru sebaliknya yaitu bekerja secara asal-asalan
atau bahkan tidak dikerjakan sama sekali.
Yang terpenting
adalah tidak mengukur segala sesuatu dengan nilai uang semata, dalam hal ini
uang bukannya tidak penting namun akan lebih baik jika memiliki semangat kerja dan integritas yang
stabil. Artinya mau ada imbalan atau tidak, tetap dikerjakan dengan penuh
semangat dan penuh integritas.
Kebanyakan
dari kita, (termasuk diantaranya saya,
Anda dan kita semua
) kemungkinan selalu berpandangan bahwa ukuran kesuksesan
seseorang adalah jabatan yang tinggi, banyak uang, mobil mewah atau sukses
mencapai puncak karir tertinggi. 

Lantas pernahkah terbersit dalam benak kita
semua bahwa semuanya itu dapat hilang dalam sekejap? Tentu saja sangat mungkin
karena semuanya bersifat sementara dan hanya titipan.

Semangat Kerja vs Imbalan Gaji:

Banyak yang
bilang bahwa semangat kerja berbanding lurus dengan tingkat gaji, artinya bila
dibayar dengan gaji tinggi, bekerja penuh semangat, bila dibayar lebih rendah
maka bekerja asal-asalan (asal masuk kantor). Apakah Anda setuju dengan pernyataan ini?

Hendaknya
kita tidak menukarkan Semangat Kerja
dengan Nilai Uang
semata, akan tetapi lebih dari itu semua yaitu
kebahagiaan yang hakiki dan kepuasan batin. 

Disaat kita pertama kali memilih pekerjaan,
mungkin motif utamanya adalah tingginya Gaji, jaminan hari tua, jaminan pensiun
dan lain sebagainya yang dapat dinilai dengan uang.

Uang bukan
tidak menjadi penting disini, dan saya pribadi juga tidak ingin munafik (menganggap
bahwa uang tidak penting), akan tetapi penekanan kita disini bukan sekedar
uang, uang dan uang. Ingatlah selalu pernyataan ini: Segalanya memang perlu
uang, tapi uang bukanlah segalanya!

Bagaimana dengan Anda?, Silahkan di Jawab
pada Hati kita masing-masing!
Tentu kita tidak memiliki gambaran tentang pekerjaan
dan perkembangan yang akan terjadi, namun ketika proses berjalan kita baru
menyadari bahwa sesungguhnya ada hal lain yang lebih penting dari itu semua
yaitu Pengabdian. 

Kita baru bisa menyadari itu semua ketika kita benar-benar Melakukan
Pekerjaan dengan Kesungguhan Hati
.

Baiklah,
sekian dulu sharing singkat kali ini tentang Jangan Tukarkan Semangat Kerja Dengan Uang, semoga bermanfaat untuk
Anda.

Disclaimer: Tulisan ini bukan bermaksud
untuk menggurui siapapun, melainkan sebagai bahan renungan bagi saya pribadi
agar selalu memiliki semangat kerja. Silahkan Anda tafsirkan sendiri karena sesungguhnya
kita memiliki penafsiran berbeda dan tentunya hal ini menjadi tanggung jawab
kita masing-masing.

Dikutip dan diolah dari berbagai sumber

Pesan

28 comments

    1. Iya mas, dasar pegawainya aja sih yang bermasalah mentalnya…..masa kerja cuma karena iming" aja….kan ga lucu….

      1. bahkan ada temen yang bilang kerja itu sesuai gaji kalau gaji kecil ngapain musti ngoyoh kerja

        1. Itu sangat tergantung pada pribadi masing2 mas, dan semuanya juga tanggung jawab pribadi

        2. Itu kedua hal yang berbeda mas, kalau profesional itu melakukan pekerjaan sesuai dengan keahlian yang dimiliki dan dibayar berdasarkan jasanya juga

    1. Betul Mas, Semua memang sudah berubah sepertinya….namun masih banyak juga si yang ngga seperti itu

  1. entahlah mas saat ini semua dah dikaitkan dengan uang padahal memang banyak hal yang takbisa dinilai dengan uang

    1. Iya mas, mungkin semuanya memang sudah ditakdirkan begitu….kalau mas gimana ni? apakah termasuk didalamnya

    1. Sedih ya melihat kenyataan sekarang….apakah Anda juga demikian gan?

  2. uang memang penting, tapi jangan sedikit2 diitung dengan uang… kalau bekerja dengan sungguh2 dan ikhlas, uang akan mengikuti sendiri ya Mas 🙂

    1. Sangat bijak Mbak Ninik, terima kasih atas tambahan penjelasannya ya….semoga manfaat

  3. kalau pekerjaan tidak begitu menghasilkan uang bagaimana bisa semanagt mas, mohon dikasih tipsnya.. makasih..

    1. emang kerjanya apa mas? jadi karyawan atau pebisnis? kalau pebisnis mustinya harus lebih semangat kerjanya…..dan kalau karyawan, lebih baik pikirkan lagi…dari pada ogah2an mending coba suasana baru aja atau paling tidak pupuklah semangat Anda dengan cara bersyukur, hehehe

  4. Biasanya kalau ada uangnya memang lebih semangat dan ikhlas mas 😉
    tapi kebahagiaan tidak dinilai dengan uang…..

  5. betul sekali, kerja keras dengan hati ikhlas biasanya berbuah manis, saya juga kalo kerja sambil marah2 biasanya sulit mendapatkan konsumen, tapi kalo di bawa enjoy meskipun ga ada konsumen atau pun ga menghasilkan ya allhamdulilah saja masih bisa merasakan rasanya kerja hehe

    1. Benar sekali Mbak, saya juga merasakan hal yang sama…terlebih jika menghasilkan tentu kita lebih enjoy….dan rasanya lebih nyaman kerja jika perasaan enjoy….

  6. jika bisa melaksanakan pekerjaan dengan cepat dan rapi ada sebuah kepuasan tersendiri yang tidak bisa diukur dengan imbalan uang saja, tapi mesti di ingat bos, tambahan sedikit uang juga memberikan semangat untuk bekerja lebih baik di atas standart

    1. Yups, tepat sekali…sesungguhnya kepuasan kerja tidak hanya dapat diukur dengan uang….akan tetapi jika memang ada masih boleh dan itu akan mengkuti….kita kemanapun kita pergi….apalagi punya kualias pribadi yang baik

  7. menurut semangat kerja tanpa ada embel2 uang akan jauh bernilai ibadah ya…betul nggak?

    1. Iya benar, semangat kerja memang ibadah mbak…..pikiran tenang dan hati damai…kalau mikirin uang terus rasanya tidak akan pernah puas….

  8. kalo saya sihhh kerja duluuu kalo buruhh urusan belakang mau kecil gedenya gaji kan tergantung kitanya sendiri ya gak 😀

  9. Apakah Anda dalam kesulitan keuangan? Apakah Anda perlu
    pinjaman untuk memulai bisnis atau untuk membayar tagihan Anda? Kita
    memberikan pinjaman kepada orang yang membutuhkan bantuan dan kami memberikan pinjaman kepada perusahaan lokal, internasional dan juga pada tingkat bunga yang sangat rendah dari 2%.
    Terapkan Sekarang Via Email: [email protected]
    Terima kasih
    Terima kasih dan Tuhan memberkati
    Ibu Kelly

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *