jenis hosting

6 Jenis Web Hosting yang Sering Digunakan Blogger atau Web Developer Profesional

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia

Sebagai seorang blogger, saya sering menjumpai berbagai jenis web hosting dan perusahaan yang menawarkan promo yang menarik. Tak jarang ingin pindah ke lain hati, apalagi hosting yang digunakan saat ini sudah tidak mencukupi.

Namun berpindah hosting itu prosesnya cukup memakan waktu dan agak merepotkan juga. Makanya sampai saat ini saya memutuskan untuk melanjutkan untuk berlangganan dengan pertimbangan kebutuhan saya dengan hosting yang saya miliki.

Oke, terlepas dari apa yang saya rasakan tadi, sebenarnya ada banyak kebingungan terkait opsi web hosting apa yang tersedia di pasar.

Dalam dunia web hosting, ada banyak pilihan yang akan membuat situs Anda di web. Namun, masing-masing pilihan hosting ini apakah sudah memenuhi langsung kebutuhan pemilik situs web?

Tentu saja masing-masing web developer atau blogger memiliki kriteria tertentu berdasarkan kebutuhannya. Karena itu, pada kesempatan ini kami ingin berbagi informasi yang Anda butuhkan terkait web hosting.

Meskipun semuanya bertindak sebagai tempat penyimpanan untuk situs web Anda, perbedaannya adalah jumlah kapasitas penyimpanan, kontrol, persyaratan pengetahuan teknis, kecepatan dan keandalan server. Berkut ini 6 jenis web hosting yang paling sering Anda temui:

1.Share Hosting

Share Hosting sangat cocok untuk hosting situs web tingkat pemula. Di sinilah situs web Anda akan disimpan di server yang sama dengan beberapa situs web lainnya. Dengan paket share hosting, semua domain berbagi sumber daya server yang sama, seperti RAM (Random Access Memory) dan CPU (Central Processing Unit).

Namun, karena semua sumber daya digunakan bersama, biaya paket hosting bersama relatif rendah, menjadikannya pilihan yang sangat baik bagi pemilik situs web pada tahap awal.

Dalam kebanyakan kasus, pemula akan menemukan metode paling sederhana untuk menghosting situs web mereka; jadi terlepas dari apakah Anda pemilik bisnis kecil, kelompok komunitas, atau ibu rumah tangga yang ingin membuat blog, situs Anda akan dapat diakses di web.

Paket hosting bersama sering kali dilengkapi dengan banyak alat bermanfaat seperti: pembuat situs web, hosting WordPress, dan kemampuan untuk mengirim email ke klien.

Meskipun share hosting memberi pemilik situs web pendekatan yang lebih sederhana terhadap web, keuntungannya adalah Anda berbagi server dengan beberapa pemilik situs web lainnya.

Namun kelemahannya, jika ada lonjakan penggunaan website Anda dapat memengaruhi pengalaman pengguna situs web Anda.

Paket share hosting ideal untuk pemilik situs web yang tidak menerima lalu lintas web dalam jumlah besar atau kurang dari 100.000 lalu lintas per bulan.

share hosting

2.VPS Hosting (Virtual Private Server)

Paket hosting VPS adalah jalan tengah utama antara share server dan server khusus. Ini ideal untuk pemilik situs web yang membutuhkan lebih banyak kontrol, tetapi tidak perlu server khusus.

Hosting VPS unik karena setiap situs web di-host dalam ruangnya sendiri di server, meskipun masih berbagi server fisik dengan pengguna lain.

Meskipun hosting VPS memberi pemilik situs web lebih banyak penyesuaian dan ruang penyimpanan, mereka masih tidak dapat menangani tingkat lalu lintas yang sangat tinggi atau lonjakan penggunaan yang berarti bahwa kinerja situs masih dapat dipengaruhi oleh situs lain di server.

Biasanya, hosting VPS digunakan oleh pemilik situs web yang menginginkan hosting khusus tetapi tidak memiliki pengetahuan teknis yang dibutuhkan.

VPS hosting menawarkan keuntungan biaya dari shared hosting dengan kontrol dedicated hosting. Pilihan tepat untuk pengguna tingkat lanjut dan mereka yang menginginkan perangkat lunak dan penginstalan paket tertentu.

 

3.Hosting Server Khusus (Dedicated Server Hosting)

Hosting khusus memberi pemilik situs web kontrol paling besar atas server tempat situs web mereka disimpan. Itu karena server disewa secara eksklusif oleh Anda dan situs web Anda adalah satu-satunya yang disimpan di dalamnya.

Artinya Anda memiliki akses root dan admin penuh, sehingga Anda dapat mengontrol semuanya mulai dari keamanan hingga sistem operasi yang Anda jalankan.

Namun, semua kendali itu ada harganya.

Biaya server khusus adalah salah satu opsi hosting web paling mahal. Biasanya, mereka digunakan oleh pemilik situs web dengan tingkat lalu lintas situs web yang tinggi, dan mereka yang membutuhkan kendali penuh atas server mereka.

Unlimited Hosting WordPress Developer Persona

Selain itu, diperlukan keahlian teknis tingkat tinggi untuk instalasi dan pengelolaan server yang berkelanjutan.

jenis hosting

4.Cloud Hosting

Cloud hosting adalah kata kunci industri teknologi saat ini. Berkenaan dengan web hosting, itu berarti banyak komputer yang bekerja bersama, menjalankan aplikasi menggunakan sumber daya komputasi gabungan.

Ini adalah solusi hosting yang bekerja melalui jaringan dan memungkinkan perusahaan mengonsumsi sumber daya komputasi seperti utilitas.

Ini memungkinkan pengguna untuk menggunakan sumber daya sebanyak yang mereka butuhkan tanpa harus membangun dan memelihara infrastruktur komputasi mereka sendiri.

Sumber daya yang digunakan tersebar di beberapa server, mengurangi kemungkinan downtime karena kerusakan server.

Hosting berbasis cloud dapat diskalakan, artinya situs Anda dapat berkembang dari waktu ke waktu, menggunakan sumber daya sebanyak yang dibutuhkannya dan sementara pemilik situs web hanya membayar untuk apa yang mereka butuhkan.

 

5.Manage Hosting

Sebagian besar paket hosting yang Anda temukan online cenderung dikelola oleh pemilik server. Perusahaan hosting menyediakan layanan teknis seperti pengaturan dan konfigurasi perangkat keras dan perangkat lunak, pemeliharaan, penggantian perangkat keras, dukungan teknis, penambalan, pembaruan, dan pemantauan.

Dengan manage hosting, penyedia menjaga pengelolaan perangkat keras, sistem operasi, dan aplikasi standar sehari-hari.

Meskipun ada banyak opsi berbeda untuk dipilih ketika datang ke web hosting, semuanya bermuara pada memilih paket yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Setiap paket memenuhi spesifikasi grup yang berbeda dan menyadari apa yang Anda butuhkan di situs web akan membantu memastikan bahwa Anda memilih paket yang tepat untuk Anda dan bisnis Anda.

 

6.Colocation

Ketimbang menyimpan server di dalam rumah atau di pusat data pribadi, Anda sebenarnya dapat memilih ”mencari lokasi bersama ‘peralatan Anda dengan menyewa ruang di pusat colocation”.

Pusat control ini akan menyediakan daya, bandwidth, alamat IP, dan sistem pendingin yang dibutuhkan server Anda. Ruang penyimpanan disewakan pada rak dan lemari.

Colocation memberikan akses ke tingkat bandwidth yang lebih tinggi daripada ruang server kantor normal dengan biaya yang jauh lebih rendah.

Anda dapat mengelola dan merawat perangkat Anda sendiri (secara harfiah) dan diharapkan untuk mengurus semuanya termasuk perangkat keras, perangkat lunak, dan layanan.

 

Hosting Mana yang Cocok untuk Anda?

Meskipun ada banyak opsi berbeda untuk dipilih ketika Anda membutuhkan web hosting, namun semuanya bermuara pada pemilihan paket yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Setiap paket hosting tentu memenuhi spesifikasi kebutuhan yang berbeda dan Anda menyadari apa yang Anda butuhkan di situs web akan membantu Anda untuk memastikan bahwa Anda memilih paket yang tepat untuk Anda dan masa depan bisnis Anda.

Faktor terpenting yang harus Anda ingat saat memilih web hosting murah 2021 mencakup jenis situs web yang akan Anda kembangkan, sumber daya yang Anda butuhkan, budgeting, dan lalu lintas situs yang Anda harapkan.

Nah, dari pembahasan tentang beberapa jenis hosting diatas, berikut ini kami rangkum ulasan singkat tentang keuntungan dan manfaat dari setiap jenis hosting:

  1. Shared Hosting: Opsi paling hemat biaya untuk situs web lalu lintas rendah.
  2. Managed Hosting: Ideal untuk pengguna non-teknis yang lebih suka menyerahkan tugas yang lebih teknis kepada para ahli.
  3. VPS Hosting: Sederhananya, ini adalah opsi terbaik untuk situs web yang memiliki hosting bersama yang besar.
  4. Cloud Hosting: Berfungsi paling baik untuk situs web yang berkembang pesat dan membutuhkan sumber daya yang dapat diskalakan.
  5. Hosting Khusus: pilihan yang cukup mahal untuk situs web besar yang perlu Anda kendalikan.
  6. Colocation Hosting: Opsi paling mahal yang memberi Anda kendali maksimum atas perangkat keras dan perangkat lunak dari sebuah server.

Demikian ulasan ini, mudah-mudahan dapat membantu Anda untuk memilih hosting terbaik yang Anda butuhkan dalam bisnis Anda.

Pesan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *