Rahasia Saya Dalam Menjangkau +100.000 Pengunjung Blog Hanya dengan Posting Seminggu Sekali

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia

Halo… pembaca yang berbahagia, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi pengalaman tentang langkah demi langkah yang saya lakukan untuk menjangkau +100.000 pengunjung blog hanya dengan 80-an posting dan diposting seminggu sekali.

Mungkin banyak dari pembaca yang sudah berhasil melakukan hal ini, namun bagi saya ini sesuatu yang dibilang istimewa, mengingat cara yang saya lakukan cukup sederhana.

Sederhana dalam artian tidak pakai jurus SEO yang advance, tidak pakai iklan, tanpa jasa backlink dan hanya posting setiap minggu.

Tentu sudah ada yang bertanya-tanya dan penasaran bukan? Tapi tahan dulu rasa penasaran Anda, ada baiknya baca secara perlahan dan praktekan langkah demi langkah sehingga Anda pun dapat melakukannya.

Oke, kita akan langsung pada point inti…cekidot

#1 Rencanakan Blog yang akan Anda kembangkan

Oke, yang dimaksudkan disini adalah tentang konsep dan tujuan blogging Anda.

Saya memang dari awal merencakan blog dengan niche yang spesifik dan tidak gado gado.

Paling banyak topik yang akan Anda ulas dalam blog tersebut 3-5 subtopik, itupun topik yang benar-benar Anda kuasai.

Dengan begini, Anda tidak mudah bosan dipertengahan jalan sekalipun blog Anda belum menghasilkan.

Setelah konsepnya dapat, lakukan riset kata kunci 200 – 500 posting, agar Anda tidak berulang-ulang melakukannya…

Karena hal ini akan sangat memakan waktu Anda…dan bisa saja menyita waktu Anda untuk menciptakan konten yang viral.

Anda bisa gunakan tools riset keyword dari google (gratis), atau tools gratis lainnya seperti ubbersugest.

Kalau saya lebih senang kombinasi antara google keyword planner dan tools pembanding lainnya versi gratis aja. Tahapan pembuatan blog secara rinci bisa Anda pelajari DISINI ya…teman.

Proses selanjutnya adalah memilih nama domain yang unik…

 

#2 Domain dan Hosting yang Proporsional

Pilih nama domian yang mencerminkan konten dan topik pembahasan yang akan Anda tuangkan dalam blog.

Opsi lain adalah dengan membranding nama Anda sendiri sebagai domainnya. Sebisa mungkin pilih yang unik dan mudah diingat oleh pembaca dan tidak lebih dari 3 kata ya..

Misalnya: Anda ingin membahas tentang Menanam Tomat, maka pilih domain yang sesuai dengan kata tomat. Ref: tomatsegar.com atau tomatnikmat.com. Caranya Anda bisa googling sendiri sesuai keinginan Anda.

Setelah domain Anda tentukan, pilih hosting yang sesuai dengan plan blog Anda, asalkan jangan memberatkan Anda diawal.

Kesesuaian hosting (kapasitas dan kecepatan) ini menjadi penting, dikala blog Anda sudah berkembang eh…gak taunya hosting jebol… kan sayang tuh trafiknya.

Dalam hal ini kami tidak merekomendasikan apa pilihan hostingnya, tetapi klu nya adalah hosting yang unlimited, downtime tidak terlalu panjang dan tentunya layanannya bagus, apalagi jika ada komplain, Anda mudah menghubungi pihak penyedia hosting.

Atau mungkin Anda sudah punya hosting sendiri, jadi bisa aja numpang disitu.

Opsi untuk hosting, Anda bisa gunakan hosting pada blogger.com sehingga Anda hanya mengeluarkan biaya perpanjangan domain saja. Tentu ini ada plus minusnya ya bro…

Tahap selanjutnya adalah instalasi blog, memilih theme dan widget dan persiapan online. Jika tahap instalasi berjalan lancar, maka Anda sudah siap go online.

Selanjutnya apalagi?

Tunggu apalagi, segera siapkan konten berupa artikel yang disertai gambar yang unik dan mengundang rasa penasaran.

Lebih lanjut tentang memilih domain bisa Anda baca DISINI.

Unlimited Hosting WordPress Developer Persona

 

#3 Tulis Posting yang Detil dan Informatif

Nah, yang dimaksudkan disini adalah tentang konten yang benar-benar bermanfaat untuk pembaca dan tentunya ini yang disukai google.

Ingat, google gak akan menampilkan konten yang dangkal, pembahasan tidak runut dan tentunya memberikan informasi yang bermanfaat.

Rata-rata postingan dalam blog saya berjumlah 2.500 – 3.500 kata dan tentu kebayang buat Anda menulis artikel seperti, pembaca pasti betah berlama-lama dan gak akan berpindah ke blog lain.

Tujuan penulisan Artikel yang detil ini adalah untuk pondasi blog Anda dalam jangka panjang, karena blogging sifatnya investasi bukan trading.

Hasil bisa saja lama Anda peroleh tetapi basisnya cukup kuat, baik dari sisi trafik maupun topik yang Anda tulis tidak mudah lekang oleh waktu.

Konten yang sifatnya viral sesaat ini sangat menguras waktu untuk selalu update setiap saat atau bahkan tiap hari. Karena jika tidak, konten Anda ketinggalan dan blog Anda sepi bak kuburan.

Sebenarnya ada beberapa tahapan dalam menulis konten, tetapi langkahya akan panjang untuk dijelaskan disini, jadi saya ringkas aja.

Pertama, pilih judul yang unik dan memuat kata kunci pada pencarian serp.

Kedua, ada kata pembuka yang disampaikan diawal artikel

Ketiga, tulis sub bagian dari artikel tersebut sehingga menjadi lebih mudah untuk dipahami.

Terakhir, bagian penutup atau semacam kesimpulan dari konten yang Anda sajikan.

Tahapan yang oke menurut saya bisa Anda pelajari DISINI. Saya sendiri juga banyak belajar di blog ini dalam menulis.

 

#4 Monetisasi Blog

Saya yakin, ini adalah yang Adan tunggu-tunggu…

Pertanyaannya: Kapan saya bisa menghasilkan dari blog?

Sangat tergantung pada rencana blog Anda di tahapan #1. Jika Anda ingin jalur cepat, tentu niche yang Anda pilih seputar jualan langsung atau bahkan jual jasa.

Setelah blog Anda terisi minimal 10 artikel, jalur cepatnya bisa saja Anda gunakan iklan google adword, FB Ads atau IG Ads. Tergantung dari barang dan jasa yang Anda tawarkan.

Jika ditanya kapan boleh monetisasi, sebenarnya itu sangat relatif.

Jika Anda monetisasinya pakai Adsense, tentu ada syarat minimal jumlah post, visitor harian dan aspek konten yang prospek untuk di pasang Adsense.

Bila Anda bermaksud menjual barang atau jasa, sesuaikan konten dengan penawaran Anda. Misal jasa yang Anda tawarkan tentang kursus bahasa inggris, tentu peminat blog sudah lebih spesifik yaitu orang-orang yang berminat untuk mendalami bahasa inggris.

Demikain juga dengan jual barang, misal Anda jual mobil atau rumah atau mungkin buku, tentu peminat juga lebih spesifik.

Lebih jauh tentang monetisasi ini, Anda bisa aja menjadikan blog sebagai lead magnet atau sebagai pengumpul sumber trafik seperti email atau bahkan no wa.

Oke, demikian ringkasan yang dapat saya berikan dalam aktivitas blogging saya yang kurang lebih 1 tahun saya lakukan, menurut saya ini tergolong lama, tetapi saja menjalaninya dengan santai dan tak terburu-buru.

Tertarik untuk belajar tentang blogging, ingat juga prospek dan tantangannya ya teman.

Saran saya, jika ingin mendapat hasil yang cepat jangan melalui blogging sebaiknya urungkan saja niat Anda untuk hal ini.

Jalur cepat bisanya perlu biaya ibarat jalan tol, bisa aja beriklan di media sosial dan tentunya dengan pembelajaran yang komprehenship. Namun ingat, ini membutuhkan modal yang tidak sedikit.

Mau yang santai, silahkan ngeblog aja dan jalani dengan santai, anggap aja ini sebagai investasi masa depan.

Pesan

1 Komentar

  1. […] Baca juga: Cara Santai Menjangkau 100.000 Pengunjung Bulanan. […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *